Mengenal 10 Kain Batik dan Motif Batik Yang Populer dari Berbagai Daerah Di Indonesia

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Batik? Tentu teman-teman memiliki pakaian batik kan? Nah kira kira batik kamu memiliki motif dan filosofi apa teman-teman? Ada yang tahu enggak. Jika belum tahu yuk simak ulasan mengenai 10 kain batik dari berbagai daerah di Indonesia. Mungkin pakaian batik yang kamu miliki juga menggunakan motif tersebut.

Batik dan Indonesia, seperti 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Batik merupakan kain khas Indonesia yang telah digunakan sejak zaman dahulu. Dahulu batik sangat umum digunakan pakaian sehari-hari oleh masyarakat Indonesia, Penggunaan kain dan pakaian batik biasanya akan dikombinasikan dengan kebaya atau pakaian adat lainnya.

Membatik Manual Tangan – image from : agustinnesia blog

Kata batik sendiri berasal dari bahasa jawa “ambhatik” yang terdiri dari kata “amba”  yang berarti lebar, luas, kain dan kata “bhatik” yang berarti titik atau matik. Kedua kata tersebut berkembang menjadi istilah batik yang sekarang dapat diartikan sebagai titik-titik pada kain yang lebar. Batik juga diartikan secara lebih umum kain bergambar yang dibuat secara khusus menuliskan atau menerakan malam pada kain.

Batik juga ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonvendawi oleh UNESCO pada tanggal 2 oktober 2009, popularitas batik semakin meningkat. Batik semakin sering digunakan sebagai pakaian formal dan non formal. Kesan batik tidak lagi kuno, namun lebih elegan dan berkelas. Tidak hanya dijadikan bahan pakaian, kain batik atau motif batik saat ini mulai banyak diaplikasikan pada berbagai dekorasi rumah, seperti pada sofa, furnitur kayu, karpet, bantal, tas, jaket dan lain sebagainya. Yuk simak teman-teman 10 motif  batik yang populer dari berbagai daerah di Indonesia apa saja?

1. Batik Megamendung

Batik Megamendung – image from : Batik Hafiyan

Batik Megamendung merupakan motif kain batik yang berasal dari daerah Cirebon Jawa Barat. Motif batik Megamendung ini sangat khas sekali dengan bantuk awan besar berwarna cerah dan mencolok. Beberapa warna yang umum digunakan pada batik Megamendung adalah warna biru, merah tua, unggu, dan hijau tua.

2. Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Motif Batik Tujuh Rupa Pekalongan – image from : Tagar News

Kabupaten Pekalongan yang merupakan salah satu daerah terkenal sebagai daerah pengerajin batik dan pusat batik. Berbagai motif batik yang indah dan elegan banyak dihasilkan di Kota Pekalongan. Ciri khas batik Pekalongan yakni didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan dan hewan. Batik Pekalongan akan sangat indah dan cantik jika kita kombinasikan dengan pakaian berbahan polos.

3. Batik Parang 

Motif Batik Parang Rusak – image from : Javanist.com

Motif batik kali ini pasti sering sekali kita jumpai ( melihat ). Motif batik Parang  merupakan motif batik yang sangat populer di Kalangan pencinta Batik. Motif Batik Parang memiliki arti mendalam, yakni peperangan manusia dalam melawan sifat buruk dan hawa hafsu selama hidup. Baik Parang sangat sering digunakan untuk berbagai Pakaian berbahan Batik bermotif Rusak. Motif batik Parang berasal dari kabupaten Bantul, Yogyakarta di Bantul kita sangat mudah menjumpai pengerajin batik dengan motif batik Parang.

4. Batik Keraton

Motif Batik Keraton – image from : pinterest

Batik Keraton merupakan batik yang awalnya dibuat oleh putri dan pengerajin batik yang ada di lingkungan Keraton. Motif batik Keraton ini sangat kental dengan nuansa elegan, sacral dan serat akan filosofi kehidupan. Karena dulunya batik Keraton ini hanya boleh digunakan oleh sebagaian orang saja. Terutama keluarga Keraton. Jika kita berkunjung ke Keraton Yogyakarta kita dapat melihat pembuatan batik dengan motif Keraton tersebut.

5. Batik Priyangan Tasikmalaya

Motif Batik Priyangan Tasikmalaya – image from : instagram

Batik Priyangan Tasikmalaya yang terkenal dengan ciri khasnya yang memiliki corak yang rapat, rapi dan berkelas. Dominasi motif tumbuh-tumbuhan seperti rumput menjadi identitas / ciri khas utama batik Priyangan. Batik Priyangan Tasikmalaya berasal dari para pengerajin batik di kabupaten Tasikmalaya.

6. Batik Lasem

Motif Batik Lasem – image from : twitter.com/agustinnesia

Batik Lasem adalah motif batik yang berasal dari daerah bernama Desa Lasem yang terletak di Perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Batik Lasem memiliki ciri khas warna merah menyala. Hal ini disebabkan batik Lasem sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Cina. Corak pada batik lasem identik mengambil unsur unsur motif tumbuhan.

7. Batik Bali

Motif Batik Bali – image from : pinterest

Pulau Dewata Bali juga memiliki beragam batik khas yang juga tak kalah populer. Motif batik bali banyak terinspirasi dari berbagai jenis hewan seperti rusa, burung bangau, merak, kura-kura dan lainya. Warna-warna yang digunakan pada batik Bali juga dominan menggunakan warna cerah, seperti biru, kuning, coklat muda, orange,  dan ungu.

Baca Artikel Lainnya : Mengenal Kain Batik, Jenis Jenis dan Karakter Kain Batik

8. Batik Pring Sedapur Magetan

Motif Batik Pring Sedapur Magetan – image from : pinterest.com

Batik Pring Sedapur Magetan merupakan pilihan batik dengan motif sederhana dan simpl. Meskipun begitu, batik Pring Sedapur serat akan filosofi. Motif batik ini didominasi oleh gambar-gambar tanaman bambu yang mengandung filosofi arti kehidupan rukun dan tentram.

9. Batik Malang

Motif Batik Malang – image from : Batiktulis.com

Daerah Malang, Jawa Timur juga memiliki motif batik yang cukup populer. Batik Malang memiliki ciri khas warna cerah. Motif batik Malang juga unik, yakni kombinasi gambar-gambar canri, yang ada di kota tersebut.

Baca Artikel Lainnya : Mengenal Bahan Kain Kasmir, Kashmir atau Cashmere

10. Batik Betawi

Motif Batik Betawi – image from : Google image

Batik Betawi yang berasal dari Jakarta juga memiliki corak yang identik dengan khas Jakarta atau kebudayaan Jakarta. Batik Betawi juga sering dipakai dalam acara pameran, Kebudayaan Betawi, ataupun digunakan pada acara-acara bergensi seperti perhelatan Abang None Jakarta. Pilihan warna cerah yang mencolok dipadukan dengan motif unik khas betawi seperti ondel-ondel, puncak rebung, nusa kelapa, dan gembang kromong menjadi ciri khas pada batik Betawi.

Itulah sepuluh motif batik dari berbagai daerah di Indonesia teman-teman, kita wajib bangga teman-teman selain menjadi ciri khas pakaian yang berasal dari Indonesia, Batik juga terkenal sampai ke mancanegara, banyak dari wisatawan manca Negara juga sangat suka dengan batik Indonesia, tak jarang ada mereka yang dari luar negeri belajar membatik karena menurut mereka kain batik sangat indah dan memiliki filosofi yang tinggi.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *