Manfaat Dan Khasiat Buah Sawo Kecik Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Pada ulasan kali ini Agustinnesia akan mengulas mengenai buah sawo kecik, udah pada tahu belum teman-teman apa itu buah sawo kecik? Mungkin sebagian dari kita udah ada yang mengetahuinya namun ada juga yang belum mengetahunya, bagi yang belum mengetahui coba tanyakan pada orang tua atau teman dekat kalian mengenai buah sawo kecik, mungkin ada yang tahu. Nah pada ulasan dibawah ini kita akan mengulas mengenai manfaat yang terkandung di dalam buah sawo kecik yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Setiap wanita tentu ingin memiliki wajah yang cantik, namun dengan cara yang sehat dan alami iya kan?. Nah tidak ada salahnya Anda mencoba mengkonsumsi buah sawo kecik ini, penasaran apa saja manfaat serta khasiatnya yuk simak selengkapnya jangan sampai terlewatkan ya:

Buah Sawo Kecik – image from :goodnewsfromindonesia.id

Buah sawo kecik merupakan buah yang sangat langka di Indonesia. Ciri dari buah ini berwarna orange kecoklatan berasal dari genus manilkara, meskipun sangat langka, buah ini pada saat ini cukup banyak dibudidayakan karena memiliki manfaat yang sangatlah banyak sekali bagi kesehatan. Buah sawo kecik memiliki banyak kandungan yang sangatlah baik untuk kesehatan dan rasanya juga tidak semanis dengan buah sawo biasanya. Dan juga ada rasa sedikit sepat pada buah sawo kecik.

Jika kita berbicara buah sawo kecik ini telah dikenal sebagi buah yang baik untuk penyembuhan tradisonal dibandingkan untuk dikonsumsi setiap hari. Tentu hal ini tidak lepas dari kandungannya yang memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Kandungan yang terdapat pada buah yaitu seperti protein, vitamin, karbohidrat, mineral, zat besi, serat dan kandungan lainnya. Tentu dengan banyaknya nutrisi tersebut dipastikan memiliki banyak manfaat dan khasiat. Lalu apa saja manfaat dan khasiat buah sawo kecik Agustinnesia akan membagikan ulasan lengkapnya dibawah ini:

  1. Menurunkan Kolesterol
  2. Menurunkan tekanan darah
  3. Melancarkan BAB
  4. Meringankan tumor
  5. Mengatasi Diare
  6. Mengatasi anorexia
  7. Menjaga Kesehatan Mata
  8. Menghentikan Masalah Tenggorokan
  9. Menghilangkan bau tidak sedap
  10. Menghaluskan kulit
  11. Mencegah jerawat
  12. Mencegah terjadinya penuaan dini
  13. Melancarkan proses pencernaan
  14. Melindungi kulit dari radikal Bebas
  15. Meredakan sakit akibat gigitan serangga atau hewan beracun.

Manfaat Dan Khasiat Buah Sawo Kecik Lainnya :

Buah sawo kecik memiliki manfaat yang sangatlah baik sekali untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C dan flavonoid yang tinggi pada buah ini bisa mencegah dan menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Jadi tidak heran jika buah sawo kecik juga banyak dicari untuk mengatasi kolesterol karena sangatlah berkhasiat.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan dari buah ini sangatlah baik sekali untuk menurunkan tekanan darah yang ada di dalam buah. Sawo kecik ini bisa menolong Anda dalam menetralisir tekanan darah dan juga bisa untuk meminimalkan terjadinya stroke.

  • Melancarkan BAB

Buah Sawo kecik ini memiliki banyak kandungan serat, kandungan serat ini telah dipercaya memiliki peran yang sangatlah baik untuk proses pencernaan. Dengan kandungan serat ini, maka Anda akan lebih mudah dan lancar pada saat melakukan buang air besar.

  • Meringankan Tumor

Tumor merupakan salah satu hal yang perlu untuk diatasi, karena jika di diamkan penyakit tumor tersebut akan semakin besar. Kandungan dari buah sawo kecik juga memiliki manfaat untuk meringankan tumor dengan cara menghalangi perkembangan dari beberapa sel tumor di dalam tubuh.

  • Mengatasi Diare

Beberapa penelitian yang telah dilakukan di berbagai negara barat membuktikan bahwa manfaat buah sawo kecik ini sangatlah penting untuk menangani gejala dan penyakit diare. Kandungan tannin dan zat anti bakteri di dalam buah ini sangatlah efisein untuk melawan bakteri yang telah disebabkan oleh diare atau disentri.

  • Mengatasi Anorexia

Khasiat buah sawo kecil lainnya juga sangatlah bagus sekali digunakan untuk mengatasi anorexia. Mengatasi hal ini merupakan suatu hal yang dilakukan karena pola diet yang salah. Buah sawo kecik ini digunakan sebagai appetizer atau perangsang dari selera makan untuk pasien anorexia.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Buah sawo kecik sangatlah baik sekali untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang sangatlah tinggi pada buah ini sangatlah baik sekali bagi mata Anda untuk menjaganya agar tetap sehat dan jauh dari penyakit mata silindris, minus ataupun plus.

  • Menghentikan Masalah Tenggorokan

Pada sisis lainnya, bukan buahnya saja yang sangatlah bermanfaat untuk kesehatan. Daun dari pohon sawo kecik ini juga sangatlah baik dan bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan pada tenggorokan Anda.

  • Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Jika Anda memiliki bau yang kurang sedap seperti bau keringat, nafas, dan lainnya Anda dapat mengkonsumsi buah ini agar aroma Anda menjadi lebih wangi. Banyak para putri di Kraton Yogyakarta mengemari buah sawo kecik ini karena bisa membuat aroma menjadi lebih wangi.

  • Menghaluskan Kulit

Buah sawo kecik juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan vitamin E dan nutrisi lainnya yang ada di dalam buah ini sangatlah bermanfaat sekali untuk kesehatan kulit karena bisa menghaluskan kulit, menjadikan kulit lebih lembut dan tampak cerah.




Nah itulah manfaat dan khasiat dari buah sawo kecik teman-teman, jika penasaran cobalah mencari buah sawo kecik ini tanyakan pada orang tua atau teman kalian mungkin ada yang memiliki pohon sawo kecik, karena buah sawo kecik jarang dijual dipasaran karena buah sawo kecik bukan termasuk buah musiman, dan jika buahnya matang dalam 1 pohon hanya beberapa saja yang matang, hal tersebut yang membuat buah sawo kecik ini tergolong buah yang langka. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk teman-teman Agustinnesia, nantikan artikel bermanfaat berikutnya di Agustinnesia.com, kamu juga bisa membagikan ulasan diatas dengan cara klik tombol share dibawah ini, bagikan kepada keluarga atau teman dekatmu, siapa tahu dapat bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, terimakasih.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *