Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Artikel kali ini agustinnesia akan mengulas tentang manfaat yang terkandung dari buah jambu Kristal, ada yang pernah mengkonsumsi buah jambu kristal teman-teman, jambu Kristal ini sering digunakan untuk jus buah jambu namun tak jarang ada juga yang mengkonsumsinya dengan membuat sup buah jambu dengan campuran beberapa macam buah lainnya. Nah teman teman udah pada tahu belum jika buah jambu Kristal ini memiliki banyak kandungan manfaat didalamnya. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

Buah Jambu Kristal – image from : jualtanaman.com

Jambu Kristal Adalah salah satu jenis jambu yang mungkin sudah tidak asing terdengar ditelinga kita. Jenis jambu yang juga disebut jambu biji merupakan salah satu jenis jambu biji yang lezat dan juga populer dikalangan masyarakat, tidak hanya di Indonesia bahkan juga di dunia. Jambu ini secara umum terdiri dari dua jenis, yaitu jambu kristal dengan biji dan isinya berwarna merah dan juga yang memiliki isi atau biji berwarna putih.

Keduanya sangat lezat di santap, perbedaanya hanya terdapat pada warna dan teksturnya saja. Kandungan biji dan mineralnya pun tidak jauh berbeda satu sama lain. Untuk memperoleh jambu Kristal ini sangatlah mudah. Anda dapat menemukan jambu Kristal di pasar tradisional, hingga supermarket besar.

Ada banyak cara yang bisa di lakukan untuk menikmati kelezatan jambu Kristal ini, antara lain:

  • Langsung di makan begitu saja
  • Di buat menjadi jus
  • Menjadi campuran dalam sop / es buah
  • Di buat lutisan

Berikut ini adalah manfaat jambu Kristal yang perlu anda ketahui, apa saja kah itu:

1. Mengobati diare

Jambu Kristal memiliki serat yang tinggi dan mengandung senyawa yang bernama astringents. Senyawa astringents ini ternyata merupakan salah satu pelaku yang dapat membunuh bakteri penyebab pernyakit diare.

2. Mengobati batuk dan flu

Jambu Kristal sangat baik untuk mengurangi lendir di tenggorokan. Selain itu, jambu Kristal sendiri juga dapat menjadi hambatan aktivitas kuman dan mikroba yang menyebabkan batuk flu yang anda alami.

3. Menjaga kesehatan kulit

Ya, jambu Kristal merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan vitamin E. tentu saja vitamin E ini manfaatnya sangat baik, terutama bagi kesehatan kulit. Vitamin E dapat membantu :

  • Mencegah kulit kering dan bersisik
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Mencerahkan wajah
  • Menutrisi kulit dari dalam
  • Menjaga kelembaban kulit

4. Menjaga rasa kenyang

Apakah anda merasa lapar tapi belum waktunya makan? Kalau begitu, anda dapat mengkonsumsi buah jambu Kristal ini untuk camilan Anda. Jambu Kristal ini memiliki kandungan karbohidrat dan potassium yang cukup tinggi, sehingga dapat menghilangkan rasa lapar.

Selain itu kandungan protein dan juga serat yang ada pada buah ini dapat membantu menjaga rasa kenyang anda agar tahan lama dan tidak mudah lapar.

5. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh

Berbagai macam vitamin dan juga mineral yang terkandung dalam buah jambu Kristal memiliki manfaat. Ternyata sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Sehingga:

  • Terhindar dari berbagai macam pernyakit
  • Selalu fit dan segar dalam beraktifitas
  • Terjaganya fokus

6. Sebagai zat anti oksidan

Anti oksidan yang terdapat pada jambu Kristal sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang menjadi sumber berbagai macam pernyakit, seperti kanker dan pernyakit kronis lainya, radikal bebas juga berperan dalam terjadinya penuaan dini, terutama yang terjadi pada area kulit.

7. Baik untuk kesehatan mata

Jambu Kristal memiliki kandunga vitamin A yang cukup tinggi. Vitamin A selain dapat menjaga daya tahan tubuh, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Ini akan membantu anda dalam mencegah berbagai macam gangguan mata, seperti:

  • Rabun jauh
  • Rabun dekat
  • Rabun ayam
  • Katarak
  • Silindris

Manfaat Jambu Kristal – image from : jambukristal.com

Baca Artikel Lainnya : 9 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Memberi energi bagi tubuh

Protein, karbohidrat, serat dan vitamin kompleks yang ada pada jambu kristal, dapat memberikan energi yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, buah jambu kristal juga memiliki kandungan gula, yang sangat berguna tentunya untuk kebutuhan energi tubuh sehari-hari.

9. Baik untuk kesehatan taulang

Ternyata buah-buahan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang. Salah satunya buah jambu kristal, karena jambu kristal mengandung kalsium. Seperti yang kita tau kalsium sangat baik untuk tulang.

10. Mengobati sariawan

Vitamin C pada jambu Kristal sangat efektif untuk mencegah dan mengobati sariawan secara alami.

11. Mencegah anemia

Jambu Kristal mengandung zat besi yang dapat membantu untuk mencegah munculnya gejala-gejala anemia, seperti:

  • Mudah lelah
  • Mudah letih
  • Mudah lesu
  • Mudash lemas
  • Dan sulit berkonsentrasi

12. Mencegah infeksi jamur dan juga virus

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada jambu Kristal ini memiliki sifat yang sangat penting sebagai anti bakteri, anti infeksi dan juga anti peradangan. Itu artinya, buah jambu Kristal dapat mencegah berbagai macam gangguan kesehatan yang berhibungan dengan infeksi, peradangan dan juga virus di dalam tubuh.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Kasturi Bagi Kesehatan

Nah sudah tau kan manfaat jambu Kristal? Ohya jika akan membuat jus jambu Kristal sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan gula supaya kandungan nutrisi dan mineral yang ada pada jambu Kristal tetap terjaga. Semoga artikel ini bermanfaat. kamu juga bisa membagikan artikel ini untuk teman / keluarga kamu juga, siapa tahu bermanfaat untuk orang lain, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *