Manfaat Buah Langsat Untuk Kesehatan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Di ulasan sebelumnya agustinnesia membagikan ulasan mengenai manfaat dari buah leci yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Pada ulasan kali ini agustinnesia akan mengulas mengenai buah langsat. Udah pada tahu belum buah langsat? Jika mungkin sebagian teman-teman agustinnesia udah ada yang pada tahu dan ada juga yang belum mengetahuinya, yang udah pada tahu pasti belum begitu mengetahui manfaat dari buah langsat selain di makan, nah ulasan dibawah ini adalah manfaat dan beberapa kandungan yang terdapat didalam buah langsat yuk simak ulasanya:

Apakah Anda termasuk penyuka buah-buahan? Buah adalah salah satu jenis panganan yang sehat serta kaya akan gizi. Dalam ulasan artikel ini, akan dibahas satu jenis buah yang bentuknya mirip dengan buah duku. Buah apakah itu? Ya, buah langsat. Buah langsat ini adalah buah yang baik dari bentuk, warna kulit maupun struktur daging, mirip sekali dengan buah duku.

Buah Langsat – image from : pixabay.com

Buah Langsat

Perbedaannya adalah buah langsat ini rasanya lebih masam dibandingkan dengan buah duku yang memiliki rasa yang manis. Untuk kulitnya, kulit duku lebih tebal jika dibandingkan dengan kulit dari buah langsat. Hal inilah yang menjadi salah satu factor yang membuat buah langsat tidak bertahan lama pada suhu ruangan. Dalam beberapa hari saja, langsat langsung bisa cepat mengalami pembusukan sedangkan duku akan bertahan lebih lama. Manfaat buah langsat dibandingkan dengan manfaat buah duku tidak kalah banyaknya.

Seperti jenis-jenis lain, buah langsat selain enak untuk dikonsumsi juga memiliki banyak manfaat, Jika belum begitu mengenal manfaat yang dimiliki buah yang memiliki rasa sedikit asam dan memiliki getah pada kulit buahnya jika kita membukanya.

1. Manfaat Buah Langsat untuk membantu Program Diet

Apakah Anda sedang diet?

Maka tidak ada salahnya menambahkan buah langsat ini pada cemilan anda bukan? Tentunya diet akan membuat Anda banyak mengonsumi banyak buah-buahan untuk mengantikan camilan seperti gorengan dan lain-lain dengan buah-buahan seperti langsat akan membantu Anda lebih cepat mendapatkan hasil dari diet yang Anda jalani.

Buah langsat memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam, salah satu nya adalah serat. Serat yang terkandung pada buah langsat akan membantu sistem pencernaan anda tentunya.

2. Buah langsat sebagai obat pernyakit kangker

Selain daging buahnya bisa di konsumsi, kulinya pun bisa di jadikan obat untuk pernyakit kangker, karena buah ini mengandung banyak nutrisi, mineral, vitamin dan serat.

3. Buah langsat untuk menyembuhkan gejala demam

Bagian dari buah langset yang dapat di gunakan sebagai obat gejala demam adalah biji nya, dengan cara di keringkan terlebih dahulu ( bisa di oven, di jemur atau di sangrai)  lalu di tumbuk hingga halus. Setelah itu di seduh dengan air hangat.

4. Buah langsat untuk obat cacing alami

Jika anda atau anak anda menderita penyakit cacing, gunakan buah langsat untuk  mengobatinya, dengan melarutkan biji buah langsat pada air hangat seperti di atas.

5. Buah langsat untuk mengusir nyamuk

Beberapa penelitian menunjukan dan membuktikan bahwa zat yang terdapat pada kulit buah langsat tidak di sukai oleh nyamuk.

Caranya dengan mengeringkan kulit buah langsat tersebut, lalu membakar nya.

Bau dari pembakaran kulit buah langsat paling tidak di sukai oleh nyamuk, dan ini sudah terbukti aman tidak akan menganggu pernafasan anak anda seperti obat nyamuk,

6. Buah langsat sebagai obat gigitan kalajengkin

Bagian kulit batang buah langsat dapat dijadikan sebagai obat luka bekas gigitan serangga seperti kalajengking, dengan cara mengambil zat tepung pada batang buah langsat lalu di oleskan pada bagian yang di gigit oleh serangga dan diam-kan sampai mengering. Lakukan hal ini sampai luka gigitan tersebut sudah tidak bengkak dan benar-benar sembuh.

7. Buah langsat untuk menguatkan tulang dan gigi

Mengonsumsi buah langsat yang mengandung zat fosfor dapat membantu menguatkan tulang-tulang serta gigi, seperti yang sudah kita ketahui, fosfor sebagai zat untuk pembentukan tulang dan gigi.

Buah Langsat Matang – image from : pixabay.com

8.  Buah langsat untuk menyembuhkan sakit malaria

Nyamuk penyebab sakit malaria atau yang kita kenal sebagai nyamuk malaria adalah nyamuk yang sudah terinfeksi parasite plasmodium, sehingga ketika menggigit manusia parasit  plasmodium di dalam tubuh nyamuk akan terbawa masuk ke dalam tubuh manusia.

Kulit dari pohon buah langsat ampuh untuk mengobati pernyakit malaria, beberapa peneliti pun sudah membuktikan keampuhan tanaman buah langsat ini untuk megobati pernyakit malaria.

9. Obat disentri yang tidak kunjung sembuh

Bagian dari buah langsat yang di gunakan untuk mengobati disentri adalah kulit pohon langsat, sudah banyak yang membuktikan hal tersebut dan bisa di katakan cukup ampuh.

10. Buah langsat untuk kecantikan

Ekstrak buah langsat memang ampuh di gunakan sebagai pemutih dan pencerah kulit alami,

Tidak hanya untuk manfaat kesehatan .

11. Buah langsat dapat menjauhkan kita dari rakikal bebas

Jika buah langsat dapat menjauhkan kita dari radikal bebas, itu artinya kita juga di jauhkan dari berbagai macam pernyakit lain yang mungkin mengintai kesehatan kita

12. Langsat sebagai sumber karbohidrat

Buah yang kita tau dengan rasanya yang asam, ternyata mengandung banyak karbohidrat  yang jika di konsumsi akan sangat baik, oleh karna itu buah ini cocok untuk menggantikan camilan tidak sehat Anda.

Baca Artikel Lainnya : 40 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Kandungan gizi langsat

Kandungan Buah Langsat – image from : pixabay.com

Buah langsat yang kaya akan manfaat membuktikan bahwa buah ini mengandung banyak gizi untuk kesehatan. Berikut kandungan gizi yang terdapat dalam 100gram buah langsat:

  • 10 kal kandungan kalori
  • 13 gram kandungan karbohidrat
  • 0,7 gram kandungan mineral
  • 1 gram kandungan protein
  • 0,9 mg kandungan zat besi
  • 90,2 gram kandungan lemak
  • 18 mg kandungan kalsium
  • 9 mg kandungan fosfor

Buah Langsat Untuk Olahan Makanan

Buah langsat termasuk ke dalam suku buah Maliciae yang dapat hidup di daerah tropis. Selain manfaat yang melimpah , kita dapat pula menggunakan buah langsat sebagai kreasi hidangan, diantaranya:

  • Sebagai bahan utama pembuatan dodol atau pudding
  • Di olah menjadi selai buah langsat yang memiliki citarasa lezat yang sangat khas
  • Dapat di olah menjadi salah satu bahan untuk komposisi makanan cocktail

sumber referensi : manfaat.co.id

Baca Artikel Lainnya : 9 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah bagaimana? Buah langsat memiliki banyak manfaat dan baik untuk tubuh bukan? Yuk manfaatkan buah langsat untuk konsumsi kita sehari. Itulah rahasia manfaat yang terkandung didalam buah langsat, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk kesehatan teman-teman dan diet sehat dengan buah langsat mungkin bisa Anda coba dengan mengkonsumsi secara rutin dan tidak belebihan. Tunggu ulasan mengenai manfaat berbagai macam buah di agustinnesia.com, kamu juga boleh membagikan ulasan diatas dengan klik tombol share, bagikan kepada keluarga atau teman kalian, siapa tahu bermanfaat juga untuk orang lain. Terimakasih

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *