Tips-Tips Memilih Hijab Untuk Kebaya

Assalamu’alaikum – Teman teman Agustinnesia Hijab

Pada kesempatan kali ini Agustinnesia Hijab akan berbagi tips untuk teman-teman Agustinnesia jika kamu ingin tampil menawan saat mengunakan kebaya namun tetap menggunakan hijab yang kamu sukai dan cocok untuk aca yang akan kamu hadiri.




Kebaya biasa digunakan saat menghadiri undangan pernikahan hijab untuk pesta pernikahan, wisuda, lamaran, atau hari spesial lainnya yang bersifat formal. Namun, bagi para muslimah biasanya dilanda kebingungan untuk memilih hijab yang sesuai dengan kebaya agar tidak terlihat berlebihan atau justru kurang menarik. Hal utama yang harus diperhatikan adalah pemilihan warna. Simak tips memilih macam macam hijab untuk kebaya berikut ini.

1. Padu Padankan Hijab dengan Kebaya

Kebaya dan hijab yang dikenakan harus sesuai sehingga harus diperhatikan jenis, warna, dan model kebaya yang akan digunakan. Model jilbab yang umum digunakan adalah model segi empat atau pashmina yang simpel sehingga fokus perhatian akan tertuju pada kebaya yang digunakan. Sesuaikan warna jilbab dengan warna kebaya agar warnanya tidak bertabrakan. Warna jilbab agar kelihatan muda sebaiknya lebih cerah atau warna netral jika kebaya yang digunakan berwarna gelap. Pemilihan warna jilbab yang sama dengan kebaya juga bisa dilakukan asalkan dipadukan dengan rok batik atau bawahan yang lebih bercorak agar tidak terlihat monoton.

Pilihan warna netral seperti hitam atau krem terkadang menjadi solusi yang tepat saat kebingungan harus memilih warna hijab seperti apa terutama jika kebayanya terlalu bermotif atau berwarna terlalu cerah. Sebaiknya tidak mengombinasikan warna-warna mencolok seperti kuning dengan merah.

Sebaiknya pilih macam macam nama jilbab untuk kebaya dengan desain polos tanpa motif untuk menghindari penampilan terlihat terlalu ramai. Kebaya umumnya dirancang dengan payet atau aksesoris pakaian lainnya. Motif pada kebaya harus lebih ditonjolkan daripada jilbab karena jilbab hanya sebagai pelengkap penampilan. Kebaya yang berbentuk gamis sebaiknya dilengkapi dengan kerudung abstrak atau kerudung pashmina karena hijab tersebut bisa dibentuk sesuai kebutuhan.

2. Pakailah Aksesoris yang Tidak Terlalu Kontras

Wanita biasanya suka dengan berbagai aksesoris terutama jenis aksesoris hijab seperti bros untuk mempercantik penampilan untuk muslimah yang berhijab. Sebelum memakai aksesori tertentu sebaiknya pertimbangkan model kebaya yang akan digunakan. Misalnya, kebaya yang akan digunakan sudah ramai dengan payet sebaiknya tidak memakai aksesoris tambahan yang terlalu ramai. Untuk acara yang formal  seperti pesta pernikahan harus disempurnakan dengan aksesoris hijab agar penampilan maksimal. Ingatlah, aksesori yang berlebihan pada hijab juga tidak akan membuat tampilan terlihat elegan. Pakailah aksesori yang benar-benar dibutuhkan seperti bros untuk mengganti peniti agar terlihat lebih cantik. Untuk warna aksesoris sebaiknya pilih warna yang lebih universal seperti emas dan silver yang bisa disesuaikan dengan kebaya muslimah. Pemakaian aksesori yang terlalu berlebihan akan mengganggu penampilan, justru tidak bisa membuat kesan anggun dan elegan. Ide terbaik adalah coba untuk bermain dengan kombinasi warna jilbab dan kebaya daripada aksesoris yang berlebihan.

3. Pilihlah Material Hijab yang Elegan

Poin ini menjadi kunci untuk aspek kenyamanan saat mengenakan hijab dengan kebaya muslimah. Tidak hanya pemilihan material atau bahan kebaya yang penting, tetapi pemilihan material hijab juga harus diperhatikan karena keduanya saling mendukung. Pemilihan bahan hijab yang tidak sesuai atau kurang enak dikenakan akan membuat tidak nyaman. Pilihlah bahan hijab yang ringan dan sejuk untuk dipakai karena hijab yang panas dengan material yang tebal akan membuat tidak nyaman.

Padahal acara masih lama, tetapi rasanya ingin segera pulang kalau memakai hijab yang tidak nyaman. Selain itu, hijab material yang tebal akan membuat penampilan terlihat lebih berat. Jadi hijab material ringan seperti apa yang pas dipakai bersamaan dengan kebaya muslimah? Material hijab untuk kebaya antara lain chiffon, katun wolfis berbentuk segi empat, jenis bahan hijab pashmina, sutra, satin, dan macam macam hijab organza.

Bahan jilbab bisa membantu penampilan menjadi lebih maksimal. Mulai dari sekarang kenalilah bahan-bahan jilbab yang digunakan. Untuk padu padan terbaik antara kebaya dengan jilbab sebaiknya pakai hijab berbahan sutra, satin, atau sifon karena bisa menampilkan kesan mewah dan elegan. Tekstur ketiga bahan tersebut lembut dan licin sehingga sangat cocok digunakan untuk padu padan busana formal seperti kebaya. Kombinasi bahan yang halus sangat kontras dengan bahan kebaya yang cenderung kasar. Karakter bahan yang jatuh bisa membuat penampilan lebih glamor dan cantik.




4. Selalu Pakai Ciput

Dalaman jilbab atau biasa disebut ciput sebagai tips agar kerudung rapi dibutuhkan oleh muslimah berjilbab agar rambut bagian depan seperti poni atau anak rambut bisa tertutupi sehingga penampilan menjadi lebih rapi. Ciput juga bisa menahan jilbab dengan bahan yang licin agar tidak mudah merosot.

Ada berbagai jenis ciput yang bisa digunakan sehingga ciput yang dipakai juga harus disesuaikan dengan situasi. Macam-macam ciput sesuai bentuk wajah antara lain topi yang bisa membentuk pinggiran jilbab, ciput bulat biasa, ciput ninja yang mampu menutupi kepala dan leher, dan lainnya. Saat memilih ciput perlu memperhatikan bentuk kerah kebaya. Jika kebaya yang digunakan berbentuk kerah tinggi, ciput ninja akan membuat leher terasa sesak dan merasa gerah. Ciput ninja ini cocok untuk kebaya dengan potongan leher yang rendah sehingga bagian leher dan dada bisa tertutup dengan sempurna.

Setelah mengetahui tips memilih hijab untuk kebaya tentu semakin mudah untuk tampil cantik dalam berbagai suasana. Jika sudah bisa dengan mudah beradaptasi dengan pakaian dan hijab yang tepat saat acara formal tentu akan mudah untuk memakai pakaian dan hijab untuk acara nonformal dan casual.

Nah itulah beberapa tips dari Agustinnesia Hijab jika teman-teman ingin mengkombinasikan antara hijab dengan baju kebaya, semoga artikel diatas dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan teman-teman Agustinnesia Hijab. Tunggu artikel lainnya di Agustinnesia.com terimakasih.

Wa’alaikumusalam – Teman teman Agustinnesia Hijab

Artikel Hijab & Kain Lainnya :

Artikel Kesehatan & Kecantikan Lainnya :




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *