Mulailah Mengurangi Konsumsi Garam Dari Sekarang

As’salamualaikum – Teman teman Agustinnesia Hijab

Garam adalah salah satu jenis zat yang sering dicampurkan dalam bumbu makanan yang kita makan sehari-hari, setiap masakan ibu-ibu di Indonesia tidak lengkap rasanya bila tidak terasa asin yang dihasilkan oleh rasa asin garam.

Kekurangan garam tidak baik untuk kesehatan namun kelebihan garam juga tidak baik untuk kesehatan tubuh yang akan berefek jangka panjang, dan mulailah mengurangi konsumsi garam apa sebabnya?




Pada konferensi tahunan Asosiasi Jantung Amerika yang ke 49 dengan topik Epidemiogi dan Pencegahan Penyakit Kardiovaskular yang diadakan di Palm Harbor, Florida pada tanggal 10-14 Maret 2009 dinyatakan bahwa setiap gram garam yang dikurangi dalam makan setiap harinya pada setiap orang Amerika akan mengurangi 250.000 kasus penyakit jantung, dan mengurangi lebih dari 200.000 kematian selama 10 tahun. untuk memperkirakan keuntungan pengurangan asupan garam, peneliti menggunakan model simulasi komputer penyakit jantung pada pupulasi masyarakat Amerika dewasa.

Peneliti menggunakan model untuk memperkirakan pengaruh pengurangan asupan garam harian sebanyak 0-6 gram pada kejadian terjadinya penyakit kardiovaskuler  dan kematian karena kardiovaskuler pada tahun 2010-19. Pada periode tersebut diramalkan bahwa lebih dari 800.000 kehidupan dapat diselamatkan untuk setiap gram garam yang dikurangi.

Peeliti menemukan bahwa pengurangan konsumsi garam sebanyak 3gram/hari (1.200 mg sodium) akan mengurangi terjadinya kasus penyakit jantung sebanyak 6%, serangan jantung berkurang 8%, dan kematian karena penyakit jantung berkurang 3%. Bahkan pada penduduk Africa Amerika yang cemderung memiliki tekanan darah tinggi dan tekanan darahnya lebih sensitif terhadap garam penurunan penyakit jantung akan berkurang 10%, serangan jantung 13%, dan kematian karena penyakit jantung sebanyak 6%.

Saat ini penduduk Amerika mengkonsumsi 9-12 g garam/hari (3.600-4.800 mg sodium) yang lebih tinggi dari jumlah yang direkomendasikan sebanyak 5-6 g/hari atau 200-2400 mg sodium. FAN

Jika kamu sedang memasak ada baiknya bijak dalam menggunakan bahan makanan dengan campuran garam yang secukupnya, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan tetap jaga pola makan teman-teman karena setiap penyakit yang kita idap tentu dari pola makan kita yang kurang tepat. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan teman-teman Agustinnesia Hijab.

Kamu juga boleh membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, tunggu artikel bermanfaat lainnya di Agustinnesia.com terimakasih.

Wa’alaikumsalam – Teman teman Agustinnesia Hijab




Artikel Kesehatan & Kecantikan Lainnya :

Artikel Hijab & Kain Lainnya 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *