Tips-Tips Memilih Jilbab untuk Wajah Lonjong

Assalamu’alaikum – Teman teman Agustinnesia Hijab

Ada kabar gembira buat teman-teman Agustinnesia Hijab! Saat ini memakai jilbab sudah menjadi tren yang menerapkan perintah berhijab dalam Alquran. Dengan mudahnya kita bisa melihat para muslimah yang semakin cantik saat menggunakan jilbab. Namun, masalah yang sering terjadi sehingga membuat muslimah kurang enak dipandang adalah ketidaksesuaian bentuk atau bahan jilbab dengan bentuk wajah.

Bagi si wajah lonjong, model jilbab bisa lebih bervariasi sehingga harus banyak bersyukur memiliki bentuk wajah ini. Jika ingin membuat wajah terlihat lebih oval bisa mencoba model jilbab tumpuk atau lilitan dengan bahan yang agak tebal dengan menerapkan cara memakai jilbab turban. Pakai dalaman atau macam macam ciput kerudung untuk memberikan efek dahi menjadi lebih oval seperti motif tumpuk yang tidak menutupi pinggiran pipi.

Perbedaan bentuk wajah sering memberikan kesulitan dalam pemilihan model kerudung mana yang tepat dengan bentuk wajah. Menurut desainer busana muslim terkenal bernama Dian Pelangi, jilbaber harus memerhatikan bentuk wajah jika ingin memakai model jilbab tertentu agar penampilan terlihat lebih proporsional dan harmonis dengan busana yang dikenakan. Wanita itu harus selektif dalam memilih pakaian dan jilbab untuk dipakai setiap hari atau untuk menghadiri acara tertentu. Para jilbaber harus simak artikel ini terutama pemilik wajah lonjong agar semakin anggun saat menggunakan jilbab yang sesuai dengan bentuk wajah. Berikut beberapa tips memilih jilbab yang bisa diterapkan.

1. Pilih Jenis Jilbab yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

Pemilik wajah lonjong sebaiknya menggunakan jilbab model arab atau turki dengan inner ciput (dalaman) dipasang menutupi sebagian dahi hingga di atas alis sedikit. Fungsi dari ciput tersebut adalah menutupi bagian wajah lonjong sehingga terlihat lebih padat dan proporsional. Bagi wajah lonjong sebaiknya membuat volume di bagian kepala seperti gaya turban atau inner bandana dengan aksen bertumpuk untuk menyeimbangkan wajah. Jika pemilik wajah lonjong ingin memakai kerudung segi empat, sebelum memakainya harus terlebih dahulu memakai dalaman atau ciput. Ciput harus menutupi dahi untuk mengurangi kesan lonjong pada wajah.

Cara memakai kerudung segi empat untuk pemilik wajah lonjong adalah membuat lipatan di area pipi atas dan mata. Lalu pilih kerudung yang tidak terlalu banyak aksen, tetapi hindari menggunakan kerudung polos. Warna kerudung dan bahan sangat memengaruhi bentuk wajah sehingga pilihan yang tepat bisa menyamarkan wajah agar terlihat lebih berisi. Pilihan lainnya adalah kerudung dengan semi layer. Namun, hindari pemakaian inner yang terlalu ke belakang tulang pipi, dahi, dan dagu karena bisa mempertegas bentuk wajah. hijab casual untuk berlibur atau tidak sedang beraktivitas resmi.

2. Pilih Jenis Bahan Jilbab yang Tepat

Pakailah jilbab berbahan tebal sehingga tampilan wajah lebih berisi. Jika si wajah lonjong punya dagu yang terlalu panjang sebaiknya pilih bahan-bahan lentur seperti spandek. Dagu yang terlalu panjang tidak selamanya indah untuk dipandang lho sehingga harus sedikit disamarkan layaknya muka yang bulat atau pipi yang tembam (chubby cheeks). Bahan spandek yang lentur akan mengikuti alur wajah sehingga dagu panjang yang kurang proporsional akan tersamarkan. Untuk pemilik wajah lonjong yang tirus bisa merasa bahagia karena semua bahan jilbab bisa dipakai. Namun, agar penampilan maksimal sebaiknya pakai jilbab berbahan satin (silk).

3. Pengaturan Rambut

Kuncirlah rambut dengan ikatan yang tidak terlalu tinggi karena hal itu akan membuat kesan wajah semakin lonjong. Ingatlah, jangan membuat ikatan rambut lebih tinggi dari tinggi kepala. Pengaturan dan tatanan rambut sangat penting sehingga tampilan wajah dengan jilbab menjadi simetris dan enak dilihat. Gelung atau ikat rambut dan membuat cepol di belakang adalah pilihan yang tepat karena membuat bentuk kepala lebih bagus dan seimbang.

4. Warna Jilbab yang Cocok

Pemilihan warna jilbab juga penting bagi pemilik wajah lonjong. Contoh warna kerudung segi empat yang sesuai adalah kerudung dengan warna gradasi, yaitu abu-abu dan biru muda. Kenapa demikian? Karena pemilik wajah lonjong tidak cocok memakai kerudung polos sehingga harus bermotif atau setidaknya lebih dari satu warna dengan menerapkan cara memakai jilbab dua warna. Alternatif lainnya adalah jilbab dengan aksen sederhana di pinggir kain sehingga penampilan terlihat lebih elegan dan anggun. Tidak hanya berpengaruh pada bentuk wajah, warna kerudung yang dipilih juga harus disesuaikan dengan warna kulit.

5. Jenis Aksesoris Hijab yang Cocok

Pemilihan aksesoris juga penting bagi pemilik wajah lonjong agar memberikan kesan bervolume pada wajah. Pilihan asesoris seperti bandana bisa membuat wajah lebih berisi atau agak tembam sehingga menyamarkan lonjong. Jika suka memakai bros sebaiknya bisa memakai bros yang agak besar agar orang-orang yang melihat bisa tidak fokus dengan wajah yang terlalu lonjong.

Itulah tips memilih jilbab sesuai bentuk wajah, yaitu lonjong. Pemilik wajah lonjong sudah bisa menerapkan tips artikel ini sehingga bentuk wajah dengan model jilbab sesuai. cara memilih kerudung instan sesuai bentuk wajah, dan masih banyak lagi. Artikel-artikel ini diharapkan bisa membuat para pembaca semakin yakin berhijab sesuai hukum memakai hijab dan memahami arti hijab yang sesungguh.

Semoga artikel diatas dapat menambah pengetahuan teman-teman Agustinnesia Hijab, selamat mencoba sister. Tunggu artikel lainnya di Agustinnesia.com terimakasih.

Wa’alaikumusalam – Teman teman Agustinnesia Hijab

Artikel Hijab & Kain Lainnya :

Artikel Kesehatan & Kecantikan Lainnya :




Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *