Manfaat dan Khasiat Buah Jeruk Kingkit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Teman-teman Agustinnesia sudah pernah mendengar buah jeruk kingkit? Banyak dari kita tentu sangat jarang mendengar atau mengetahui tanaman dan buah yang satu ini kan? Sebelum kita membagas mengenai manfaat buah jeruk kingkit yang baik untuk kesehatan dan kecantikan ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tanaman jeruk kingkit ini biar kita memiliki wawasan yang lebih lengkap tentunya…




Memang buah jeruk kingkit bukan termasuk jenis jeruk yang sering dikonsumsi seperti jeruk buah pada umumnya, bentuknya juga unik kecil mungil dan memiliki warna merah yang merona, buah jeruk kingkit memiliki nama latin Triphasia trifolia namanya cantik seperti buahnya. Termasuk dalam kerabat dari jeruk (Genus Citrus) diperkirakan jeruk kingkit berasal dari malaysia dan dapat tumbuh subur di Negara-negara beriklim tropis. Dan juga tersebar di pulau-pulau di Samudra Pasifit.

Bentuk tumbuhan berupa semak atau perdu dengan ketinggian hingga mencapai 3 meter. Daunya berbentuk majemuk berjari jari tiga (trifoliata), berwarna hijau tua mengkilap. Mahkota buganya berwarna putih dengan jumlah tiga, kecil (panjang) Buah jeruk kingkit dapat dimakan. Mengandung serat Centini yang menyebut putri keraton menggunakan buah jeruk kingkit untuk merawat kuku.

Tananaman jeruk kingkit juga dikenal diberbagai daerah dengan nama nama yang berbeda apa saja? dikenal dengan nama lain limau kiah, limau kunci (bahasa Melayu) kalijage, kingkip (bahasa Sunda) jeruk kingkit (bahasa Jawa) jeruk rante (bahasa Madura), lemo-lemo (bahada Makassar). Juga sering dijadikan sebagai tanaman bonsai.

Buah jeruk kingkit merupakan buah yang memiliki bentuk sangatlah unik dan biasanya dijadikan sebagai tanaman hias atau sebagai bonsai. Untuk mendapatkan jeruk kingkit ini juga cukup sulit saat ini, selama ini harganya juga cukup mahal dan nilai jualnya cukup tinggi. Dikarenakan buah ini sekarang jarang orang menanamnya hanya sebagian orang saja yang masih menanam dan itupun dijadikan sebagai pagar pekarangan atau hiasan dipakarangan saja.

Jeruk kingkit memiliki berbagai macam kandungan atau senyawa yang memiliki cukup banyak manfaat serta khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan yang terdapat pada buah jeruk kingkit seperti linalool, tripasol, methyul, umbeliferone, coumarins, 2-3 dhyroxybutyloxy. Tentu, dengan kandungan tersebut telah dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut beberapa manfaat dari jeruk kingkit untuk kesehatan & kecantikan:




1. Membantu Mengeluarkan Dahak

Memiliki batuk berdahak memang menjadi salah satu hal yang bisa menganggu kesehatan. Tetapi untuk membantu mengelurakan dahak tersebut, Anda dapat menggunakan jeruk kingkit ini untuk mengatasi hal tersebut. Caranya Ambilah segengam jeruk kingkit yang sudah masak berwarna merah tua dan cuci bersih lalu masukan ke dalam gelas dan tuangkan segelas air panas dan masukan jeruk kingkit pada gelas tersebut. Beriktutnya Anda diamkan kurang lebih 5 – 10 menit, jika Anda ingin menambahkan rasa manis dapat dicampur dengan madu murni (asli) atau dengan menambahkan gula batu secukupnya.

2. Menenagkan Pikiran Yang Berat (Membuat Rileks)

Buah jeruk kingkit juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi pikiran Anda yang sedang berat. Kandungan senyawa yang terdapat di dalam buah ini sangatlah baik sekali untuk merilekskan dan menenangkan pikiran Anda yang sedang berat.

3. Mengatasi Penyakit Kulit

Jika Anda memiliki masalah atau penyakit pada kulit Anda, Anda bisa mengonsumsi buah jeruk kingkit ini untuk mengatasinya. Kandungan senyawa linalool yang sejenis dengan alkohol alami ini bisa mengatasi masalah kulit yang terjadi pada kulit Anda.

4. Bersifat Anti Jamur

Kandungan senyawa yang ada pada buah ini seperti senyawa linalool merupakan senyawa sejenis alkohol alami yang manfaatnya anti-jamur. Tentu jika Anda memiliki jamur pada kulit Anda bisa menggunakan buah ini untuk menghilangkan jamur tersebut. Caranya ambilah beberapa buah jeruk kingkit yang sudah matang berwarna merah lalu keluarkan cairan buah jeruk kingkit dengan cara diremas lalu tempelkan pada kulit secara merata yang memiliki jamur tunggu beberapa saat sampai mengering kira-kira 20 menit sampai 30 menitan lalu bilas menggunakan air bersih, lakukan secara rutin insyallah akan dapat menghilangkan jamur pada kulit Anda.

5. Mengatasi Infeksi Pada Luka

Buah jeruk kingkit ini memiliki kandungan senyawa linalool yang sejenis dengan alkohol dan memiliki sifat antiseptik. Tentu jika Anda memiliki luka sebaiknya anda mengkonsumsi buah ini karena mengingat kandungan dalam buah jeruk kingkit yang bermanfaat untuk mengatasi luka. Atau jika anda mengalami luka akibat paku atau pisau Anda dapat memanfaatkan cairan pada buah jeruk kingkit dengan menempelkan cairan tersebut ke bagian yang luka tunggu beberapa saat sampai mengering, hal tersebut akan menghentikan pendarahan dan menghindarkan luka agar tidak infeksi.

6. Mengobati Diabetes Melitius

Buah jeruk kingkit memiliki kandungan yang sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh. Kandungannya dapat untuk mengobati penyakit seperti diabetes melitius atau kencing manis dengan menurunkan kadar gula yang terdapat pada tubuh. Caranya pun sangatlah mudah, Anda bisa menyiapkan satau gengam daun jeruk kingkit dan juga tuju buahnya. Selanjutnya Anda rebus dengan 4 gelas air dan diamkan hingga tersisa setengahnya. Selanjutnya Anda dapat meminum air rebusan daun jeruk kingkit tersebut 2 kali sehari hingga Anda sembuh dari diabetes atau kencing manis. Masih masing silahkan Anda mengonsumsi 1 gelas setiap kali meminumnya.

7. Mengatasi Sakit Perut

Buah jeruk kingkit juga bisa digunakan untuk mengobati atau mengatasi sakit perut. Kandungan buah ini akan mengobati nyeri pada saat Anda sedang mengalami sakit perut. Caranya hampir sama dengan merebus segengam jeruk kingkit lalu diamkan beberapa saat rebusan air jeruk kingkit lalu diminum untuk meredakan nyeri, pada perut insyallah akan cepat meredakan nyeri atau sakit perut yang sedang Anda alami. Cara tersebut sudah dilakukan oleh orang orang tua sejak dulu dan sudah terbukti ampuh mengatasi nyeri & sakit perut.

8. Menjaga Dan Merawat Kekuatan Kuku

Jika Anda ingin merawat dan menjaga kesehatan kuku Anda, bisa juga untuk mengkonsumsi buah ini untuk menguatkannya. Atau dengan cara meremas jeruk kingkit beberapa buah lalu tempelkan cairan jeruk kingkit pada kuku Anda sampai mengering, bilas dengan air hal tersebut akan membuat kuku Anda tampak cerah dan kandungan nutrisinya akan masuk ke dalam kulit slaput kuku yang dapat menyehatkan kuku Anda.

9. Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti diare, Anda juga bisa menggunakan buah ini untuk mengatasi hal tersebut. Caranya Anda bisa menyiapkan 7 lembar daun jeruk kingkit yang segar, kemudian silahkan rebus dengan setengah gelas air hingga mendidih. Selanjutnya di dinginkan lalu saring air rebusan tadi, Anda dapat meminum air rebusan dengan rutin 3 kali dalam sehari sampai Anda sembuh, untuk masalah penyakit diare, sulit BAB, dan Lambung juga dapat diatasi dengan rebusan air jeruk kingkit tersebut. Insyallah dapat mengatasi masalah pencernaan Anda.

10. Membuat Rambut Berkilau

Buah jeruk kingkit juga baik untuk menjaga kesehatan rambut dan tampak cerah, kandungan vitamin pada buah jeruk kingkit dapat menjadikan kulit kepala mendapatkan nutrisi dari jeruk kingkit, caranya cukup mudah, ambilah beberapa buah saja 7 buah jeruk kingkit matang berwarna merah, lalu peras sampai mengeluarkan cairan bening bercampur serat jeruk kingkit dan dapat Anda jadikan sebagi conditioner alami pijat dan remas secara lembut rambut dan kepala Anda, untuk mendapatkan hasilnya hal tersebut dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu.

11. Membuat Rambut Lebih Kuat

Buah jeruk kingkit juga mengandung vitamin untuk rambut hal tersebut akan menjadikan kulit kepala memiliki nutrisi yang akan menjadikan rambut Anda lebih kuat, caranya hampir sama dengan cara diatas yakni : ambilah beberapa buah saja 7 buah jeruk kingkit matang berwarna merah, lalu peras sampai mengeluarkan cairan bening bercampur serat jeruk kingkit dan dapat Anda jadikan sebagi conditioner alami pijat dan remas secara lembut rambut dan kepala Anda, untuk mendapatkan hasilnya hal tersebut dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu.

12. Mengobati Jerawat

Buah jeruk kingkit memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi hal tersebut baik untuk menutrisi kulit kita, dan membersihkan terutama untuk kulit wajah menghilangkan minyak pada wajah yang berlebihan, minyak pada wajah dan bakteri biasanya dapat memicu jerawat tumbuh subur hal tersebut dapat diatasi dengan buah jeruk kingkit ini, caranya:

  1. Ambil 7 buah jeruk kingkit
  2. Remas sampai air jeruk kingkit keluar
  3. Lalu lulurkan pada wajah dan tunggu sampai mengering
  4. Setelah 30 menitan Anda dapat membersihkan wajah Anda dengan air bersih mengalir lakukanlah secara rutin. Hal tersebut akan dapat menghilangkan minyak dan mengobati jerawat Anda baik yang akan tumbuh dan yang sudah tumbuh dan mengalami peradangan akan pecah jerawat.

13. Menjadi Tanaman Hias Untuk Rumah

Pohon jeruk kingkit memiliki bentuk yang cukup unik dan indah, hal tersebut menjadikan banyak kolektor bonsai dan ibu ibu rumah tangga sebagai salah satu pilihan menjadikan tanaman pohon jeruk kingkit sebagai penghias rumah, harganya juga cukup terjangkau untuk 1 bibit tanaman jeruk kingkit ini. Jika sudah berbuah Anda juga dapat memanfaatkan baik daun maupun buah jeruk kingkit ini untuk kesehatan serta kecantikan. Jadi sambil berkebun kita bisa mendapatkan beberapa manfaat dari tanaman yang satu ini.

Semoga ulasan singkat ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan untuk teman-teman Agustinnesia. Kamu juga boleh berbagi artikel ini ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk keluarga atau teman dekatmu, tunggu artikel bermanfaat lainnya yaaa… di Agustinnesia.com. Terimakasih teman-teman Agustinnesia.

Waalaikumsalam – Teman teman Agustinnesia




Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya : 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *