Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman agustinnesia

Buah Salak merupakan salah satu buah yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Buah salak memiliki berbagaimacam rasa seperti manis, asam dan sepat, pada varitas tertentu salak memiliki rasa mania dan juga sepat pada jenis lainnya. Buah salak juga banyak digemari oleh banyak orang. Buah salak sering dikonsumsi hanya sebagian salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah salah memiliki nutrisi yang cukup baik bagi kesehatan jika sering dikonsumsi pada ulasan kali ini agustinnesia akan mengulas tentang kandungan nutrisi buah salak dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, penasaran kan apa saja manfaatnya, yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

Buah Salak – image from : salakmadu.com

1. Pengobatan Mata

Menurut penelitian oleh ahli kesehatan, buah salah terdiri dari beta-karoten yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Bagi sapa saja yang ingin menjaga kesehatan mata, dan mungkin ingin mencoba buah lain selain wortel, buah salak dapat menjadi pilihan lain untuk menjaga kesehatan mata kita.

2. Obat Diare

Setiap mengalami diare, Anda tidak harus terburu-buru untuk meminum obat. Tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan atau pencegahan penyakit diare secara alami. Dengan mengkonsumsi buah salah segar yang masih muda dapat membantu untuk menghilangkan dan mencegah penyakit diare.

3. Program Diet

Buah salak sangat baik untuk membantu program diet, itu karena buah salak terdiri dari nutrisi dan juga fitonutrien yang mungkin dapat membantu rutinitas diat sehat. Selain itu, dalam buah salah juga terdiri dari vitamin C, tanin dan juga serat. Serat dapat memlancarkan pencernaan dan memberi rasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, hal tersebut tentu akan berpengaruh pada pola makan kita agar tidak berlebihan yang menjadikan tubuh kita semakin gemuk.

4. Baik Untuk Kesehatan Otak

Buah salah juga diakui sebagai salah satu dari beberapa buah yang sangat kaya akan Kalium dan juga Pektin, yang bermanfaat bagi kesehatan otak. Ini adalah alasan banyak orang menyebut buah salak sebagai buah yang baik untuk otak.

5. Baik Untuk Perut

Buah salak terdiri dari saponin, beta karoten, tanin, flavonoid, dan kalsium itulah alasan mengapa buah salah memiliki manfaat untuk kesehatan pada sistem tubuh. Tannin sebenarnya adalah zat anti diare, oleh karena itu buah salak dapat membuat perut longgar, sehingga cukup baik juga untuk pencernaan perut. Tips terbaik adalah mengkonsumsi buah salah beserta kulit ari tipisnya, yang bisa menghindarkan perut kita dari sembelit.

6. Menjaga Stamina

Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata dan biasanya disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A.

7. Baik Untuk Ibu Hamil

Buah Salak juga merupakan buah yang sangat cocok dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, wanita hamil harus memakan jenis makanan yang baik untuk kesehatan dirinya dan calon bayinya. Sehingga makanan yang sehat menjadi prioritas utama. Buah salak baik untuk ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. Rasa mual yang mungkin sering kali muncul dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi buah Salak. Namun jangan berlebihan memakannya, dan juga harus diseimbangi dengan makanan yang kaya akan protein seperti kacang-kacangan.

Manfaat Buah Kelapa, dan Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh

35 Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Kompenen Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh




8. Karbohidrat

Karbohidrat ini merupakan sumber energy utama yang disesiakan melalui konsumsi makanan sehari-hari. Dalam bahan pangan fungsi dari karbohidrat memberi rasa, aroma, warna dan tekstur. Misalnya rasa mania buah pisang setelah buah menjadi tua, warna coklat daging buahnya jika terkena udara dan dimasak ( salak, apel, dan anggur). Karbohidrat yang terdapat tiga bentuk yaitu monosakarida, disakarida dan polisakarida.

9. Protein

Protein merupakan zat gizi yang penting untuk pembentukan jaringan tubuh serta pengatur metabolisme. Protein dalam bahan pangan disebut protein essensial karena tidak dapat dibentuk oleh tubuh manusia dan dapat berasal dari pangan hewani maupun nabati. Ada sekitar 10 jenis protein essensial yang harus diperoleh dari bahan pangan. Dalam proses pengolahan makanan, protein akan mengalami kerusakan akibat panas dan goncangan reaksi kimia dengan asam atau basa kuat.

10. Lemak

Taukah kamu, lemak merupakan senyawa organik penting karena merupakan bahan pelarut vitamin A,D,E dan K dan persenyawaan antara asam lemak dan gliserol serta ditemukan pada bahan pangan hewani dan nabati yang juga merupakan sumber protein. Oleh karena itu dalam buah dan sayuran hapir tidak ada lemak.

11. Vitamin

Pada umumnya bahan pangan sumber vitamin adalah buah dan sayur yang memiliki sifat mudah rusak oleh panas, pelarut asam, alkohol dan basa. Oleh sebab itu pengolahan buah dan sayur perlu memperhatikan suhu pemanasan dan cara pengemasan. Vitamin sendiri dikelompokan menjadi 2 yaitu, larut air dan larut lemak.

Olahan  Buah Salak

Tahukah kamu? Bahwa ternyata daging buah salak dapat dijadikan olahan berupa makan dan minuman seperti:

  • Asinan salak
  • Keripik salak
  • Dodol salak
  • Sirup salak
  • Kurma salak
  • Makanan kalengan
  • Kopi biji salak

Kopi biji salak berkhasiat sebagai obat hipertensi dan asam urat.

Kandungan Biji Salak

  • Air 54.84%
  • Lemak 0.48%
  • Protein 4.22 %
  • Karbohidrat 38.9%
  • Polifenol 0.176 (mg/100g)
  • Antioksida 0.4596

Manfaat Antioksidan Untuk Kebutuhan Tubuh Setiap Hari

Polifenol

  • Polifenol
  • Alfatokeferol
  • Asam fenolat

Bioflavonoid

  • Bioflavonoid 100g
  • Flavonoid 23 mg
  • Flavonoid 23 mg

Vitamin C

  • Asam Askorbat 75 mg (perempuan)

Vitamin E

  • Tokoferol 90 mg (laki-laki)

Karotenoid

  • Betakaroten 30 IUS
  • Alfakaroten 50 mg
  • Epigalatekin 30-50 mg

Katekin

  • Transreverantrol 20-50 mg

Asam Folat 400 mg

Di Indonesia banyak wilayah yang menghasilkan buah salak yang terkenal, seperti salak pondoh dari Sleman Yogyakarta. Buah salak memiliki kulit buah yang unik, seperti sisik ular dan buah salak juga sering disebut dengan snake fruit. Karena buahnya dihasilkan musiman, saat ini produksinya menghasilkan buah yang melimpah. Maka dari itu banyak masyarakat sleman membuat berbagai macam olahan dari buah salak, selain dijual buah nya salah juga bisa dibuat untuk selai salak, dodol salak, bahkan campuran isi dari bakpia salak.




Sekarang udah pada tahu kan manfaat dari buah salak yang baik dan cukup bagus untuk menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai macam keluhan penyakit, jika ingin mengkonsumsi buah salak yang masih segar Anda bisa berkunjung ke daerah turi di Sleman Yogyakarta, Anda akan menjumpai tanaman salak di sepanjang jalan di daerah Turi sleman. Semoga ulasan mengenai buah salak dan manfaatnya bisa bermanfaat untuk teman-teman agustinnesia, nantikan artikel-artikel lainya di agustinnesia.com. Kamu juga bisa membagikan artikel ini ke teman kalian degan cara klik tombol share dibawah ini, siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *