Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Assalamualaikum – Teman teman agustinnesia

Saat akan memperingati ulang tahun kemerdekaan Negara Indonesia yang tepat pada tanggal 17 Agustus masyarakat Indonesia di berbagai daerah sering mengadakan berbagai acara acara seperti lomba panjat pinang, panjat pinang adalah salah satu kegiatan perlombaan yang sering ada pada saat akan memperingati HUT RI, namun taukah jika pohon pinang yang digunakan untuk perlombaan panjat pinang memiliki buah yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh? Pasti ada yang belum tahu kan?. Pada ulasan kali ini agustinnesia akan membagikan ulasan mengenai manfaat buah pinang, penasaran kanan apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

Secara sekilas pohon pinang memiliki bentuk yang sama dengan pohon kelapa namun bila diperhatikan dengan seksama terlihat berbeda. Buah pinang adalah sebuah tumbuhan jenis plama, mempunyai batang yang tinggi hingga dapat mencapai ketinggian 25 meter batangnya berbentuk langsing dan lurus ke atas. Daunnya berada diatas pangkal batang mirip dengan pohon kelapa namun menjadi beda tangkai daunnya lebih pendek daripada kelapa dan memiliki daun yang berbeda dari kelapa tentunya. Selain itu pohon ini juga mempunyai buah. Buah pinang tumbuh mirip dengan kelapa buah ini akan muncul di atas pohon dengan akar mirip dengan buah kelapa namun ukuran buah pinang lebih kecil daripada buah kelapa. Pohon pinang dapat tumbuh subur di wilayah beriklim tropis.

Pohon Buah Pinang – image from : wikipedia.com

Pohon pinang juga sering digunakan oleh masyarkat di Indonesia untuk perlombaan saat akan merayakan ulang tahun kemerdekaan Indonesia, bisanya masyarkat mengambil batang pohn untuk dijadikan sarana untuk lomba yaitu panjang pinang. Perlombaan panjat pinang menggunakan batang pohon pinang yang dilumuri oleh oli dan kemudian orang-orang berupaya untuk memanjat pinang yang licin tersebut untuk mengambil hadiah diatas puncak batang tersebut. Selain itu buah pinang sendiri adalah sebagi salah satu bahan untuk membuat sirih, manfaat ini sudah dikenal sejak dulu kala oleh nenek moyang kita. Melihat fungsi-fungsinya tersebut apakah pinang punya manfaat bagi kesehatan tentu ada karena di dalam buah pinang terdapat senyawa yang bernama arecaidine, arecolidine, guvacoline, guracine dan lainnya berikut adalah berbagai manfaat buah pinang:

Manfaat Buah Pinang Untuk Manusia

1. Mengatasi Mulut Kering

Orang yang menyirih biasanya mulutnya tidak kering hal ini disebabkan oleh kinerja buah pinang yang membuat kelenjar ludah menjadi keluar terus menerus. Ludah ini akan mencegah orang tersedang penyakit seperti disentri atau sindrom sjorgen.

2. Menguatkan Gigi dan Gusi

Iris beberapa buah pinang kemudian kunyah irisan tersebut hal tersebut dapat menguatkan gigi dan gusi.

3. Obat Cacing

Siapkan seperempat buah pinang, temulawak berukuran setengah jari, kunyit setengah jari. Semua bahan ditumbuk lalu diperas disaring untuk mendapatkan airnya kemudian diminum. Kandungan air minuman ini dapat mengatasi penyakit cacingan. Hal ini digunakan pula oleh peternakan ayam agar ayam-ayam peternak tidak cacingan dan dapat mempertahankan produksi telur karena bebas dari cacingan.

4. Mengobati Kulit yang Luka

Ambilah daging buah pinang yang masih muda kemudian tumbuk hingga halus, tempelkan hasil tumbukan ini ke kulit yang terluka. Lakukan secara bertahap dan continue luka tersebut akan cepat sembuh.

5. Rabun Mata

Kunyah daging buah pohon pinang dan telan airnya hal tersebut dapat mengatasi rabun pada mata.

6. Mengencangkan Vagina

Menurut Dian Gantini seorang herbalis mengatakan bahwa buah yang memiliki rasa sepat agak asam ini dikatakan jika sangat baik untuk pemulihan vagina pasca proses melahirkan. Cara untuk mengkonsumsinya juga termasuk mudah dengan cara memasak buah pinang kemudian menyaring airnya dan kemudian di minum secara rutin setelah proses melahirkan.




Efek Samping Mengkonsumsi Buah Pinang

Namun perlu kita ingat mengkonsumsi buah pinang harus segera di hentikan jika penyakit yang di derita sudah sembuh. Karena dipercaya buah ini mempunyai racun di dalamnya. Konsumsi yang berlebihan akan berbahaya pada tubuh di percaya kandungan tersebut dapat membuat manusia mengidap kanker. Selain hal itu kegiatan nyirih yang menggunakan buah pinang di dalamnya jika berlebihan akan menimbulkan anemia terhadap penggunaanya. Oleh karena itu kegiatan nyirih harus dijauhi oleh wanita yang sedang hamil. Selain itu efek sampingnya antara lain memperburuk kondisi orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau rendah dan membuat detak jantung tidak beraturan. Kandungan arekaina dan arkolina inilah yang membuat buah pinang tidak berarutan. Kandungan arekaina dan arekolina inilah yang membuat buah pinang mempunyai racun di dalamnya dan kedua senyawa ini sangat adiktif. Oleh karena itu penyakit yang di idap jika sudah hilang. Berhentilah mengkonsumsi buah pinang tersebut.

Negara Indonesia sebagi Negara yang termasuk memiliki pohon pinang banyak menjadikan pohon ini di sebagai salah satu bahan ekspor di berbagai Negara seperti di India, Pakistan, Bangladesh dan Nepal. Buah pinang yang di ekspor tersebut biasanya dalam kondisi sudah dikeringkan dan berbentuk biji yang utuh ataupun buah pinang kering yang sudah di belah.




Di dalam negeri sendiri buah pinang juga di oleh sebagai bahan dasar pembuatan makanan ringan semacam permen. Buah pinang jika masak berwarna kemerahan atau kuning, warna hijau buah pinang berarti menandakan buah pinang belum masak. Bentuk buahnya sendiri oval seperti telur atau kelapa tapi berukuran kecil. Selain di Indonesia aktivitas ekspor juga dilakukan untuk oleh beberapa Negara seperti Malaysia, Thaland yang juga menjual ke Negara lain.

Selain menjadi obat pohon pinang sendiri di tanam untuk dijadikan pohon penghias. Tentu pohon hias denga ukuran yang besar biasanya di tanam secara sejajar lurus.

Sekarang udah pada tahukan kalau buah binang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan alami dengan buah pinang untuk mendapatkan efek manfaat buah ini. Semoga ulasan mengenai buah pinang dapat bermanfaat untuk teman-teman agustinnesia. Tunggu artikel bermanfaat berikutnya di agustinnesia.com, kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke teman kamu sista dengan cara klik tombol share dibawah artikel, bagikan kepada temanmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu juga, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *