Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Ibu Hamil dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman

Saat bulan ramadhan tiba atau saat pulan puasa kita pasti bingung ingin memakan apa saat berbuka puasa, iya kan. Pasti dari kita ingin makan dan minum berbagai macam makanan ataupun minuman untuk melepas dahaga saat berbuka puasa, Rasulluloh ( Nabi Muhammad SAW ), menganjurkan kita agar berbuka dengan 3 buit buah kurma, mengapa buah kurma?. Karena buah kurma memiliki beberapa manfaat untuk tubuh kita. Pada ulasan dibawah ini agustinnesia akan memberikan ulasan mengenai kandungan dan manfaat dari buah kurma bagi kesehatan kita, juga bagus untuk ibu yang sedang hamil dan wanita yang intin mendapakan kulit cerah, yuk simak ulasannya dibawah ini:

Buah Kurma – image from ; Megazine-job-like.com

Manfaat buah kurma dipercaya dapat mengobati dan mencegah berbagai keluhan penyakit dalam tubuh antara lain adalah sembelit, gangguan usus, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker perut, dan kondisi lainnya. Kurma merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daratan timur tengah namun di Negara kita Indonesia juga mulai banyak ditanam dan dibudidayakan. Buah kurma dengan rasa manis yang khas dioleh menjadi bentuk bermacam macam makanan dan minuman seperti : sari kurma, dodol kurma dan makanan kurma lainnya dalam bentuk kemasan. Ini memudahkan untuk menikmati buah kurma itu sendiri. Dimakan langsung juga enak, buah kurma dapat kita temukan di pasar atau super market, jika pada bulan puasa buah ini sangat mudah didapatkan di berbagai camilan khas bulan ramadhan.

Kurma merupakan sumber yang baik dari berbgai vitamin dan mineral. Dengan sumber energy yang baik, gula dan serat.

Kandungan Gizi Buah Kurma

Mineral

  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Fosfor
  • Natrium
  • Kalium
  • Mangnesium
  • Seng

Vitamin

  • Thiamin
  • Riboflavin
  • Niasin
  • Folat
  • Vitamin A
  • Vitamin K

Kandungan yang paling menonjol dalam buah kurma adalah nutrisi yang baik bagi tubuh, sekitar 80% gula, beragam mineral seperti magnesium dan folat serta protein dan lemak, juga terkandung dalam buah kurma yang sudah masak. Setidaknya dalam lima butir buah kurma, terdapat 115 kalori dan hampir semuanya terdiri dari karbohidrat. Kalium sebagai serat dalam kandungan buah kurma, merupakan sumber yang baik untuk penyeimbang asupan serat pada tubuh.

Perkebunan Pohon Kurma – image from : wajibbaca.com

Manfaat Buah Kurma Bagi Ibu yang Sedang Hamil dan Pasca Melahirkan

1. Ibu Hamil

Kandungan kurma yang baik, membuat olahan nya yaitu sari kurma menjadi sangat penting bagi wanita yang tengah hamil. Sari kurma menghasilkan hormon sejenis oksitosin yang dapat merangsang kontraksi pada otot polos Rahim pada saat menjelang kelahiran.

2. Pasca Melahirkan

Buah kurma sangat membantu kelancaran pada saat persalinan, selain itu, manfaat sari kurma dapat membantu menstabilkan kembali nutrisi dan darah bagi ibu setelah melahirkan.

3. Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Menurunkan LDL ( Kolesterol Jahat )

Serat pada buah kurma mencegah penyerapan kolesterol LDL. Mengikat zat kimia yang menyebabkan timbulnya gejala kanker usus besar dan melindungi lendir usus.

4. Mengatasi Sembelit

Buah Kurma sering dikategorikan sebagai makanan pencahar (makanan/obat untuk sembelit), inilah yang menyebabkan mengapa sari kurma ini sering dimakan oleh orang penderita sembelit.

Cara Penggunaan Buah Kurm ( Penderita Sembelit ).

Untuk mendapatkan efek pencahar yang diinginkan, buah kurma harus direndam dalam air selama semalam. Kemudian makan buah kurma yang direndam pada pagi hari seperti di jus atau diblender halus dan campurkan air hangat secukupnya untuk hasil yang optimal. Buah kurma memiliki tingkat serat larut, yang penting dalam mempromosikan gerakan usus yang sehat dan sangat baik dijadikan makanan pembersih saluran pencernaan, yang dapat meringankan gejala sembelit.

5. Menjaga Kesehatan & Memperkuat Tulang

Kandungan mineral yang cukup besar membuat buah kurma merupakan makanan super yang dapat memperkuat tulang serta melawan penyakit osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, yang semuanya merupakan bagian integral dari perkembangan tulang yang sehat dan kuat. Penting sekali bagi orang yang memiliki usia sudah mulai tua, yang membuat tulang menjadi sedikit lemah.

6. Mengatasi Anemia

Buah Kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, kandungan ini sangat bermanfaat untuk berbagai kondisi kesehatan salah satunya adalah anemia. Kandungan zat besi yang tinggi membuat buah kurma menjadi suplemen makan yang sempurna untuk orang yang sedang menderita anemia. Tingginya zat besi meningkatkan energy dan kekuatan, Sekaligus mengurangi perasaan kelelahan dan kelesuan yang disebabkan oleh anemia.

7. Masalah Pada Usus

Kandungan nikotin dalam kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Konsumsi buah kurma secara rutin dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan organisme seperti patologis. Dengan kemampuan ini buah kurma dapat digunakan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Buah kurma juga tinggi serat larut yang penting untuk usus, ia juga mengandung asam amino yang dapat membantu proses pencernaan agar lebih efisen, hal ini akan berdampak baik terhadap banyaknya nutrisi yang akan diserap oleh saluran pencernaan dan masuk ke tubuh.

Keracunan / Intosikasi

Buah kurma biasanya digunakan sebagai obat untuk keracunan alkohol. Kurma memberikan bantuan cepat bagi Anda yang sudah mabuk alkohol. Buah kurma juga dapat digunakan untuk mencegah mabuk berat yang masih terjadi berlanjut. Sekali lagi, buah kurma harus di rendam semalam kesokan paginya ditumbuk / di blander halus campurkan dengan air hangat untuk hasil terbaik.

8. Obat Alami Diare

Buah Kurma yang sudah matang mengandung kalium, yang dikenal sebagai cara efektif untuk mengendalikan diare. Buah kurma juga sangat mudah dicerna dan memberikan efek untuk membantu meringankan diare kronis. Serat larut dalam buah kurma dapat membantu meringankan diare, dengan membantu melancarkan buang air besar secara normal serta membantu kesehatan sistem ekskresi.

9. Kesehatan Jantung dan Mencegah Stroke

Buah Kurma sangat membantu dalam menjaga jantung dan juga berfungsi untuk mencegah stroke. Konsumsi buah kurma telah terbukti memiliki efek positif pada jantung yang lemah. Buah kurma juga merupakan sumber yang kaya akan kandungan kalium, kalium sendiri telah terbukti dari berbagai penelitian dapat mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung. Poin pertama juga telah dijelaskan bahwa buah kurma terbukti mengurangi LDL. ( Kolesterol Jahat ) yang artinya dapat meningkatkan kesehatan Jantung.

10. Cara Ampuh Meningkatkan Berat Badan

Buah Kurma yang kaya akan kandungan gula, protein dan banyak vitamin esensial. Satu kilogram kurma mengandung hampir 3000 kalori, kalori yang dapat dalam buah kurma sangat cukup untuk kebutuhan tubuh manusia. Kandungan gula yang cukup tinggi dapat menjadi salah satu cara untuk menambah berat badan secara alami dan menyehatkan.

11. Menghilangkan Alergi

Buah kurma ini sangat menarik, karena kandungan sulfur organik yang terdapat di dalamnya. Zat ini cukup jarang terdapat dalam makanan, namun hal ini sangat berharga dalam memberikan kesehatan termasuk pengurangan reaksi alergi dan alergi musiman. Seperti sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002, senyawa sulfur organic memiliki dampak positif begi penderita SAR (Seasonal Rhintitis Alergi). Buah Kurma adalah cara yang paling ampuh untuk mengurangi alergi musiman melalui kandungan zat sulfur.

Baca Artikel Lainnya : 9 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan dan Kecantikan

13. Meningkatkan Energi

Apakah Kandungan yang dapat membuat energi Anda bertambahnya dengan cara mengkonsumsi gula secukupnya. Buah kurma memiliki kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa yang cukup tinggi. Gula alami ini cukup ampuh untuk meningkatkan energy secara langsung. Bahkan beberapa masyarakat di dunia telah mengkonsumsi buah kurma dan merasakan berbagai macam manfaatnya saat merasa lelah dan lesu.

14. Kanker Perut

Berbagai hasil penelitian menunjukan bahwa buah kurma menjadi cara yang ampuh untuk mengurangi resiko dan berbahaya kanker perut. Buah Kurma akan bekerja sebagai isotonik yang dapat digunakan semua usia. Dalam beberapa kasus untuk mencegah resiko kanker perut, buah kurma bekerja lebih baik daripada obat-obatan tradisonal.  Buah kurma merupakan buah alam sehingga tidak memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh manusia.

Meningkatkan Stamina Seksual & Kesuburan

Jus Buah Kurma – image from : Resephariini.com

Kandungan estradional dan komponen flavonoid dari sari kurma merupakan zat yang dapat meningkatkan kualitas sperma dan motolitas.

Kontraindikasi

Buah Kurma merupakan buah yang sangat lezat dan memiliki kandungan vitamin dan mineral, tentu buah ini memiliki beberapa efek samping yang tidak terlalu baik bagi Anda yang penderita beberapa penyakit di bawah ini :

  • Sedang diet ketat untuk menurunkan berat badan, Buah kurma tinggi akan kandungan glukosa / gula
  • Diabetes

Tips-Tips Mengkonsumsi Buah Kurma

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Langsat Untuk Kesehatan

Baca Artikel Lainnya : Mengenal Kain Batik, Jenis Jenis dan Karakter Kain Batik

Buah kurma merupakan buah yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai keluhan dan meningkatkan energi, manfaat buah kurma dapat Anda peroleh secara maksimal dengan tips konsumsi di bawah ini:

  • Konsumsi di Pagi hari untuk meningkatkan stamina aktivitas sepanjang hari.
  • Konsumsi sewajarnya, jangan terlalu banyak, tidak lebih dari 1 ons per hari.
  • Tidak konsumsi makanan tinggi gula, buah kurma sudah sangat tinggi kandungan gulanya.
  • Seperti yang di Sunahkan Rasulluloh makanlah 3 butir kurma setiap pagi akan baik sekali untuk menjaga kesehatan Anda.
  • Jus buah kurma juga dapat mencerahkan kulit Anda, buatlah jus buah kurma dan lakukan secara rutin setiap hari, untuk menjaga kulit Anda tetap tampak cerah.

sumber referensi : manfaat.co.id

Anda dapat mencobanya dirumah kapan saja, buah kurma mengandung berbagai macam zat yang diperlukan tubuh, sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. Itulah manfaat yang terkandung didalam buah kurma serta manfaatnya bagi kesehatan kita dan ibu hamil. Semoga ulasan mengenai manfaat buah kurma dapat bermanfaat untuk teman-teman Agustinnesia, kamu juga boleh membagikan ulasan manfaat buah kurma kepada keluaga atau teman dekatmu sista. Dengan klik tombol share dibawah ini, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *