Manfaat Buah Merah Papua Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Siapa yang udah pernah mendengar nama buah merah? Mungkin banyak dari sebagian kita belum banyak yang begitu mengetahui mengenai buah merah, karena buah merah tidak seperti pada umumnya seperti buah jeruk atau semangka.

Buah merah memang sangat terkanal di Daerah Papua, banyak masyarakat Papua memanfaatkan buah merah untuk berbagai hal mengenai kesehatan namun mama-mama orang Papua juga ada yang memanfaatkan buah merah untuk kecantikan terutama untuk kulit, Yuk kita simak ulasan selengkapnya mengenai manfaat dari buah merah untuk kesehatan dan kecantikan:

Buah Merah



Buah Merah Papua adalah salah satu jenis buah yang dikategorikan ke dalam keluarga pandan (famili: pandanaceae) dan mempunyai nama latain yaitu Pandanus Conoideus. Buah merah yang lebih terkenal oleh masyarakat Papua dengan nama kuansu ini memiliki ukuran dan buah yang sangat besar. Pohon buah merah tadi bisa mencapai tinggi sekitar 16 meter.

Nama buah merah diambil dari namanya dikarenakan warna dari buah ini ketika sudah matang menjadi warna merah merun terang. Namun ditemukan juga satu dari dua varian lainnya yang memiliki warna coklat atau coklat agak kekuningan.

Apakah teman-teman pernah mendengar mengenai buah merah? Buah yang satu ini dapat ditemukan di tanah Papua. Orang Papua sendiri menyebut buah ini dengan nama Kuan Hsu dan sering disebut dengan kebijakan. Alasannya karena memang buah ini kaya akan manfaat. Buah merah mampu menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk penyakit serius. Ingin tahu apa saja manfaat buah merah yang bisa kita dapatkan?.

1. Manfaat Buah Merah Dari Papua

Buah merah kaya akan nutrisi, sehingga dapat menawarkan berbagai manfaat untuk Anda. Buah ini kaya sekali akan antioksidan dan juga asam lemak (omega-3 dan omega-9). Kedua senyawa ini mampu membantu tubuh Anda dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah merah :

2. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan tinggi dalam buah merah dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Di mana, radikal bebas merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan kanker. Kandungan tokoferol dalam buah merah sangat tinggi, mencapai 11000 ppm, juga kandung karoten sebesar 700ppm. Keduanya meruapakan jenis antioksidan yang dapat memperkuat kekebalan tubuh dalam melawan radikal bebas. Antioksidan ini bekerja dengan cara memperlancar aliran darah dan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga mencegah produksi sel kanker.

3. Mencegah Diabetes

Diabetes juga dapat dicegah atau disembuhkan dengan bantuan merah. Kandungan tokoferol dalam buah merah dapat membantu tubuh Anda mengontrol kadar gula darah. Tokoferol dapat membantu meningkatkan kerja pankreas, sehingga penggunaan hormon insulin untuk mengubah gula menjadi energi menjadi lebih efektif. Dengan begitu, resiko Anda mengalami diabetes mungkin berkurang.

4. Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Penyakit lain yang terkait

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah merah memberikan manfaat pada Anda dalam mencegah darah tinggi. Tokoferol dalam buah merah dapat membantu tubuh mengencarkan darah dan memperlancar sirkulasi darah. Sehingga darah tidak mudah terjadi dan tidak menyebabkan penyumbagan aliran darah. Dengan begitu, resiko Anda mengalami tekanan darah tinggi, stroke, maupunpenyakit jantung menjadi berkurang.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah merah juga salam sumber betakaroten yang tinggi. Betakaroten merupakan salah satu jenis vitamin A yang diperlukan oleh mata Anda untuk melihat. Dengan memenuhi kebutuhan betakaroten, maka kesehatan mata Anda pun terjaga. Tak heran, orang di Papua mempunyai kesehatan mata yang baik karena mengkonsumsi buah merah ini.

6. Membantu Mencegah HIV/AIDS dan Hepatitis B

Buah merah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga resiko Anda lebih kecil untuk terkena HIV/AIDS dan Hepatitis. Selain antioksidan, asam lemak omega-3 dan omega-9 dalam buah merah juga berfungsi sebagai antivirus yang dapat menghambat pembentukan membran lipid virus. Hal ini membuat virus tidak dapat berkembang biak, sehingga membantu mencegah HIV/AIDS dan hepatitis B.

7. Manfaat dan Khasiat Buah Merah Baik Untuk Ibu Hamil

Kandungan Omega-3 dan Omega-6 yang terdapat dalam sari buah merah akan merangsang daya otak dan meningkatkan kecerdasaran. Oleh karena itu buah merah yang sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil.

8. Manfaat Buah Merah Yang Baik Untuk Kesehatan Tulang

Sakit yang sering menyerang tulang yang disebabkan karena kekurangan kalsium, penyakit ini banyak didertita bagi mereka yang berusia lanjut. Buah merah yang kaya akan kandungan kalsium sehingga berpeluang besar untuk mencegah dan mengobati osteoporosis. Perhitungan dalam 100gram buah merah terkandung 54.000 miligram kalsium.

9. Manfaat Buah Merah Untuk Diabetes Melitius (Kencing Manis)

Penyebab penyakit ini karena kelenjar pankreas tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang memadai. Akibatnya kandungan gula dalam darah meningkat. Pankreas akan diperbaiki oleh tokoferol yang terdapat dalam buah merah, sehingga pankreas akan menjadi normal kembali.

10. Manfaat dan Khasiat Buah Merah Untuk Asam Urat

Penyebab asam urat karena terganggunya fungsi lever, sehingga lever memproduksi asam urat secara berlebihan. Menyebabkan asam utar tertampung di dalam ginjal menjadi batu dan dibawa ke ujung-ujung jari tangan dan kaki serta mengumpul di sana Tokoferol dalam buah merah mengencerkan darah dan memperbaiki sistem kerja lever, setelah sistem kerja lever membaik akan memproduksi kadar asam urat yang normal.

11. Mengobati Penyakit Lupus

Penyakit yang satu ini merupakan jenis penyakit berbahaya. Sebab sistem imun yang seharusnya bertugas melindungi tubuh justru merusak organ-organ sehat. Sehingga akibatnya pendeita mengalami rasa lelah yang berlebihan.

Meskipun hingga sekarang penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total. Namun obat-obatan medis dapat membantu penderitanya tetap bertahan. Selain itu, buah merah juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan alami (herbal) untuk lupus. Buah ini dapat membantu meningkatkan kinerja organ tubuh, serta memberikan energi ekstra agar penderita menjadi lebih fit.

12. Mengatasi Masalah Herpes

Selain dapat melindungi organ-organ tubuh dan meningkatkan kinerja otak, buah merah juga ampuh dalam menyembuhkan herpes. Penyakit kulit yang disebabkan oleh virus ini biasanya ditandai dengan raum-raum kemerahan berair disertai nanah dan rasa gatal. Anda dapat mengoleskan sari dari buah merah pada bagian kulit yang mengalami gatal-gatal akibat herpes secara perlahan.

13. Mencegah Penuaan Dini

Buah Merah juga bermanfaat serta berkhasiat untuk melindungi kecantikan alami kulit. Banyak juga wanita remaja di Papua memanfaatkan minyah dari buah merah sebagai masker wajah. Cara tersebut tentu cukup ambuh, sebab dalam buah merah juga terkandung nutrisi vitamin E yang berperan dalam melindungi kulit dari efek burun sinar UV, dan juga dapat mencegah munculnya keriput serta dapat membantu proses regenerasi kulit.

Itulah beberapa manfaat dari buah merah papua ini, semoga ulasan artikel ini dapat menambah wawasan teman-teman Agustinnesia. Kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, tunggu artikel bermanfaat berikutnya yaaa di Agustinnesia.com. terimakasih teman-teman Agustinnesia.

Waalaikumsalam – Teman teman Agustinnesia




Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya :




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *