Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Siapa yang udah pernah mengkonsumsi jengkol? Bagi sebagian masyarakat Indonesia jengkol kerap kali dijadikan berbagai macam olahan masakan yang sangat lezat dan membuat ketagihan, ada juga yang kurang menyukai jengkol karena baunya, namun tahukah Anda jika Jengkol ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan serta kecantikan looo… yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini biar enggak penasaran dan menambah wawasan pengetahuan:




Jengkol atau Pithecollobium Jiringa atau pithecollobium labatum, merupakan jenis makanan khas wilayah tropis Asia Tenggara. Pohon ini dapat di temukan di Indonesia, Malaysia, Myanmar dan Thailand.

Di Indonesia sendiri beberapa daerah memiliki istilah sendiri-sendiri untuk menyebut tanaman ini. Misalnya, jengkol atau erring istilah orang jawa, lubi istilah orang Sulawesi, jariang istilah orang Minangkabau, jaring istilah orang Lampung dan joring atau jering istilah orang Batak. Pohon jengkol berbuah secara musiman, antara November hingga Januari. Tanaman ini banyak di temukan di Indonesia dan Malaysia.

Kandungan Gizi Jengkol

Berikut kandungan gizi jengkol yang perlu Anda ketahui per 100 gram biji jengkol.

Energi (kkal)            133

Protein (g)                 23,3

Karbohidrat (g)       20,7

Vitamin A (SI)          240

Vitamin B (mg)         0,7

Vitamin C (mg)         80

Fosfor (mg)                166,7

Kalsium (mg)            140

Besi (mg)                   4,7

Air (g)                         49,5

 

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Jika jengkol di masak dengan baik, maka baunya yang kurang sedap dapat berkurang, serta memiliki rasa yang cukup lezat dan tekstur yang legit serta memiliki manfaat yang untuk tubuh. Berikut manfaat jengkol untuk tubuh manusia.

1. Sebagai sumber protein

Kandungan protein yang terdapat pada jengkol di percaya melebihi kandungan protein dalam kacang hijau. Hal ini dapat membantu membentuk jaringan di dalam tubuh.

2. Penangkal radikal bebas

Radikal bebas dapat di sebabkan karena polusi udara, jika tubuh kekurangan antioksida maka radikal bebas mudah masuk ke dala tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit. Jengkol mengandung anti oksidan yang mampu melawan radikal bebas.

3. Mencegah terjadinya anemia

Jengkol mengandung zat besi yang cukup banyak. Seperti yang kita tau zat besi dapat membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Jika kekurangan asupan makanan yang mengandung zat besi maka produksi sel darah merah akan berkurang. Akibatnya, suplay oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh juga berkurang.

4. Menguatkan tulang dan gigi

Kalsium dan fosfor merupakan zat yang di butuhkan oleh tulang. Jengkol mengandung kedua zat tersebut. Jadi dengan mengkonsumsi jengkol dapat membuat tulang dan gigi menjadi lebih kuat.

5. Mengobati sakit jantung

Jengkol merupakan makan yang bersifat diuretik (pembuangan urin menjadi halus). Pembuangan urin yang halus sangat baik untuk penderita penyakit jantung.

6. Melangsingkan perut buncit

Jengkol juga bisa membantu merampingkan perut yang buncit. Kandungan serat yang tinggi pada jengkol dapat membantu melancarkan BAB sehingga secara tidak langsung membuat perut menjadi langsing. Karena salah satu penyebab perut buncit adalah susah buang air besar.

7. Mengatasi penyempitan pada pembuluh darah

Penderita penyakit jantung mengalami penyempitan pembuluh darah sehingga darah yang mengalir menuju jantung menjadi lancar. Kandungan mineral dalam jengkol dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit dan mencegah pembuluh darah menyempit kembali.

8. Menstabilkan organ vital di dalam tubuh

Organ penting dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dan stabil ketika tubuh memenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin B6. Tidak heran jika ibu hamil di sarankan mengkonsumsi makanan yang kaya asam folat untuk perkembangan janin. Salah satu contoh makanan yang mengandung asam folat adalah jengkol. Namun perlu di ingat bahwa mengkonsumsi jengkol berlebihan berefek tidak baik pada ginjal.

9. Mencegah cacat pada bayi

Kandungan asam folat pada jengkol akan mencegah terjadinya cacat bawaan pada bayi.

10. Mengontrol kadar gula darah

Jengkol merupakan makanan yang ramah untuk penderita diabetes, karena jengkol  dapat mengontrol kadar gula darah sehingga sangat baik untuk di konsumsi oleh penderita diabetes. Jengkol mengandung gula yang ramah bagi penderita diabetes.

Perbedaan gula pada jengkol dan makanan lain ialah, gula pada jengkol mudah terurai menjadi energi dalam tubuh. Akibatnya stamina tubuh akan meningkat. Proses penguraian gula sempurna tidak akan menyebabkan timbunan gula darah di dalam tubuh.

Efek Samping Mengkonsumsi Jengkol Berlebihan

Selain memiliki manfaat jengkol juga dapat menimbulkan efek samping jika di konsumsi berlebihan. Apa saja itu?

Berikut efeksamping mengkonsumsi jengkol berlebihan.

  • Keracunan

Biji jengkol sedikit beracun karena mengandung asam jengkol. Asam jengkol ialah sebuah asam amino yang dapat menyebabkan djenkolis ( keracunan biji jengkol). Kondisi ini terutama di alami oleh pria.

  •  Bau mulut

Jengkol dapat menyebabkan bau mulut, urin, kringat dan fases. Hal ini dapat terjadi karena memang jengkol memiliki bau yang khas, ada yang tidak menghiraukan bau nya karena rasa jengkol cukup enak, namun ada juga yang tidak menyukai baunya.

  • Jengkolan

Mengapa jengkol dapat menyebabkan jegkolan?

Itu karna jengkol mengandung asam jengkolat yang cukup tinggi yang tidak mudah larutdi air pada Ph yang asam. Dengan begitu akan menumbulkan penumpukan kristal di saluran urin.

Nah itulah manfaat dari jengkol yang wajib kita ketahui, jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi jengkol yaaa… semoga ulasan ini dapat menambah wawasan teman-teman Agustinnesia. Kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu. Tunggu artikel berikutnya di Agustinnesia.com.

Waalaikumsalam – Teman teman Agustinnesia.





Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya : 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *