Manfaat Suplemen Vitamin – Perlukah Kita Mengonsumsi?

As’salamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Vitamin? Perlukah kita mengonsumsinya? Bagi sebagian dari teman-teman Agustinnesia tentu ada yang pernah mengonsumsi beberapa macam vitamin kan… nah pada ulasan kali ini Agustinnesia akan berbagi ulasan mengenai vitamin biar enggak penasaran yuk simak ulasnnya sampai akhir.




Vitamin merupakan senyawa yang dibutuhkan untuk mengatur fungsi metabolisme dalam tubuh, perbaikan sel dan mencegah penuaan dini.

Vitamin A, D, E, dan K larut lemak, sedangkan B dan C larut dalam air. Akibat stress, perubahan pola makan serta lingkungan yang makin berpolusi, kadar vitamin dalam tubuh pun berkurang.

Kondisi ini memengaruhi imunitas, sehingga daya tahan tubuh menurun. Untuk mengatasinya banyak orang yang mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen. Suplemen adalah nutrisi yang ditambahkan kala tubuh membutuhkannya untuk proses metabolisme, misalnya saat stress atau dalam masa penyembuhan atau pada olahragawan.

Namun bila tubuh tidak membutuhkan dan kita tetap mengkonsumsinya, maka akan terjadi kelebihan sehingga suplemen tidak lagi aman bagi tubuh.

Berbagai efek mengkonsumsi suplemen vitamin yang berlebihan di antaranya:

Kelebihan suplemen vitamin A bisa berisiko rapuh tulang (osteoporosis), nyeri pada persendian, sakit kepala, kelelahan, rambut rontok, dll

  • Kelebihan suplemen vitamin B3 bisa merusak lever
  • Kelebihan suplemen vitamin B6 bisa merusak saraf
  • Kelebihan suplemen vitamin E menyebabkan diare dan sakit kepala

Agar tetap mendapatkan manfaat suplemen sebaiknya:

Perhatikan label: manfaat produk, komposisi, dosis per hari, cara penyimpanan, peringatan pemakaian.

  • Perhatikan cara penggunaan dan patuhi aturannya.
  • Konsumsi suplemen vitamin di pagi hari.

Vitamin larut lemak sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan makanan berlemak untuk mendukung proses penyerapannya. Waktu konsumsi vitamineral harus konsisten dalam hal dosis maupun waktu Jangan mengonsumsi suplemen secara berlebihan.

Bila pola makan baik, tak perlu suplemen. Makan vitamin dan mineral yang berasal dari alam seperti sayur dan buah yang lebih aman Menjaga gaya hidup sehat seperti berhenti merokok dan menghindari minuman beralkohol.

Semoga ulasan diatas dapat memberikan manfaat buat teman-teman Agustinnesia. kamu juga bisa membagikan ulasna ini ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain juga disekitarmu. nantikan artikel bermanfaat lainnya di Agustinnesia.com.

Wa’alaikumsalam – Teman teman Agustinnesia.




Artikel kesehatan lainnya :

Artikel kain lainny : 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *