Manfaat Bunga Kol Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Ada yang suka makan sup dengan campuran bunga kol atau kembang kol? Pasti yang suka sup udah pernah kan makan jenis sayuran satu ini, bagi masyarakat Indonesia tentu menjadi salah satu sayuran yang juga banyak digemari, selain karena lezat sayur kol juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan looo enggak percaya yuk simak ulasannya biar enggak penasaran..




Bungan kol atau kembang kol merupakan salah satu sayuran yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sayuran ini termasuk keluarga kubis-kubisan seperti brokoli. Bentuknya juga mirip dengan brokoli dengan bunga-bunga berwarna putih yang tersususn  teratur dan memadat membentuk lingkaran. Pada bagian pangkalnya terdapat susunan daun hijau yang dapat dan tebal. Meskipun umumnya berwarna putih namun ada pula varian bunga kol dengan beberapa warna lain seperti hijau, orange dan ungu.

Tidak hanya bentuknya yang mirip dengan brokoli, bunga kol juga mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh seperti brokoli diantaranya vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B1, B2, B3 dan B6, kalsium, fosfor, mangnesium, mangan, kalium, protein, serat dan asam lemak omega-3. Oleh karena itu konsumsi bunga kol sangat dianjurkan bersama berbagi buah dan sayuran lainnya. Dengan mengonsumsi bunga kol ada banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatnya diantaranya :

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat bunga kol putih sangat baik untuk pertumbuha karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri yang akan menyerang sel-sel tubuh. Tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah jatuh sakit.

2. Anti Peradangan

Manfaat bunga kol putih untuk kesehatan juga didukung oleh kandungan vitamin K yang diketahui dapat melindungi tubuh dari peradangan.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Bunga kol juga mengandung senyawa glucoraphanin yang berguna untuk mengaktifkan fungsi peradangan serta mencegah penumpukan lipid di dalam pembuluh darah. Aliran darah menjadi lancar Anda pun dapat terhindar dari penyakit aterosklerosis.

4. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kandungan beberapa senyawa penting pada bunga kol juga sangat baik untuk mendukung kesehatan jantung sehingga jantung dapat bekerja dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit dan gangguan. Oleh karena itu konsumsi bunga kol sangat dianjurkan disamping makanan sehat lainnya.

5. Menghambat Perkembangan Radikal Bebas

Bunga kol juga mengandung antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas.

6. Mencegah Gangguan perut / pencernaan

Selain itu mengonsumsi bunga kol putih yang kaya akan serat dan mengandung senyawa isothiocyanates juga dapat mencegah dan meminimalisir resiko terkena gangguan perut/pencernaan seperti kanker usus besar dan maag. Jika menginginkan pencernaan yang sehat dan terhindar dari berbagai gangguan maka konsumsi bunga kol merupakan pilihan yang tepat.

7. Membantu Mengatasi Penyakit Respirotory Papillomatosis

Sayuran seperti bunga kol juga sangat dianjurkan bagi penderita respiratory papillomatosis karena dapat membangu mengurangi atau mengatasi dampak buruk penyakit ini. Penyakit ini merupakan penyakit pernafasan yang pengaruh pada pita suara dalam laring, paru-paru, trakea dan saluran pernapasan.

8. Mencegah Kanker

Manfaat bunga kol putih tidak kalah penting adalah dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker sehingga Anda terhindar dari penyakit mematikan ini. Berdasarkan hasil penelitian konsumsi sayuran seperti bunga kol dapat meminimalisir timbulnya berbagai jenis kanker seperti kanker rahim, kanker payudara, kanker paru-paru, dan lain sebagainya.

9. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Konsumsi bunga kol putih juga berpengaruh positif pada kesehatan tulang dan sendi. Kandungan vitamin C dan vitamin K pada sayuran ini dapat melindungi dan mencegah kerusakan tulang dan sendi akibat peradangan. Selain itu juga dapat menjaga massa tulang sehingga tulang tetap kuat dan sehat. Selain konsumsi makanan sehat seperti bunga kol Anda dianjurkan pula untuk rajin berolahraga kaena ada banyak manfaat olahraga bagi tulang.

Itulah beberapa manfaat bunga kol putih atau kembang kol yang sangat baik untuk kesehatan. Meskipun demikian konsumsi bunga kol secara berlebihan juga tidak dianjurkan terutama bagi penderita asam urat. Kandungan purin yang cukup tinggi pada bunga kol dapat memperparah kondisi penderita asam urat. Selain itu bunga kol juga dapat menyebabkan anafilaksis atau reaksi alergi parah pada beberapa orang sehingga sebaiknya segera hentikan konsumsi sayuran kembang kol jika muncul reaksi alergi.

Nah itulah beberapa manfaat bunga kol atau kembang kol yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, konsumsilah sayur-sayuran dan buah-buahan secara rutin untuk karena pada dasarnya setiap sayuran dan buah memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan teman-teman Agustinnesia. Kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman dekatmu, siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, nantikan artikel bermanfaat lainnya di Agustinnesia.com.

Wa’alaikumsalam Teman-teman Agustinnesia.

 


Artikel buah dan sayur lainnya :

Artikel kain lainnya :




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *