Manfaat Buah Kersen atau Talok Untuk Kesehatan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Buah kecil mungil berwarna hijau dan akan menjadi warna merah saat sudah matang, apakah itu? Ya buah kersen ( talok) pasti teman teman udah enggak asing dengan buah yang satu ini, ada yang belum tahu apa itu buah kersen ( talok )?, coba tanyakan pada teman / keluarga kamu pasti ada yang tahu, pada ulasan kali ini agustinnesia akan mengulas mengenai kandungan vitamin serta manfaat dari buah kersen untuk kesehatan kita teman-teman, yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Buah Talok ( Kersen ) – image from : resepkopi.id

Buah kersen atau talok tergolong dalam keluarga buah-buahan yang berukuran kecil, yang rasanya manis. Buah talok muda berwarna hijau muda dan warnanya akan berubah merah terang ketika buah sudah masak. Di Indonesia, buah keresen / talok memiliki banyak nama. Sebut saja cerry, baleci, keres, kersen, dan talok.

Tanaman kersen sendiri dapat tumbuh di mana saja sehingga disebut tanaman atau pohon liar. Tak jarang kita akan menumukan tumbuh pada tembok rumah yang lembab,  Namun meskipun liar, di dalam buah kersen (talok) tersimpan banyak manfaat yang luar biasa yang tak kalah dengan buah-buahan lainnya.

15 Manfaat buah talok bagi kesehatan, antara lain :

  1. Mengobati asam urat
  2. Menyembuhkan diabetes
  3. Meredakan gejala flu
  4. Mengatasi kejang atau kaku dibagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare
  5. Sebagai antibakteri atau antiseptik
  6. Menurunkan tekanan darah tinggi
  7. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam darah
  8. Mengatasi Infeksi
  9. Anti Tumor
  10. Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit
  11. Meredakan Sakit kepala
  12. Pembunuh mikroba
  13. Kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar
  14. Mencegah dan menyembuhkan batuk
  15. Mengatasi Radang

Manfaat Dari Daun Pohon Keresn

Manfaat Buah Kersen ( Talok ) – image from : hipwee.com

Tanaman buah kersen / talok tidak hanya bermanfaat di bagian buahnya saja teman-teman. Daun tanaman kersen juga tak kalah berkhasiatnya dengan buah kersen. Daun tanaman talok dapat diolah menjadi teh yang bermanfaat serta berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Cara pembuatanya cukup mudah. Cukup dengan mengeringkan daun talok / kersen ini jika sudah kering sedu dengan air panas. Air panas yang tadinya bening akan berubah menjadi kecoklatan seperti teh pada umumnya. Dapat kamu minum sehari dua kali untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bagi yang menderita hipertensi.

Pengolahan Buah Talok ( Kersen )

Buah Kersen dapat dikonsumsi langsung. Buah kersen juga dapat diolah menjedi sirup buah kersen yang segar. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti :

  • Buah Talok (kersen) yang sudah matang
  • Kayu manis
  • Gula pasir
  • Garam
  • Vanilla

Jangan lupa siapkan alat-alat yang diperlukan untuk membuat sirup buah kersen (botol untuk mengemas sirup), saringan, panci, penumbuk, dan ember.

Cara Pembuatanya sebagai berikut :

  1. Cuci bersih buah talok (keresn) matang dengan menggunakan air bersih yang mengalir.
  2. Pisahkan kulit dan daging buah kersen (talok). Ada cara mudah untuk memisahkan kulit dan daging buah talok, yaitu dengan menumbuknya terlebih dahulu lalu direbus.
  3. Ketika buah kersen sedang direbus, tambahkan gula pasir, garam secukupnya, kayu manis, dan vanilla. Perbandingan antara gula pasir buah kersen adalah 2:1.
  4. Setelah mendidih, saring dengan menggunakan saringan agar air dan ampas,kulit buah terpisah.
  5. Setelah dingin, tuangkan air rebusan buah kersen (talok) ke dalam botol lalu tutup rapat.
  6. Sirup buah kersen pun sudah jadi dan siap dibuat sebagai minuman segar untuk dijadikan topping kue, dan desert lainnya.

Baca Artikel Lainnya :Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Ibu Hamil dan Kecantikan

Baca Artikel Lainnya : 9 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tanaman Buah ( Talok ) Kersen

Tanaman Kersen dapat ditemukan dimana saja. Pohon-pohon kersen banyak ditemukan di pinggir jalan-jalan, di samping rumah Anda, di sawah, dan lain sebagainya. Pohon talok (kersen) sangat mudah tumbuh di mana saja. Tak heran jika sangat mudah menemukannya. Satu pohon talok (kersen) biasanya ditumbuhi buah yang sangat banyak. Buah kersen muda yang cepat sehingga buah talok (keresen) ini cepat matang.

Pohon kersen dapat tumbuh hingga mencapai 6 meter. Ternyata tanaman kersen (talok) ini tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia saja. Melainkan juga di beberapa Negara seperti inggris, Kostarika, Vietnam, Thailand, Meksiko dan India.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Langsat Untuk Kesehatan

Sumber referensi : manfaat.co.id

itulah manfaat yang terkandung dalam buah (telok) kersen, yang mungkin buahnya sering kita anggap sepele, namun jangan membuangnya jika kamu menemukan buah talok (kersen) ini, karena manfaat yang terkandung mungkin akan sangat berguna untuk kesehatan tubuh kamu sista. jika artikel ulasan tentang manfaat buah kersen (talok) informatif kamu dapat membagikan juga ke keluarga atau teman kamu, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *