Manfaat dan Khasiat Buah Coklat Untuk Kesehatan Tubuh

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Coklat, siapa yang tidak menyukai makanan yang satu ini? banyak orang tentu sangat suka dengan coklat, namun taukah Anda jik coklat ini terbuat dari biji buah kokoa? udah pada tahu belum apa itu buah kokoa? mungkin ada yang belum begitu mengetahuinya kan, buah kokoa adalah nama lain dari buah coklat, pohon kokoa dapat tumbuh subur dikilim tropis seperti di negar kita Indonesia, buah kokoa yang belum dolah menjadi coklat memiliki serat daging dan biji pada buahnya, sebelum diolah buah ini harus melalui proses yang panjang untuk dapat diolah menjadi coklat, selain itu buah kokoa juga memiliki banyak kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh kita lo teman-teman, penasaran kan apa saja manfaatnya yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

 

Buah Kakoa / Buah Coklat – image from : pertanianku.com

Buah coklat terkenal dengan olahannya sebagai buah penghasil coklat. Siapa sangka jika buah coklat mengandung gizi yang baik untuk kesehatan. Buah coklat ukurannya cukup besar dengan bentuknya lonjong dan tekstur kulit buahnya kasar berwarna hijau muda jika belum matang, namun jika sudah matang berwarna kuning atau kemerahan. Nama lain dari buah coklat adalah buah kokoa. Buah ini sering dibudidayakan di Indonesia, namun pengolahan menjadi coklat banyak dilakukan di negara-negara Eropa dan negara barat lainnya.

Buah coklat memiliki cukup banyak kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Apa saja kandungan buah ini. Diantaranya yaitu vitamin E, vitamin D, vitamin C, vitaman B2, vitamin B1, dan juga vitamin A. Selain itu, buah coklat juga mengandung mineral, fosfor, tembaga, zinc, zat besi dan magnesium. Dengan semua kandungan tersebut, buah coklat dapat dikategorikan sebagai buah yang menyehatkan. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat buah coklat untuk kesehatan tubuh.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut informasinya.

1, Mencegah Kolesterol

Manfaat buah coklat yang pertama yaitu membuat Anda terhindar dari bahaya penyakit kolesterol. Kolesterol dalam tubuh yang tinggi adalah pemicu dari berbagai macam penyakit. Itulah kenapa Anda disarankan untuk tidak memiliki tubuh yang gemuk akibat banyak kolesterol.

2. Mengatasi Darah Tinggi

Manfaat buah coklat yang selanjutnya yaitu menjadi makanan yang bisa mengatasi darah tinggi ataupun penyakit hipertensi. Buah ini tidak akan mempengaruhi tekanan darah di dalam tubuh Anda, Sehingga aman untuk dikonsumsi.

3. Obat Diabetes

Khasiat dari buah coklat juga bagus untuk dijadikan obat diabetes. Kandungan buah ini cenderung tidak manis dan hanya sedikit mengandung gula alami. Anda menjadikannya sebagai makanan sehari-hari yang tidak berbahaya untuk penderita diabetes.

4. Mengatasi Batuk

Manfaat buah coklat tidak akan membuat batuk Anda menjadi semkin parah. Buah ini bahkan mampu mengatasi penyakit batuk yang menyerang tenggorokan Anda. Rasa buah ini cukup melegakan tenggorokan dan tidak membuatnya menjadi serak.

5. Obat Penyakit Hati

Manfaat buah coklat untuk organ hati Anda adalah menyembuhkan berbagai macam penyakit hati atau liver. Hati merupakan salah satu organ yang berpotensi banyak pemicu penyakit karena organ inilah yang menetralkan racun dalam tubuh kita.

6. Mencegah Penggumpulan Darah

Buah coklat juga bermanfaat sebagai buah yang dijadikan media pencegah penggumpulan darah. Buah ini akan bekerja melancarkan peredaran darah Anda sehingga penyumbatan atau darah yang menggumpul lebih bisa lebih canggih.

7. Pencegah Kanker

Khasiat coklat untuk tubuh yang selanjutnya yaitu menjadi makanan pencegah kanker. Buah ini mampu membantu tubuh untuk menjaga kesehatannya, terutama sel-sel dalam tubuh agar tidak terjadi kerusakan yang bisa menimbulkan kanker.

8. Penangkal Radikal Bebas

Buah coklat bisa dijadikan buah yang berguna untuk menangkal efek buruk dari radikal bebas. Buah ini mengandung cukup banyak nutrisi dan juga gizi yang baik untuk menghilangkan berbagai macam penyakit akibat radikal bebas.




9. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah coklat juga tak kalah penting yaitu membuat jantung Anda lebih sehat. Buah ini akan memberikan nutrisi ke organ jantung Anda. Jantung yang sehat tentunya dapat terhindar dari beberapa penyakit jantung kronis.

10. Mengatasi Kelelahan

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah coklat adalah sumber gizi tubuh untuk melawan berbagai macam pemicu kelelahan. Untuk menjaga stamina tubuh Anda, Anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan teratur setiap hari.

Selain 10 manfaat dan khasiat buah coklat untuk kesehatan, ada 10 manfaat buah coklat lainnya yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya :

  • Mencegah stroke
  • Penurunan berat badan
  • Melindungi tubuh dari sinar matahari
  • Obat diare
  • Meningkatkan kecerdasan otak
  • Menyehatkan mata
  • Anti depresi
  • Mengontrol lemak dalam tubuh
  • Menguatkan tulang
  • Mencegah penuaan dini




Nah itulah beberapa manfaat buah coklat untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal.

Nantikan artikel berikutnya di Agustinnesia.com, kamu juga bisa membagikan ulasan diatas dengan cara klik tombol share dibawah ini, bagikan ke teman-teman terdekatmu siapa tahu dapat bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *