Mengenal Kain Voile, Kelebihan Kain Voile, Jenis-Jenis Kain Voile dan Cara Perawatan Kain Voile

 

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Hai Sista pada ulasan kali ini kita akan mengulas dan berbagi mengenai kain voile, sudah ada yang tahu belum tentang kain voile? Pasti sudah ada banyak yang tahu kan, ada yang belum tahu? Nah bagi yang belum mengetahui kain voile yuk simak ulasan mengenai Kain voile baik dari sisi kelebihannya, jenis jenis kain voile juga banyak lo teman-teman. Agustinnesia kasih tips untuk kamu cara merawat pakaian atau jilbab kamu yang menggnakan bahan dasar kain voile. Yuk enggak usah nunggu lama simak dibawah ini ya dan jangan lupa share ke media sosial atau ke teman-teman kalian jika ulasan ini bermanfaat, siapa tahu bermanfaat untuk orang lain disekitarmu juga, berbagi tidak mengurangi pahala juga tidak menambah dosa heheh.

Kain Voile merupakan kain yang bersifat hampir sama dengan kain hycon yaitu halus dan lembut, ada yang terbuat dari bahan kapas atau katun, linen, rayon, sutera, namun polyester. Voile adalah istilah dalam bahasa Perancis untuk Jilbab. Karena bobotnya yang ringan, kain ini banyak digunakan dalam soft furfinishing. Di daerah beriklim tropis kain voile lebih dikenal digunakan untuk kelambu atau tirai. Terdapat beberapa jenis kain voile yang dijual di pasaran. Penamaan kain pun beraneka ragam teman-teman, biasanya berdasarkan pada nama dagang. Namun dagang dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya asal tenunan, nama orang atau perusahaan, nama mode, dan penggunaan. Salah satu jenis kain yang sering kita jumpai di toko yaitu kain voile (ada yang menyebutkannya katun paris).

image from : Instagram

Kelebihan Dari Kain Voile

Kelebihan dari kain Voile yaitu bahan halus dan lembut sehingga nyaman dipakai dan cocok digunakan saat siang hari. Selain itu kain voile memiliki berbagai macam warna dan motif sehingga terlihat sangat menarik dan indah.

Jenis Jenis Kain Voile

1. Kain Voile Katun

Kain Voile Katun

Kain voile katun atau catton voile adalah kain voile yang terbuat dari bahan dasar katun atau kapas.

2. Kain Voile Sutera

Kain Voile Sutera

Kain Voile sutera atau silk voile adalah kain voile yang terbuat dari bahan dasar menggunakan benang sutera sebagai bahan pembuatannya.

3. Kain Voile Linen

Kain Voile Linen

Kain Voile linen atau Linen Voile adalah kain voile yang terbuat dari bahan dasar serat linen. Linen (lenan) merupakan bahan kain yang terbuat dari serat tumbuhan rami (Linum usitatissimum). Yang pemakaian aslinya biasanya digunakan membuat pakaian ringat dan taplak meja.

4. Kain Voile Rayon

Kain Voile Rayon

Kain Voile rayon atau rayon voile adalah kain yang terbuat dari bahan dasar menggunakan benang rayon.

5. Kain Voile Polyester

Kain Voile Polyester

Kain Voile polyester atau polyester voile adalah kain yang terbuat dari bahan dasar menggunakan benang polyester.

Baca Artikel Lainnya : Mengenal Kain Rajut, Kelebihan Kain Rajut Dan Jenis-Jenis Kain Rajut

Baca Artikel Lainnya : Bahan Kain Crepe, Karakteristik Kain Crepe, dan Jenis-Jenis Kain Crepe

Motif – Motif Kain Voile

Kain Voile juga memiliki bermacam-macm motif, ada yang bermotif polos yang terdapat berbagai macam pilihan warna, ada juga kain voile dengan motif stripe atau garis-garis, ada juga kain voile yang memiliki afloral atau motif bunga-bunga.

Kain Voile Motif

 

Kain Voile Motif Bunga

Baca Artikel Lainnya : Jenis Jenis Jilbab – Yang Wajib di Ketahui dan Wajib ada di Lemari Kamu

Tips Tips Perawatan  Kain Voile dan Pakaian Berbahan Voile

Agustinnesia akan membagian tips untuk teman-teman bagaimana cara merawat pakaian atau jilbab yang menggunakan bahan bahan kain voile. Jika Anda membeli kain voile masih dalam bentuk kain, sebaiknya sebelum dijahit cucilah terlebih dahulu, karena kain voile dapat menyusut beberapa persen. Dan hindarilah pencucian dengan mesin cuci karena dapat mengakibatkan penyusutan pada busana Anda. Sebaiknya cucilah dengan tangan dan menggunakan detergen yang lembut. Pada saat Anda melakukan penjemuran hindari matahari secara langsung, cukup diangin-anginkan saja. Saat melakukan penyetriakaan sebaiknya kamu bisa menggunakan suhu yang tidak terlalu panas agar tidak berkerut atau rusak pada pakaian atau jilbab Anda.

Nah itulah ulasan mengenai kain voile, sekarang udah tahu belum? Kalau belum bisa membaca berulang kali heheh, agustinnesia pamit dulu sist dan nantikan ulasan-ulasan menarik lainnya dari yang akan kita bagikan ke Agustinnesia.com.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam – Co Writer & CS Agustinnesia

Waalaikumsalam Sista

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *