Mengenal Jenis – Jenis Kain Higet dan Karakteristik Kain Higet

Pakaian menjadi bagian terpenting dalam kehidupan dalam filsafah jawa ada tiga hal penting dalam kehiupan yang pertama adalah sandang (pakaian) kedua adalah pangan (makanan) yang ketiga adalah papan atau biasa disebut (tempat tinggal / rumah). Pakaian memang sangat penting karena seseorang yang beradab dan memiliki kesantunan pasti memiliki adab dan nilai-nilai berpakaian baik secara santun maupun muslim jika seorang muslim. jika Anda bukan seorang muslim tentu dalam ajaran agama teman-teman non muslim pasti mengajarkan cara berpakaian yang baik dan beradab. Pakaian atau busana juga memiliki berbagai model dan bermacam macam bahan yang digunakan.

image From : Agustinnesia

Salah satu jenis pakaian yang sangat digemari masyarakat indonesia adalah kaos, kaos juga memiliki berbagai macam model dan bentuk yang pertama adalah jenis kaos lengan pendek yang kedua jenis lengan panjang. Pada ulasan kali ini kita akan membahas salah satu jenis kain yang umum digunakan untuk membuat bahan kaos event, olahraga dan berkampanye. Apa itu? Jenis kain Higet atau Hyget, tentu sebagian dari sahabat agustinnesia belum begitu mengetahu apa itu kain higet dan jenis jenis kain higet yuk simak ulasannya berikut ini : 

Kain higet atau hyget merupakan sejenis bahan kaos yang terbuat dari campuran polyester dan katun tetapi lebih tipis. Ciri umum dari bahan higet adalah mengkilat, tidak mudah kusut dan panas (tidak menyerap keringat). Bahan kain higet di Indonesia sering dikonotasikan dengan bahan yang tergolong murah dibandingkan dengan bahan kaos lainnya seperti katun, spandek dan PE (polyester), namun, tidak semua jenis kain higet dikatakan murahan atau terkesan kurang bagus. Ada beberapa jenis bahan hyget yang bagus, nyaman dipakai dan harganya pun lebih mahal dari bahan higet biasa.

image from : bukalapak.com

Karakteristik Kain Higet

Kain higet terbuat dari plastic dan sangat tipis yang dicampur dengan katun, dikarenakan berbahan dasar plastik, tentu saja tidak menyerap keringat sehingga terasa panas jika dipakai dalam cuaca panas. Berbeda jika dipakai dalam cuaca dingin (hujan), mungkin bahan ini bisa menghangatkan tubuh. Tapia da beberapa jenis kain higet yang memiliki karakteristik adem. Yuk sista simak ulasannya di bawah ini untuk jenis jenis kain higet atau hyget :

Jenis-Jenis Kain Higet

1. Kain Higet Tipis

Kain hyget tipis adalah bahan kain higet yang paling murah dan memiliki kualitas paling bawah, biasanya kain higet yang satu ini digunakan untuk kaos kampanye politik atau event. Tapi bukan berarti semua kaos parpol atau event menggunakan higet tipis. Ciri yang paling umum adalah kain ini mirip kain kaos tapi tipis.

2. Kain Higet Biasa

Kain higet bisa hampir sama dengan kain higet tipis, harganya termasuk murah dan kualitas juga di deretan bawah, biasanya digunakan juga untuk kaos kampanye dan parpol atau event.

3. Kain Higet Super

Kain Higet super memiliki tekstur yang lebih tebal dan rapi, harganya pun lebih mahal dari kain higet biasa. Akan tetapi dari kualitas, kain higet ini sama seperti kain higet biasa, tidak  menyerap keringat dan panas. Bahan ini digunakan untuk event, kaos bola dan banyak digunakan juga untuk membuat jilbab.

4. Kain Higet Balon

Kain higet balon memiliki kualitas yang sangat bagus dibandingkan ketiga higet diatas karena lebih lembut seperti sutra dan adem karena menggunakan bahan campuran spandek yang bisa membuat terasa adem. Bahan kain higet balon mirip dengan spandek, bedanya higet balon tidak elastis seperti spandek sutra. Harganya pun lebih mahal dari kain higet super. Kain higet balon sangat cocok digunakan untuk Jilbab.

5. Kain Higet Serena

Kain higet atau hyget serena juga memiliki kualitas yang baik dan harganya lebih mahal. Bahan ini memiliki tekstur yang rapi dan padat. Bersifat lentur, adem dan tebal. Kain higet serena menggunakan campuran nilon sehingga memiliki daya serap keringat yang cukup bagus Sehingga bahan kain higet serena sering digunakan untuk kaos-kaos olahraga seperti jersey bola, futsal, voli, badminton dan sejenisnya.

Baca Artikel Lainnya : Mengenal Kain Rayon Karakteristik Kain Rayon dan Jenis-Jenis Kain Rayon

Cara Merawat Pakaian Berbahan Kain Higet

Secara umum, pakaian, jilbab atau kaos berbahan higet memang tidak akan bertahan lama dikarenakan bahan dasarnya dari plastik yang tipis, untuk itu agar lebih awet anda bisa mencucinya dengan detergent secukupnya, tanpa harus direndam. Sementara untuk pengeringnya, cukup diangin-anginkan saja di dalam rumah, tidak perlu dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Nah itu tadi ulasan singkat mengenai kain higet, karakteristik kain higet dan jenis –jenis dari kain higet teman-teman, sekarang sudah tahu kan kalau jenis-jenis kain higet juga bermacam-macam dan kegunaannya di begbagai bidang fashin mode juga bermacam macam.

Jika artikel atau ulasan diats bermanfaat boleh dibagikan kepada teman-teman yang lain, mungkin ada teman-teman yang sedang mencari tahu mengenai jenis-jenis kain higet atau keluarga yang sedang mencari informasi mengenai kain higet bisa kamu share kepada mereka melalui tombol share ke media sosial atau di kontak whatsapp. Tunggu ulasan menarik berikutnya mengenai berbagai macam-macam jenis kain lainnya di agustinnesia.com.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

 

Waalaikumsalam teman-teman

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *