Manfaat Buah Kolang Kaling Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Buah kolang kaling, kolang kaling adalah jenis buah yang dihasilkan dari pohon kolang kaling atau biasa disebut pohon aren, kolang kaling dapat kita temuka di pasar dan bisanya pada saat bulan ramadhan (puasa) kita akan dengan mudah menukan kolang kaling terdapat dalam minuman kolak yang dicampur dengan pisang, kolang kaling dan ketela selai pada saat bulan ramadhan kolang kaling juga dapat kita temukan di es campur kolang kaling, pada ulasan kali ini Agustinnesia akan membahas mengenai kandungan nutrisi buah kolang kaling yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita serta untuk kecantikan, yuk simak ulasan selengkapnya daripada nanti penasaran.

Buah Kolang Kaling – image from : dagelanfamily.com

Di dalam 100 gram kolang kaling mengandung 243 mg fosfor, 6 gram karbohidrat, 91 mg kalsium, 0.4 gram protein, 0.2 gram lemak, 1.6 gram serat, 0.5 mg zat besi, dan kalori sebanyak 27 kkal. Kolang kaling juga mengandung vitamin B dan K serta mengandung banyak air yang baik bagi tubuh. Dengan kandungan nutrisi tersebut, kolang kaling bermanfaat bagi tubuh.

Ini dia manfaat kolang kaling bagi tubuh berdasarkan nutrisinya:




1. Serat

Kolang kaling mengandung serat pangan yang larut maupun tidak larut air. Serat dapat melancarkan pencernaan karena serat membantu mendorong pergerakan mekanan di dalam usus. Karena itu kolang kaling baik untuk dikonsumsi untuk mencegah konstipasi atau sembelit dan mengurangi kolestrol. Selain itu, serat juga dapat menurunkan resiko terkena kanker kolorektal.

2. Kalsium

Seperti yang kita bahas di atas, dalam setiap 100 gram kolang kaling mengandung 91 mg kalsium. Kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat gigi. Selain itu kalsium juga di perlukan oleh bagian tubuh yang lain misalnya  syaraf, hati dan otot, Agar dapat berfungsi dengan baik.

3. Fosfor

Dibalik mungilnya buah kolang kaling mengandung fosfor sebanyak 243 mg di dalam 100 gram nya. Manfaat fosfor sendiri yaitu memperkuat gigi dan tulang, menghasilkan RNA dan DNA, memperbaiki dan menjaga sel dan jaringan tubuh. Fosfor juga di butuhkan untuk menggerakkan otot, menghasilkan energi dan menyimpannya. Bahkan, fosfor juga dapat membantu tubuh dalam menjaga keteraturan detak jantung dan fungsi syaraf manusia.

4. Zat Besi

Manfaat zat besi bagi tubuh yaitu membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membawa karbodioksida keluar dari darah, serta mengurangi rasa lelah dan anemia.

Kolang kaling sangat cocok di gunakan untuk menurunkan berat badan, bagi yang ingin melakukan program diet buah kolang kaling dapat menjadi salah satu menu andalan nya. Karena kolang kaling mengandung gelatin yang cukup tinggi, gelatin akan membuat perut lebuh mudah kenyang dan merendahkan nafsu makan. Gelatin juga di percaya meningkatkan kesehatan tulang dan sendi.

Cara membuat menu makanan dari kolang kaling cukup banyak di antaranya menjadikan kolang kaling sebagai campuran es buah, kolak dan lain-lain.

Nah teman-teman itulah manfaat buah kolang-kaling yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita, semoga ulasan ini dapat menambah wawasan teman-teman, kamu juga bisa membagikan ulasan ini dengan cara klik tombol share dibawah ini, kirim ke teman-teman atau orang terdekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, tunggu artikel bermanfaat berikutnya yaa di Agustinnesia.com, terimakasih.

Waalaikumsalam – Teman teman

Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya : 

  1. Manfaat dan Khasiat Buah Coklat Untuk Kesehatan Tubuh
  2. Manfaat Dan Khasiat Buah Sawo Kecik Untuk Kesehatan dan Kecantikan
  3. Manfaat Buah Zuriat Dari Mekaah Untuk Kesehatan Tubuh
  4. Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan
  5. Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan
  6. Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan  Baik Untuk Wanita Hamil dan Kecantikan
  7. Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kecantikan
  8. Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
  9. Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
  10. Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan dan Kecantikan




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *