Manfaat kacang mete untuk kesehatan tubuh dan kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Sering mengkonsumsi kacang mete? Mungkin banyak dari kita tentu pernah mengkonsumsi kacang yang satu ini, kacang mete banyak dijadikan camilan yang enak dan banyak digmari oleh banyak orang, namun taukah teman-teman jika kacang mete dihasilkan dari jambu mete? Tentu udah pada tahu kan? Kacang mete juga memiliki banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan kita dan kecantikan, kok bisa? Penasaran kan yuk simak ulasan berikut ini:

Kacang Mete – image from : indonesian.alibaba.com

Jambu mete merupakan tanaman buah dengan pohon yang berasal dari Brasil Tenggara. Jambu mete awal mulanya di bawa oleh pelaut asal Portugis ke India, lalu kemudian menyebar ke dareah tropis dan subtropis lainnya seperti Bahana, Senegal, Kenya, Madagaskar, Mozombik, Srilangka, Thailand, Malaysia, Filipina dan Indonesia sendiri.  Dari sekian banyak negara produsen  Brazil, Kenya, Dan India merupakan negara terbesar pemasok utama jambu mete. Jambu mete memiliki nama atau julukan yang berbeda di seluruh Nusantara ( di Sumatra Barat: jambu erang/ jambu monyet, di lampung: gayu, di daerah Jawa Barat: jambu mede, di Bali jambu jipang/dwipa, di Sulawesi Utara: jambu yaki)

Kacang jambu mete mengandung air, protein, energi, karbohidrat, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, thiamin, riboflavin, niacin, beta-karoten, dan retional. Kacang mete dapat menurunkan resiko berbagai macam penyakit dan meningkatkan kesehatan tubuh manusia, berikut manfaat kacang mete:




1. Melawan penyakit jantung

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan takjenuh ganda yang terdapat di dalam kacang mete diperca dapat menurunkan kolestrol jahat LDL dan trigliserida pemicu penyakit kardiovaskular, stroke, dan serangan jantung. Selain itu kacang merupakan makanan bebas kolestrol dan salah satu sumber lemak yang ramah bagi jantung.

2. Memperbaiki sel darah

Kacang jambu mete memiliki kandungan zat besi dan tembaga yang saling bekerja sama untuk membantu tubuh dalam pembentukan dan pemanfaatan sel darah merah. Tulang, saraf, sistem kekebalan tubuh dan pebuluh darah nantinya akan sehat dan berfungsi dengan baik.

3. Sumber energi

Kandungan karbohidrat dan zat besi berguna sebagai sumber energi, selain itu kacang mete kaya akan zinc dan protein yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan tembaga pada kacang mete di butuhkan tubuh untuk proses penggantian jaringan ikat dan kolagen yang rusak, kedua komponen ini berperan penting dalam proses pembentukan tulang. Selain itu kacang mete juga mengandung magnesium yang penting untuk pembentukan tulang. Ini karena magnesium membantu kalsium terserap dengan lebih baik kedalam tulang.

5. Melindungi mata dari kerusakan ringan

Kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin yang bersifat sebagai antioksidan pada kacang mete mampu melindungi mata dari kerusakan ringan bahkan mampu membantu mengurangi katarak.

6. Batu empedu

Menurut sebuah studi, sering mengkonsumsi kacang dapat menurunkan resiko operasi untuk mengangkat kantong empedu.

7. Mampu mengelola berat badan

Kacang mete mampu mengelola serta mengurangi penumpukan lemak dan kolestrol di dalam hati, karena kacang mete mengandung lemak tak jenuh.

Nah itulah manfaat yang terkandung dalam kacang mete yang baik bagi kesehatan tubuh kita serta juga bermanfaat untuk kecantikan, jika ingin mendapatkan efek baik dari kacang mete sebaiknya dikonsumsi secara rutin setiap hari, namun dengan porsi yang cukup jangan berlebihan / kebanyakan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman, kamu juga bisa membagikan ulasan ini dengan cara klik tombol share dibawah ini bagikan ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu juga bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, nantikan artikel bermanfaat lainnya di Agustinnesia.com terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di Agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan di Agustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari Agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman




Baca juga artikel buah :

Baca juga artikel kain :

  1. Mengenal Kain Batik, Jenis Jenis dan Karakter Kain Batik
  2. Mengenal Kain Balotelly, Karakteristik dan Keungulan Kain Balotelly
  3. Mengenal Tiga Teknik Cara Menenun Kain Tenun
  4. 19 Jenis-Jenis Kain Tenun Yang Ada di Indonesia
  5. Inilah Beberapa Jenis Jenis Kain Katun, Karakteristik Kain Katun, dan Cara Merawat Pakaian dari Bahan Katun
  6.  Bahan Kain Spandek, Sejarah Kain Spandek, Jenis Jenis Kain Spandek dan Juga Kelebihan Serta Kekurangan  dari Kain Spandek
  7. Inilah Beberapa Jenis Jenis Kain Sifon yang Cocok Untuk Bahan Jilbab
  8. Mengenal Kain Hycon, Karakteristik Kain Hycon, Dan Kelebihan Kain Hycon
  9. Mengenal Kain Voile, Kelebihan Kain Voile, Jenis-Jenis Kain Voile dan Cara Perawatan Kain Voile
  10. Mengenal Jenis – Jenis Kain Hyget dan Karakteristik Kain Hyget




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *