Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Assalamualaikum – Teman teman agustinnesia

Manfaat buah pisang sudah tidak di ragukan lagi, ini sebabnya pohon pisang menjadi salah satu tanaman yang menjadi primadona bagi mayarakat petani di Indonesia. Hampir semua plosok daerah di Indonesia, terdapat berbagai macam buah pisang. Bahkan disetiap kebun-kebun terdapat setidaknya ada 1 buah pohon pisang. Buah pisang ini memang multi guna, berbagai jenis makanan menggunakan buah pisang sebagai bahan dasarnya atau pendampingnya.

Buah Pisang – image from : hsph.harvard.edu

Kandungan Gizi Buah Pisang

Buah pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia untuk alasan yang baik. Buah kuning yang memiliki banyak sekali gizi yang terkandung di dalam daging buahnya.

Manfaat kesehatan yang diperoleh dari mengkonsumsi buah pisang termasuk menurunkan resiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Rincian gizi buah pisang sedang dengan berat 126 gram. Mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, buah pisang menyediakan berbagai vitamin dan mineral.

  • Vitamin B6 – 0,5 mg
  • Mangan 0,3 mg
  • Vitamin C 9 mg
  • Kalium 450 mg
  • Serat 3gram
  • Protein 1 g
  • Magnesium 34 mg
  • Folat 25.0 mcg
  • Riboflavin 0,1 mg
  • Niacin 0,8 mg
  • Vitamin A 81 IU
  • Besi 0,3 mg

Asupan buah pisang yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 4700 miligram per hari.

Manfaat Buah Pisang

  1. Buah pisang adalah satu dari sekian buah tropis yang memiliki kalori yang tinggi. 100gram daging buah pisang mengandung 90 kalori. Selain itu, buah pisang juga mengandung serat kesehatan yang menguntungkan, anti-oksidan, mineral, dan vitamin.
  2. Buah pisang terdiri dari daging lembut dan mudah dicerna yang terdiri dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa sehingga pada saat konsumsi langsung mengisi energy dan merevitalisasi tubuh. Jadi, untuk kualitas ini, ini adalah salah satu makanan suplemen yang direkomendasikan termasuk dalam rencana perawatan untuk anak-anak kurang gizi.
  3. Buah pisang memiliki sejumlah serat makanan yang larut (7% DRA per 100gram) yang membantu dalam buang air besar secara teratur; sehigga mengurangi masalah sembelit.
  4. Buah Pisang mengandung kesehatan yang memperkenalkan antioksidan poli-fenolik flavonoid seperti leutin, zeaxanthin, alfa, dan beta-karoten; meskipun, dalam jumlah kecil. Bersama-sama, senyawa ini membantu bertindak sebagai pelindung terhadap radikal bebas yang diturunkan dari oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.
  5. Buah Pisang adalah sumber vitamin B6 yang baik (pyridoxine); menyediakan sekitar 28% tunjangan harian yang direkomendasikan. Pyridoxine adalah vitamin B kompleks yang penting yang memiliki peran menguntungkan dalam pengobatan neuritis, dan anemia. Selanjutnya, ini membantu menurunkan homosistein (salah satu faktor pemicu penyakit arteri coroner (PJK) dan stroke di dalam tubuh manusia.
  6. Buah pisang juga merupakan sumber ideal vitamin C sekitar 8,7 mg per 100g. Konsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksius dan mengais radikal bebas oksigen berbahaya.
  7. Buah pisang segar memberikan kadar mineral yang memadai seperti tembaga, magnesium, dan mangan. Magnesium sangat penting untuk penguatan tulang dan memiliki peran sebagai pelindung jantung juga. Mangan dimanfaatkan sebagai co-factor untuk enzim antioksidan, superoxide dismutase. Tembaga merupakan elemen penting dalam produksi sel darah merah.
  8. Buah pisang segar adalah sumber potassium yang sangat kaya. 100g buah memberikan 358 mg potassium. Kalium merupakan komponen penting cairan sel dan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, melawan efek berbahaya sodium.

Manfaat Pisang Sangat Baik Untuk Kesehatan

Menambahkan buah pisang ke dalam menu diet harian, memiliki berbagi manfaat dalam tubuh. Buah pisang membantu tubuh mencapai tujuan penurunan berat, menjaga perut tetap sehat, memberikan nutrisi yang mengatur irama jantung dan memiliki senyawa vitamin untuk kesehatan mata.

1. Melancarkan Peredaran Darah

Buah pisang memiliki kandungan potassium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium membantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.

2. Membantu Pencernaan pada Usus

Serat yang terkandung dalam buah pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup teman-teman mengkonsumsi buah pisang. Mencampur buah pisang dengan segelas susu, membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seperti terjadi gejala kanker usus besar. Buah pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercaya dengan vitamin C buah pisang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buah pisang membantu menjaga kesehatan mata. Buah pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk melindungi mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya dan kornea. Asupan vitamin A cukup juga mengurangi resiko kebutuhan dan sangat penting untuk pengelihatan sehari-hari.

Wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram satu buah pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Buah pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.

4. Menormalkan Fungsi Jantung

Mengkonsumsi buah pisang setelah sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Buah pisang yang kaya akan mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.

Proses ini terus mengalir ke seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.

Manfaat Buah Pisang Untuk Pengobatan

Kandungan buah pisang yang kaya akan nutrisi ini, juga memberikan manfaat sebagai media pengobatan seperti berikut ini:

5. Anemia

Kandungan FE ( Zat besi ) menjadikan buah ini baik dikonsumsi untuk penderita kekurangan darah. Konsumsi 2 buah pisang perhari.

6. Asma

Sebuah studi yang dilakukan oleh Imperal College London menemukan bahwa anak-anak yang makan hanya satu buah pisang per hari memiliki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami asma.

7. Liver

Buah pisang yang dicampur dengan madu, memberikan stimulant untuk nafsu makan bagi penderita lever.

8. Diabetes

Penelitian telah menunjukan bahwa diabetes tipe 1, yang mengkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu buah pisang dengan ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat.

9. Diare

Jenis makanan seperti salad buah pisang dan apel, direkomendasikan untuk perawatan diare. Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar selama masa diare, sehingga dapat membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah.




Manfaat Lain Buah Pisang

  1. Buah pisang adalah salah satu buah tropis berkalori tinggi. 100gram dagingnya mengandung 90 kalori. Selain itu, ini mengandung serat kesehatan yang menguntungkan, anti-oksidan, mineral, dan vitamin.
  2. Buah pisang terdiri dari daging lembut dan mudah dicerna yang terdiri dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa sehingga pada saat konsumsi langsung mengisi energy dan merevitalisasi tubuh. Jadi untuk kualitas ini, ini adalah salah satu gigitan cepat favorit di kalangan atlet untuk mendapatkan energy instan. Ini juga merupakan salah satu makanan suplemen yang direkomendasikan termasuk dalam rencana perawatan untuk anak-anak kurang gizi.
  3. Buah pisang memiliki jumlah serat makanan yang larut (7% DRA per 100gram) yang membantu dalam buag air besar secara teratur; sehingga mengurangi masalah sembelit.
  4. Pisang mengandung kesehatan yang memperkenalkan antioksidan poli-fenolik flavonoid seperti leutin, zeaxnthin, alfa, dan beta-karoten; meskipun, dalam jumlah kecil. Bersama-sama, senyawa ini membantu bertindak sebagai pengais pelindung terhadap radikal bebas yang diturunkan dari oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.
  5. Buah pisang adalah sumber vitamin B6 yang baik (pyridoxine); menyediakan sekitar 28% tunjangan harian yang direkomendasikan. Pyridozine adalah vitamin B kompleks yang penting yang memiliki peran menguntungkan dalam pengobatan neuritis, dan anemia. Selanjutnya, buah pisang membantu menurunkan homosistein (salah satu faktor pemicu penyakit arti coroner (PJK) dan episode stroke di dalam tubuh manusia.
  6. Buah pisang juga menurunkan sumber ideal vitamin C (sekitar 8,7 mg per 100g). Mengkonsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksius dan mengkumpulkan radikal bebas oksigen berbahaya.
  7. Buah pisang segar memberikan memberikan kadar mineral yang memadai seperti tembaga, magnesium, dan mangan. Magnesium seperti tulang seperti penguatan tulang dan memiliki peran pelindung jantung juga. Mangan dimanfaatkan sebagai co-faktor untuk enzim antioksidan, superoxide Tembaga merupakan elemen penting dalam produksi sel darah merah.
  8. Buah pisang segar adalah potassium yang sangat kaya. 100g buah memberikan 358 mg potassium. Kalium merupakan komponen penting cairan sel dan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, melawan efek berbahaya sodium.




Manfaat Buah Pisang yang Mampu Menyehatkan Otak

Buah pisang juga dapat menyehatkan otak dengan cara campurkan potongan buah pisang pada sereal, memberikan sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas. Sebuah penelitian yang diikuti 200 pelajar, membuktikan bahwa konsentrasi belajar mereka meningkat sejak menjadikan menu pisang pada sarapan. Kandungan kalium pada pisang, memberikan stimulan pada otak. Pada bayi yang baru memulai memakan makanan padat, buah pisang menjadi pilihan yang baik karena bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.

Manfaat Buah Pisang Bagi Ibu Hamil

Seorang ibu hamil memerlukan konsumsi yang baik untuk dirinya dan janin yang dikandung. Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori terkandung balam buah pisang, hal penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin. Selain itu buah pisang dapat mengurangi sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada wanita hamil.

Nah sekarang udah pada tahu kan manfaat buah pisang yang baik untuk kesehatan tubuh kita dan cocok untuk wanita hamil, semoga ulasan diatas memberikan manfaat bagi teman-teman, kamu juga bisa membagikan ulasan diatas dengan cara klik tombol share, bagikan kepada keluarga atau teman dekatmu, siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, nantikan artikel bermanfaat berikutnya di agustinnesia.com/blog terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *