Manfaat Gandum Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Roti merupakan makanan yang banyak digemari diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia di negara kita roti memiliki banyak macam dan banyak jenisnya baik roti basah maupun roti kering, roti kebanyakan terbuat dari tepung gandum yang dihasilkan dari tanaman gandum, selain dibuat olehan roti gandum juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh kita serta untuk kecantikan, kok bisa? Daripada penasaran yuk simak selengkapnya jangan lewatkan baca sampai akhir:

Gandum – image from : Hello Sehat




Gandum merupakan bahan pangan serealia yang pertama kali dibudidayakan manusia, bersamaan dengan dimulainya bercocok tanam dan memelihara hewan ternak. Gandum berkembang di wilayah subtropis dan mediteran seperti Rusia, Amerika Serikat, selatan setelah Kanada, bagian utara sampai tengah China, Turki, India, dan Australia. Gandum pada awalnya diintriduksikan ke Indonesia awal abad XVIII pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Selain Belanda, bangsa Portugis juga Mengintroduksikan gandum untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat Portugis yang tinggal di pulau timor. Di Indonesia tanaman gandum dibudidayakan di daerah dengan ketinggian >900m dpl dengan suhu udara rata-rata 22-24 derajad celcius.

Gandum memiliki banyak nutrisi, tidak heran jika di jadikan makanan pokok di berbagai negara, Nutrisi yang terdapat pada gandum utuh seperti serat, antioksidan, vitamin B, E, karbohidrat, magnesium, lemak, protein. Dengan banyaknya nutrisi maka gandum memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh manusia.

1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Gandum kaya akan magnesium yang merupakan mineral yang bertindak sebagai co-faktor untuk lebih dari 300 enzim.

Enzim ini terlibat dalam penggunaan fungsional tubuh insulin dan sekresi glukosa. Makanan yang mengandung gandum minimal 51% dan juga rendah lemak jenuh dan kolestrol. Selain itu, gandum mempromosikan kontrol gula darah yang sehat. Orang yang terkena diabetes dapat mengganti nasi dengan gandum.

2. Mengurangi Peradangan Kronis

Peradangan merupakan konstituen utama dalam sebagian besar jenis sakit rematik. Dengan demikian, makan gandum dalam jumlah yang sehat dan aktif akan mengurangi peradangan.

3. Mencegah Batu Empedu

Survei oleh American Journal of Gastroeenterology, telah terbukti bahwa roti dan sereal yang terbuat dari gandum utuh membantu perempuan untuk menghindari batu empedu. Gandum kaya akan serat larut yang menurunkan sekresi asam empedu. Asam empedu yang berlebihan adalah penyebab utama dari pembentukan batu empedu. Selain gandum juga bisa di tambahkan serat larut dari buah-buahan dan sayuran tertentu seperti mentimun, tomat, apel, pir, dan kacang-kacangan.

4. Menungkatkan Metabolisme Tubuh

Biji-bijian seperti gandum sangat efektif digunakan untuk pasien dengan gangguan metabolisme, dokter merekomendasikan makan roti gandum dan makanan kaya serat lainnya. Diet gandum mungkin adalah cara efektif, menyenangkan dan cepat untuk mengurangi sindrome metabolik tubuh dan sehat tentunya.

5. Membunuh Kanker Pada payudara

Serat sangat penting bagi wanita untuk perlindungan dari kanker payudara. Makan-makanan biji-bijian seperti gandum dan buah-buahan memberikan perlindungan yang signifikan bagi perempuan pramenapause terhadap kanker payudara.

6. Mencegah Asma

Studi Internasional Alergi dan Asma pada anak dibuktikan melalui banyak penelitian, bahwa diet berbasis gandum memiliki kapasitas untuk menurunkan kemungkinan 50% .

7. Menyehatkan jantung

Sudah banyak sereal yang bahan utamanya gandum untuk menjaga nutrisi dan kesehatan jantung.  contohnya: oatmeal untuk dikonsumsi penderita penyakit jantung.

Selain memiliki banyak manfaat mengkonsumsi gandum juga memiliki efek samping pada kesehatan yaitu:

8. Memicu kenaikan gula darah

Makanan yang terbuat dari biji-bijian dapat memicu kanaikan gula darah dengan cepat. Kenaikan ini dapat di ikutu dengan penurunan yang tajam. Akibatnya kita akan merasa lapar dan ingin makan lagi

9. Penyakit celiac

Gluten merupakan protein utama yang terkandung dalam biji-bijian, namun bagi penderita penyakit celiat gluten dapat membahayakan kesehatan karena sistem kekebalan tubuh akan merespon dengan merusak usus kecil.

10. Mencuri nutrisi yang di butuhkan tubuh

Gandum mengandung asam fitai yang dapat mengikat dan mencegah mineral terserap tubuh

 

Sekarang udah pada tahu, kalau gandum memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh kita juga baik untuk kecantikan, semoga ulasan artikel ini dapat menambah wawasan teman-teman, kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman dekatmu, siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekelilingmu, tunggu artikel bermanfaat lainnya ya, di Agustinnesia.com setiap harinya kita akan membagikan ulasan bermanfaat, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di Agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan di Agustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari Agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman




Baca juga artikel buah :





Baca juga artikel kain :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *