Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Teman teman tentu sering mengkonsumsi buah semangka, ya. Buah semangka memang sangat mudah kita dapatkan di pasar trasidonal dan supermarket di Indonesia, tanaman semangka juga tumbuh subur di Indonesia, sebagian masyarakat Indonesia sering menjadikan buah semangka sebagai buah pencuci mulut setelah selesai makan, namun tahukah teman-teman? Jika buah semangka juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita dan juga manfaat yang luar biasa adalah serta berguna untuk menjaga kesehatan kulit, tentu banyak wanita yang menginginkan tampil cantik dan menawan, nah pada ulasan kali ini agustinnesia akan membagikan ulasan tentang buah semangka yang bermanfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan, penasaran? Mending simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Buah  semangka adalah salah satu buah tropis yang menyegarkan dan kaya kandungan air, buahnya yang pada umunya berbentuk bulat ini sangat cocok dinikmati pada musim panas. Buah semangka juga sering kita jumpai di swalayan, tak jarang buah ini di gunakan menjamu tamu sebagai buah cuci mulut di suatu acara pesta. Buah semangka sangat baik untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh. Selain itu buah semangka menyimpan kandungan yang memiliki beragam manfaat.

Buah Semangka – image from : Nikita.id

Kandungan Gizi Buah Semangka

Dalam 152 gr semangka mengandung:

  • 43 kalori
  • 2 gram natrium
  • 11 gram karbohidrat
  • 1 gram serat
  • 17% kandungan vitamin A
  • 21% vitamin C
  • 2% zat besi
  • 1% untuk kalsium hari ini

Dibalik itu buah semangka sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut penjelasannya:

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Mengkonsumsi buah semangka dapat memberikan kontribusi bagi pemeliharaan kesehatan dan Berikut diantaranya:

1. Memelihara kesehatan ginjal

Buah semangka mengandung kalium yang berguna untuk membersihkan zat-zat racun pada ginjal, sehingga membantu kerja ginjal dan buah semangka dapat mengurangi kadar asam urat yang menekan resiko pembentukan batu ginjal.

2. Mencegah sariawan

Memakan buah semangka dapat memberikan konsumsi air dan vitamin yang dapat mengurangi perkembangbiakan bakteri di mulut. Untuk mencegahnya dapat dengan mengkonsumsi semangka dengan buah yang mengandung banyak vitamin C, seperti jambu biji dan jeruk.

3. Mengurangi resiko stroke dan hipertensi

Pada buah semangka terdapat karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi. Kandungan Kalium buah semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan darah. Tentu saja manfaat ini dapat dirasakan jika mengkonsumsi buah semangka dengan rutin. Kalium juga baik untukmenyehatkan jantung sehingga akan terhindar dari penyakit jantung.

4. Anti Inflamasi dan Antioksidan

Buah semangka kaya akan senyawa fenolik seperti flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Kartenoid dalam buah semangka sangat bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan menetralisir radikal bebas. Tritropenoid juga hadir dalam buah semangka, yang memberikan dukungan anti inflamasi dengan menghambat aktivitas enzim yang biasanya menyebabkan peningkatan inflamasi. Pastikan Anda memilih buah semangka yang sudah matang, karena mengandung banyak sejumlah senyawa fenolik yang tinggi.

5. Nyeri Pada Otot

Buah Semangka telah terbukri dapat mengurangi nyeri otot dan meningkatkan waktu pemulihan setelah latihan pada atlet. Para peneliti percaya hal ini mungkin untuk asam amino L-citrulline yang terkandung dalam buah semangka.

6. Menu Diet Alalami dan Sehat Dengan ( Buah Semangka )

Mengkonsumsi buah semangka biasanya hanya dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut, Buah semangka sebagai pencuci mulut tidaklah mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Berikut ini adalah beberapa menu diet sehat dan alami dengan buah Semangka yang dapat Anda coba dirumah:

  • Potong buah Semangka berbentuk dadu dan campurkan beberapa buah es batu dalam blander. Jus buah semangka sangat berperan untuk rehidrasi setelah olahraga atau saat siang hari.
  • Menu salad terkadang dapat juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk diet alami dan sehat menggunakan buah semangka.




7. Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan

Buah semangka juga berguna sebagai perawatan kecantikan, dan berikut ini diantaranya :

8. Buah Semangka Anti Penuaan

Nutrisi pada buah semangka, seperti likopen, vitamin A dan C, mengnangkal radikal bebas yang menyerang kulit. Paparan sinar matahari langsung pada kulit juga dapat menimbulkan kulit kering dan garis-garis halus. Zat antioksidan pada buah semangka membantu timbunan radikal bebas pada tubuh. Konsumsilah buah semangka dengan teratur , untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit Anda.

9. Menjaga Kelembapan Kulit

Jika kulit Anda termasuk dalam jenis kulit kering, buah semangka dapat dijadikan asupan buah terbaik, karena kadar air yang melimpah pada buah ini. Selain memberi kelembapan kulit, mengkonsumsi buah semangka juga dapat menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi. Kandungan seperti ini banyak pada tanaman yang mengandung banyak air.

10. Mengurangi Sebum ( Minyak pada Wajah )

Pori-pori kulit yang besar dapat memicu kelenjar minyak bersekresi berlebihan. Buah semangka dengan kandungan Vitamin A dapat meminimalkan permasalahan minyak di wajah.

11. Meremajakan Kulit

Buah semangka juga dapat dijadikan sebagai masker yang dapat meremajakan kulit kusam. Buah semangka juga sangat baik untuk regenerasi sel-sel kulit yang mati.

Sekarang udah pada tahu kan manfaat dan khasiat buah semangka yang berguna untuk kecantikan dan kesehatan kita, jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah semangka secara rutin setiap hari, namun teman-teman juga harus mengkonsumsinya secara cukup jangan berlebihan karena akan menyebabkan perut kembung dan mulas bila kebanyakan memakan buah semanka. Setiap pola makan yang berlebihan tentu akan berefek pada tubuh kita.




Semoga ulasan tentang manfaat buah semanga diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk teman-teman agustinnesia, tunggu artikel bermanfaat berikutnya di agustinnesia.com, kamu juga bisa membagikan ulasan ini dengan cara klik tombol share – bagikan kepada keluarga dan temanmu siapa tahu juga bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *