5 Tips Memilih Warna Jilbab untuk Kulit Gelap

Assalamu’alaikum – Teman teman Agustinnesia Hijab

Pada kesempatan kali ini Agustinnesia Hijab akan berbagi tips untuk teman-teman Agustinnesia, mungkin udah sekilas udah pada judulnya kan, nah yuk sekarang simak ulasan selengkapnya sampai selesai sister.

Banyak sekali faktor yang bisa memengaruhi penampilan kita antara lain makeup, model pakaian, model hijab, jenis aksesoris hijab (model aksesoris hijab pengantin), dan pilihan warna hijab. Warna kulit dengan warna hijab yang akan dikenakan harus disesuaikan agar keseluruhan penampilan semakin stylish dan fresh. Pemilik kulit gelap di Indonesia biasanya berada di Indonesia bagian timur, sedangkan pemilik kulit gelap di negara lain berada di benua Afrika dan Amerika yang dikenal dengan ras negro.




Warna macam macam hijab yang sesuai dengan warna kulit gelap akan membuat wajah terlihat lebih cerah dan enak untuk dipandang. Jadi, pemilik kulit gelap tidak perlu merasa minder karena warna kulitnya lebih mudah memilih warna hijab daripada kulit kuning langsat atau kulit pada range medium. Pada dasarnya, kulit gelap akan cocok menggunakan hijab dan macam macam ciput hampir seluruh warna seperti kulit putih. Berikut tips memilih jilbab untuk kulit gelap dari segi warna.

1. Hijab Warna Gelap

Pemilik kulit gelap sangat disarankan untuk memakai warna-warna gelap karena justru bisa membuat wajah terlihat lebih cerah. Warna gelap yang sesuai bagi pemilik kulit gelap antara lain navy blue, merah maroon, dark purple, dan hitam. Warna-warna gelap cenderung netral untuk semua kulit sehingga aman bagi kulit sawo matang. Namun, pemilik kulit gelap harus menghindari warna gelap seperti coklat atau olive karena bisa membuat warna kulit terlihat lebih kusam.

Warna hitam adalah warna netral sehingga bisa dipakai oleh semua tone warna kulit. Hijab berwarna hitam juga bisa warna penolong saat bingung harus memakai hijab warna apa agar sesuai dengan warna baju. Warna hitam bisa membuat pemakainya lebih elegan dan mudah dipadu padan dengan model pakaian apapun. Sedangkan untuk warna biru navy yang fresh dan azure tidak akan membuat wajah pucat karena termasuk dalam deretan warna primer biru sehingga akan elegan saat diaplikasikan pada hijab. Bahkan warna azure juga akan menenangkan saat dipandang.

2. Hijab Warna Pastel

Warna-warna pastel adalah alternatif dari penggunaan warna cerah seperti putih yang tidak disarankan untuk pemilik kulit gelap. Warna-warna pastel yang cocok untuk pemilik kulit gelap antara lain dusty pink, sky blue, lavender, dan lain-lain yang tetap terlihat terang, tetapi memiliki tone yang cenderung soft sehingga kulit terlihat lebih cerah. Warna gading atau off white atau putih tulang adalah pilihan yang tepat sebagai pengganti warna putih yang membuat wajah terlihat kusam.

3. Hijab Warna Menyala

Warna menyala yang bagus untuk digunakan oleh para pemilik kulit gelap adalah warna neonseperti hijau stabilo, kuning terang, atau biru elektrik. Warna-warna ini bisa menciptakan kontras yang cantik bagi wajah sehingga kulit terlihat lebih bersinar dan segar. Namun, tidak semua wanita berkulit gelap bisa percaya diri menggunakan warna-warna ini. Bagi orang yang tidak berani atau kurang percaya diri untuk menggunakan warna-warna neon sebaiknya memakai warna alternatif, yaitu  silver, gold,dan warna-warna pastel.

4. Hijab Warna Kalem

Warna nude, cream, atau beige jauh dari kesan mencolok dan kalem cocok untuk pilihan hijab. Warna nude akan menampilkan kulit wajah setingkat lebih cerah dan bersih. Nuansa cream pada hijab sangat netral sehingga cocok untuk pemilik kulit gelap. Warna kalem bisa melambangkan kestabilan si pemakai karena mampu menyesuaikan diri dalam keadaan apapun. Warna beige yang hampir mirip dengan warna nude dan cream juga disarankan untuk hijab bagi pemilik kulit gelap. Walaupun jenis warna ini masih dalam satu urutan warna sedikit cokelat, tetapi tidak begitu kelihatan sehingga bisa juga jadi pengganti kalau ingin memakai warna kecoklatan. Warna beige sangat serasi dipadukan dengan outfit berwarna kekinian seperti mauve, mustard, ataupun olive green.




5. Hijab Warna Cerah Kekinian

Warna cerah kekinian yang dimaksud adalah orange ochre dan kuning mustard yang senada dengan dengan rona kulit kuning langsat atau putih. Walaupun pemilik kulit gelap tidak memiliki wajah merona, tidak usah berkecil hati karena bisa memakai hijab berwarna ini sebagai penggantinya. Warna hits ini sedang digandrungi para hijabers karena warna ini akan menjadikan wajah lebih glowing dan cocok untuk digunakan oleh hijabers kulit berwarna apapun. Warna ochre atau jingga tua berasal dari rumpun warna orange (warna jeruk) yang berasal dari campuran dua warna primer, yaitu kuning dan merah. Jika ingin menampilkan kesan lembut maka pakailah warna-warna soft seperti mauve, camel, peach, aquamarine, amber, dan kuning mustard. Nuansa earth tone yang lembut seperti kuning mustard juga cocok dengan warna kulit gelap.

Bagaimana teman-teman Agustinnesia Hijab sudah siap untuk mengoleksi lima warna tersebut? Jangan takut akan kusam dan tidak menarik. Just say goodbye kepada wajah kusam dan welcome wajah segar. Alhamdulillah saat ini semakin banyak muslimah di Indonesia yang memutuskan untuk menutup aurat mereka. Busana muslimah plus hijab semakin berkembang seiring dengan perkembangan dan pertambahan para jilbabers.

Hijab saat ini tidak dipandang sebelah mata karena wanita berhijab sudah tampil cantik dan menarik dengan pilihan gaya yang pas layaknya wanita tidak berhijab. Perintah hijab dalam Alquran dan hadist tentang berhijab yang benar sebaiknya diterapkan tanpa ragu dan ketakutan yang tidak masuk akal. Tunjukkan identitas sebagai muslimah yang cerdas dan menutup aurat karena hukum memakai hijab itu wajib.

Sampai ini dulu teman-teman, semoga ulasan artikel diatas dapat memberikan tambahan pengetahuan dan bermanfaat untuk teman-teman Agustinnesia Hijab. Tunggu artikel lainnya hanya di Agustinnesia.com terimakasih.

Wa’alaikumusalam – Teman teman Agustinnesia Hijab

 

Artikel Hijab & Kain Lainnya :

Artikel Kesehatan & Kecantikan Lainnya :




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *