Manfaat Buah Petai Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Buah petai di kenal juga sebagai parkia speciosa yang dalam bahasa jawa di sebut pete. Pete memiliki bentuk  biji pipih dan panjang serta bulat seperti almond. Petai memiliki bau yang sangat istimewa dan khas tentunya. Sebagian orang menyukai bau nya namun sebagian orang juga tidak menyukai baunya. Cara mengkonsumsi pete pun beragam, ada yang di makan mentah untuk lalapan, ada yang di goreng, di bakar atau di acar. Di Indonesia sendiri pete biasanya di buat masakan seperti balado, campuran nasi goreng, dan pendamping lalapan.

Pete




Pete memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Yaitu sebagai berikut:

Nutrisi Yang Terdapat di Dalam Pete

  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Serat mentah
  • Energi
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Kalium
  • Fosfor
  • Mangan
  • Magnesium
  • Tembaga
  • Zinc
  • Vitamin
  • Thiamine
  • a-tokoferol

Di balik nutrisi pete yang melimpah tentu terdapat manfaat yang luar biasa di dalamnya. Berikut manfaat pete untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam pete merupakan yang paling tinggi di antara tumbuh-tumbuhan. Antioksidan akan membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Seperti kanker diabetes, dan aterosklerosis. Radikal bebas dapat di sebabkan oleh polusi udara.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Pete mengandung beta-sitosterol dan stigmasterol. Kandungan ini dapat menurunkan kadar gula darah.

3. Anti Bakteri

Ekstrak biji pete mengandung hexathionine dan trithiolane yang memiliki kemampuan anti bakteri. Ekstrak biji pete paling efektif melawan golongan bakteri Gram-negatif.

4. Mengatasi Depresi

Menurut survei yang di lakukan oleh MIND, di antara pasien yang menderita depresi, banyak dari mereka yang merasa lebih baik setelah mengkonsumsi pete.

Hal ini terjad karena pete mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Hal ini yang akan membuat rileks, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

5. Mengatasi Anemia

Pete mengandung zat besi yang tinggi. Kandungan zat besi yang tinggi akan membantu menstimulasi produksi sel darah merah sehingga membantu mengatasi anemia.

6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Pete sangat baik untuk mengatasi tekanan darah. Menurut riset diterbitkan di  The New England Journal of Medicine, memasukkan pete dalam makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%. Hal ini karena pete memiliki kandungan kalium yang tinggi.

7. Meningkatkan Kemampuan Otak

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 200 siswa di Twickenham dapat dengan mudah mengerjakan soal ujian setelah mengkonsumsi pete. Dalam sehari siswa mengkonsumsi pete sebanyak tiga kali.

8. Mengatai Sembelit

Jika Anda sedang sembelit maka cobalah untuk mengkonsumsi pete. Pete mengandung serat yang tinggi, konsumsi pete agar terhindar dari obat-obatan.

9. Mengatasi Mabuk

Salah satu cara paling cepat untuk mengatasi mabuk adalah dengan milkshake pete yang diberi tambahan madu. Kandungan pete akan membantu menenangkan perut dan aromanya membangunkan dari mabuk, sementara madu akan meningkatkan kadar gula yang turun, dan susu akan menengangkan juga memperbaiki kadar cairan  dalam tubuh.

10. Mengatasi Begah dan Muntah

Pete dapat mengatasi rasa panas di dada yang diakibatkan karena terlalu banyak makan. Hal ini dapat terjadi karena pete memiliki efek antasid pada tubuh. Selain itu pete juga untuk menghindari muntah.

11. Menjaga Sistem Saraf

Pete mengandung vitamin B dalam jumlah besar. Dengan kandungan vitamin B tersebut pete dapat menjaga sistem saraf.

12. Mengatasi Luka Lambung

Pete di percaya dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

13. Sumber Energi

Pete mengandung gula alami. Gula alami tersebut ialah sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasi dengan serat. Kombinasi ini dapat membuat tubuh anda lebih bertenaga. Sebuah riset membuktikan manfaat pete di mana dua porsi pete mampu membuat seseorang melakukan aktivitas berat selama 90 menit.

14. Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Dengan mengkonsumsi pete dapat membantu tubuh mengatasi kecanduan nikotin. Khasiat pete yang jarang di sadari ialah dapat membantu seseorang yang ingin berhenti merokok.

Selain memiliki banyak manfaat pete juga dapat menimbulkan efek samping jika di konsumsi berlebihan.

Berikut efek samping mengkonsumsi pete:

  1. Bau mulut
  2. Menimbulkan gangguan ginjal

Hal ini karena pete mengandung asam amino yang tinggi. Asam amino yang tinggi dapat menyebabkan gangguan pada ginjal.

  1. Meningkatkan Kadar Asam Urat

hal ini di sebabkan kandungan purin dari pete yang tinggi. Kadar asam urat tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan rasa sakit yang berlebihan pada bagian persendian.

  1. Menyebabkan rematik

Nah itulah beberapa manfaat dari pete yang dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi pete secara rutin setiap hari untuk mendapatkan efek manfaat yang baik dari pete.

Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan teman-teman, kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau saudara kamu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, tunggu artikel bermanfaat lainnya di Agustinnesia.com.

Waalaikumsalam – Teman teman Agustinnesia




Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya : 

  1. Mengenal Kain Balotelly, Karakteristik dan Keungulan Kain Balotelly
  2. Mengenal Jenis – Jenis Kain Hyget dan Karakteristik Kain Hyget
  3. Mengenal Kain Voile, Kelebihan Kain Voile, Jenis-Jenis Kain Voile dan Cara Perawatan Kain Voile
  4. Mengenal Kain Hycon, Karakteristik Kain Hycon, Dan Kelebihan Kain Hycon
  5. Inilah Beberapa Jenis Jenis Kain Sifon yang Cocok Untuk Bahan Jilbab
  6. Bahan Kain Spandek, Sejarah Kain Spandek, Jenis Jenis Kain Spandek dan Juga Kelebihan Serta Kekurangan  dari Kain Spandek
  7. Inilah Beberapa Jenis Jenis Kain Katun, Karakteristik Kain Katun, dan Cara Merawat Pakaian dari Bahan Katun
  8. Mengenal Kain Rayon Karakteristik Kain Rayon dan Jenis-Jenis Kain Rayon
  9. Bahan Kain Jersey dan Jenis – Jenis Kain Jersey
  10. Mengenal Kain Rajut, Kelebihan Kain Rajut Dan Jenis-Jenis Kain Rajut




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *