Manfaat Dari Buah Jarak Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Pada ulasan kali ini agustinnesia akan berbagi mengenai manfaat dari pohon jarak yang bagus untuk kesehatan kita, udah pada tahu belum apa itu jarak? atau pohon jarak dan manfaat yang terkandung dalam buah jarak, kalau ada yang belum tahu simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

Buah Jarak image from : vidio.com

Tanaman jarak memiliki buah (jarak) adalah salah satu buah yang tumbuh di Indonesia, yang memiliki banyak manfaat, dalam bahasa ilmiah Jarak disebut dengan Ricinus Communis, jarak adalah tumbuhan liar yang tumbuh dihutan, tanah kosong dan pinggir pantai.

Pohon jarak, memiliki manfaat bagi manusia, mulai dari batang, daun, bunga, hingga bijinya. Manfaat pohon jarak yang paling utama adalah sebagai penghasil minyak atau bahan bakar, yang terdapat pada bagian bijinya yang mengandung banyak getah dibandingkan dengan dua pohon jarak lainnya. Pohon jarak wulung dan pohon jarak pagar banyak sekali dibudidayakan oleh masyarakat saat ini. Selain bermanfaat untuk bahan bakar minyak, Tanaman jarak juga bermanfaat bagi kesehatan. Namun tidak semua pohon jarak memiliki manfaat untuk kesehatan, jenis pohon jarak pagar yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat jarak untuk kesehatan sebagai berikut :

1. Mengobati Luka Sariawan

Getah jarak pagar dapat digunakan sebagai obat luka sariawan, caranya ambilah getah jarak dengan kapas, kemudian tempelkan pada bagian mulut yang terkena sariawan, gunakan secara rutin sehingga sariawan akan segera sembuh.

2. Mengobati Sakit Gigi

Gigi yang berlubang akan mudah dimasuki oleh bakteri, yang menyebabkan rasa sakit pada gigi, untuk mengatasi rasa sakit pada gigi, dapat menggunakan getah jarak yang diteteskan pada bagian gigi yang sakit, getah jarak dapat mengobati sakit gigi karena getah jarak mengandung antimikroba yang mampu membasmi bakteri Ecshereccia Coli, Streptococcus, Staphylococcus.

3. Mengobati Luka

Getah Jarak yang memiliki zat antimikroba dapat membantu luka cepat kering, dengan meneteskan getahnya menggunakan kapas, dan diamkan beberapa saat maka luka tersebut akan cepat kering.

4. Mengobati Keputihan pada Mulut Bayi

Keputihan yang dialami bayi biasanya diakibatkan karena bakteri candida yang menempel di putting susu sang ibu, yang kemudian ketika menyusui bayinya akan menempel dan berkembang baik. Mengaktibatkan mulut bayi mengalami keputihan. Untuk mengatasinya ambilah batang jarak yang masih segar kemudian ambilah getahnya dan tetesan pada mulut bayi.

5. Mengobati Radang Telinga

Untuk mengobati sakit pada telingga yang diakibatkan karena influenza, dapat menggunakan getah jarak yang ada pada daun jarak, dengan mengambil getah sebanyak satu sendok makanan dan tetesan sebanyak 6 kali, diamkan beberpa saat kemudian bersihkan menggunakan kapas secara perlahan.

6. Mengatasi Sembelit ( Susah Buang Air Besar )

Sembelit adalah penyakit yang bisa dialami oleh semua kalangan dari orang dewasa hingga anak-anak, untuk mengatasi sembelit dapat menggunakan daun jarak pagar caranya :

  • Untuk Orang Dewasa : Tumbuk 8 – 10 biji jarak kemudian, beri sedikit panas dan peras, dan minum sekaligus air perasan tersebut.
  • Untuk Anak-anak : Ambil beberapa helai daun jarak yang masih muda yang kemudian layukan dengan api, tempelkan daun jarak tersebu ke perut anak menggunakan minyak kepala.

7. Mengatasi Ketombe

Ketombe adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan pada kulit kepada, ketombe biasanya tampak berwarna putih di rambut, untuk mengatasi ketombe dapat menggunakan daun jarak yang ditumbuk secara halus, kemudian oleskan di kulit kepala secara rutin sebelum keramas.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Ibu Hamil dan Kecantikan

8. Menyuburkan Rambut

Untuk menyuburkan rambut kita dapat menggunakan biji jarak, caranya tumbuk 20 – 30 biji jarak, peras ambil minyaknya dan oleskan pada kulit kepala.

9. Mengencangkan Payudara

Untuk para wanita memiliki payudara yang kencang adalah bagian dari kecantikan. Untuk mengencangkan payudara, dapat dilakukan dengan cara : ambil 3 helai daun jarak, 2 buah pinang, 1 buah jahe, dan 1 sendok teh garam. Tumbuk semua bahan kemudian oleskan pada payudara, diamankan hingga kering dan bersihkan payudara menggunakan air hangat.

10. Mengobati Rematik

Rematik biasanya adalah penyakit yang sering dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Untuk mengobatinya dapat menggunakan akar jarak, dengan ambil 25 gram akar jarak rebus dengan 1 liter air, rebuslah hingga airnya tinggal setengah, kemudian diminum secara rutin.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat buah kesemek untuk kesehatan dan Kecantikan

Nah sekarang udah pada tahu kan manfaat dari buah jarak yang memiliki puluhan manfaat, mungkin masih ada banyak manfaat lain dari buah jarak, semoga 10 manfaat diulasan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman Agustinnesia, kamu juga bisa membagikan ulasan di atas ke teman kamu siapa tahu bermanfaat untuk orang disekitarmu, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *