Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Pernah makan buah matoa? Tentu teman-teman udah pada pernah makan buah matoa kan, jika pada saat musim buah matoa kita dapat mudah menemukannya di pedagang buah atau penjual buah dipasar, buah matoa memiliki harga yang cukup mahal untuk 1kg nya, pada saat musim buah matoa rata-rata harga matoa berkisar antara 35 sd 40ribu perkilonya, buah matoa tergolong buah yang jarang dapat kita temukan jika belum musimnya, daging buah matoa sekilas hampir mirip dengan buah kelengkeng, namun memiliki ukuran yang lebih besar, buah matoa jika belum matang memiliki warna hijau muda namun saat sudah masak (matang) akan berubah warna menjadi hijau keunguan, kadang ada juga yang berwarna ungu keseluruhan, taukah kamu jika buah matoa memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan serta kecantikan, kok bisa ya? Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

Buah Matoa – image from : IndonesiaKaya.com

Matoa (pometia pinnata) adalah tanaman buah khas dari papua, matoa berasal dari keluarga rambutan (sapindaceae). Tinggi rata-rata buah matoa 16 meter dengan diameter pohon maksimal 90cm.  Matoa berbuah sekali dalam setahun, berbunga pada bulan Juli hingga Oktober. Musim nya di bulan September-November. Matoa juga bisa di temui di daerah Maluku, Sulawesi, dan Papua New Guenea serta diwilayah tropis Australia. Kini buah matoa juga terdapat di pulau jawa (introduksi).

Di Papua sendiri buah matoa terdapat dua jenis, yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Rasa manis dari buah matoa di iringi dengan aroma antara buah rambutan, durian, dan kelengkeng. Ketika muda berwarna hijau, dan ketika matang berwarna hijau kekuningan atau cokelat kemerahan atau kehitaman.




Buah matoa mengandung banyak nutrisi diantaranya yaitu:

  • Vitamin A, E, dan C
  • Mengandung air
  • Glukosa
  • Mineral
  • Kalsium

Berikut beberapa manfaat buah matoa bagi kesehatan tubuh manusia:

1. Sebagai antioksidan

buah matoa sangat bermanfaat menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat merusak serta menggerogoti sel-sel tubuh, serta mencegah penuaan dini.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C pada buah matoa cukup banyak, vitamin C dalam tubuh di butuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

3. Melawan kuman penyakit

Mengkonsumsi buah matoa dapat terhindar dari penyakit infeksi. Penelitian yang di lakukan di Bogor, Jawa Barat membuktikan bahwa buah matoa berhasil menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran napas dan saluran kemih. Bahkan para ahli mengungkapkan bahwa bukan tidak mungkin suatu saat nanti buah matoa menjadi sumber bahan alami untuk pembuatan antibiotik.

4. Menurunkan tekanan darah

Ekstrak daun dan biji buah matoa terbukti bisa membantu menurunkan darah tinggi. Ekstra buah matoa mengandung zat yang bersifat diuresis, yaitu meningkatkan jumlah cairan yang di keluarkan dari dalam tubuh. Ketika cairan di dalam tubuh terlalu banyak otomatis tekanan darah meningkat, jadi jika kadar cairan kembali normal dengan mengkonsumsi buah matoa secara otomatis tekanan darah pun menurun. Akan tetapi mengkonsumsi buah matoa jangan terlalu banyak karena buah matoa mengandung glukosa jenuh.

Seperti yang kita tau kandungan vitamin E pada buah matoa dapat membantu

  • meringankan stress,
  • meningkatkan daya tahan tubuh,
  • meningkatkan kesuburan pada wanita
  • serta meminimalkan resiko terserang penyakit jantung koroner
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Meningkatkan kelembaban serta elastisitas kulit
  • Meningkatkan regenerasi sel-sel kulit mati

Itulah manfaat buah matoa, perlu di ketahui mengkonsumsi buah matoa secara berlebiha juga tidak baik karena buah matoa ini mengandung glukosa jenuh, maka jika terlalu banyak mengkonsumsinya akan menyebabkan agak pusing atau teler.

Manfaat dari buah matoa yang baik untuk kesehatan serta kecantikan, ada baiknya kamu mencoba mengonsumsi buah matoa untuk mendapatkan efek nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh kalian, menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati, semoga ulasan tentang manfaat dan khasiat buah matoa bisa menambah wawasan dan dapat berguna untuk kesehatanmu di masa yang kan datang, nantikan artikel bermanfaat lainnya di Agustinnesia.com, kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, terimakasih teman-teman.

Waalaikumsalam teman-teman




Baca juga artikel buah :

Baca juga artikel kain :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *