Mengenal Kain Rajut, Kelebihan Kain Rajut Dan Jenis-Jenis Kain Rajut

 

image from : glendoick.com

Assalamualaikum Teman-teman agustinnesia

Berhijab atau berjilbab adalah salah satu kewajiban yang harus diutamakan oleh setiap kaum wanita muslimah, jilbab saat ini juga menjadi mode dan gaya fasyen yang berkembang diberbagai belahan Negara-negara muslim, saat menggunakan jilbab rata-rata muslimah akan mengenakan dalaman jilbab, sebagian muslimah di Indonesia dan teman-teman tentu sudah tidak asing dengan dalaman Jilbab kerudung yang dibikin dari Kain rajut. Nah pada kesempatan kali ini agustinnesia akan memberi sedikit ulasan mengenai kain rajut, kelebihan kain rajut, dan jenis-jenis rajut yang ada di sekitar kita. Yuk sista simak selengkapnya dibawah ini.

Kain rajut adalah kain yang dibuat dengan cara menyilangkan dua jajaran benang yang saling tegal lurus merajut hampir sama dengan mengayam namun medianya yang digunakan berbeda, merajut hanya menggunakan sehelai benang. Dimana barisan benang yang berbentuk loop ( lingkaran atau lengkungan ) biasa digunakan sebagai kaitan antara benang, Merajut dalam bahasa inggris disebut “knitting”. Merajut dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan tangan dan dengan menggunakan mesin. Beberapa contoh kain rajut yang dirajut dengan menggunakan mesin yaitu kain jersey, berber, syak, felt, swater, tas, dalaman jilbab dan  handuk.

Kelebihan Kain Rajut

Dibandingkan dengan kain tenun, elastisitas dari kain rajut lebih tinggi. Kain rajut dapat mudah merengang dikarenakan oleh loop-loop pada struktur kain tersebut. Tidak hanya itu, elastisitas nya yang tinggi juga memungkinkan si pemakai bergerak lebih bebas dan leluasa. Keunggulan lain dari kain rajut yaitu tidak mudah kusut saat digunakan, penyimpanan, atau pengepakan. Juga cocok digunakan untuk pakaian saat cuaca dingin. Namun, rajutan memiliki potensi lebih tinggi akan penyusutan jika dibandingkan dengan kain tenun.

Jenis-Jenis Rajutan atau Knitt

  • Single Knitt

Single knit adalah rajutan jarum single, penggunaan hanya satu permukaan atau tidak bisa bolak-balik. Jenis rajutan rapat, bahan padat, kurang lentur. Sebagian besar produk kaos yang ada dipasaran adalah memakai jenis rajutan Single Knitt.

  • Double Knitt

Double knit adalah rajutan Jarum Double, sehingga penggunaannya bisa dibolak-balik. Jenis rajutan tidak rapat, bahan kenyal, lembut dan lentur. Produk kaos yang biasa memakai rajutan jenis ini adalah pemakaian untuk bayi dan anak-anak. Ada sebagian orang menyebut bahan ini dengan sebutan interlock.

Baca Artikel Lainnya : Mengenal Bahan Kain Kasmir, Kashmir atau Cashmere

  • Lacoste

Lacoste adalah rajutan tekstur atau corak. Penggunaan tidak bisa dibolak-balik. Jenis rajutan bertekstur, bulat, kotak, atau menyurpai segitiga kecil-kecil. Sebagian orang ada yang menyebut bahan ini Pique atau Cuti, dan lazim digunakan untuk Polo Shirt atau Kaos Kerah.

  • Striper atau Yarn Dye

Striper adalah rajutan kombinasi benang warna ( Yarn Dye). Penggunaan tidak bisa di bolak-balik. Jenisnya bisa Single Knitt maupun double knit. Finishing harus open set atau belah. Biasanya bahan ini umumnya dengan sebuatan bahan salur / warna-warni. Biasa digunakan untuk produk kaos dewasa.

  • Drop Needle

Drop Needle adalah rajutan dengan variasi cabut jarum. Penggunaannya bisa di bolak-balik. Jenis rajutan tekstur garis lurus vertikal, lembut, dan lentur. Produk kaos ini banyak digunakan untuk kaos singlet.

Baca Artikel Lainnya : Bahan Kain Twiscone, Karakteristik Kain Twiscone dan Kelebihannya Bahan Kain Twiscone

Penggunaan Kain Rajut Untuk Hijab

Sedangkan penggunaan kain rajut dalam hijap pada umumnya digunakan sebagai ciput atau bandana, dalaman jilbab, karena ronganya yang banyak sehingga membuat kepala atau rambut panas atau lembab.

Nah itu dulu teman-teman ulasan mengenai kain rajut, kelebihan dari kain rajut dan jenis-jenis kain rajut, semoga ulasan singkat diatas dapat menambah wawasan bagi yang belum mengetahuinya.

Jika teman-teman memiliki artikel bermanfaat dapat dikirimkan kepada team agustinnesia, akan kami publikasikan di agustinnesia.com dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia.

Jika artikel ini bermanfaat boleh kamu bagikan kepada teman-teman atau saudara kamu sista

Waalaikumsalam – salam agustinnesia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *