Manfaat Buah Kasturi Bagi Kesehatan

Assalamuaalaikum – Teman teman Agustinnesia

udah pernah mendengar nama buah kasturi? mungkin ada yang belum pernah mendengar namanya atau belum pernah melihat secara langsung buah kasturi, bagi yang sudah pernah melihat dan pernah mengkonsumsi buah kasturi taukah manfaat yang terkandung dalam buah kasturi, manfaatnya banyak sekali teman-teman untuk kesehatan tubuh kita, yuk simak ulasan mengenai manfaat buah kasturi dibawah ini:

Buah Kasturi – image from : sumber.com

Tanaman kasturi memiliki nama latin Mangifera Casturi pada awalnya bersifat endemik ( hanya ada ) di hutan sekitar Banjarmasin di Kalimantan Tengah, sehingga kebanyakan orang menyebutnya sebagai mangga Kalimantan. Namun karena banyaknya kasus penebangan hutan, tanaman ini mulai sulit untuk di jumpai di hutan Kalimantan.

Tumbuhan kasturi telah termasuk ke dalam daftar merah IUCN (International Union For Consercation of Nature) sebagai tumbuhan punah (Extinct in The Wild). punah di sini makhsudnya, tanaman ini tidak dapat lagi di jumpai di habitat aslinya dan hanya dapat di jumpai di perkebunan maupun di kawasan konversi.

Ciri-ciri Tanaman Kasturi

  • Tinggi pohon mencapai 25 meter dengan diameter batang yang cukup besar yaitu 40-110 cm
  • Warna kulit kayu ada yang putih keabu-abuan da nada yang coklat terang
  • Warna daun mudanya adalah ungu tua
  • Daunya berbentuk lanset dan berujung runcing

Buah kasturi terdiri dari 3 jenis buah yaitu:

Manfaat Buah Kasturi – image from : cekmanfaat.com

  1. Kasturi, jenis ini menghasilkan buah berbentuk bulat telur yang berwarna hijau berintik hitam ketika muda dan berubah menjadi warna kehitaman ketika tua
  2. Cuban, jenis ini menghasilkan buah berwarna kemerahan dan tidak menjadi hitam ketika tua. Kulit buah dan daging buahnya lebih mudah di pisahkan. Daging buahnya berwarna orange
  3. Asam pilipisan, jenis ini memiliki buah berwarna hijau pucat dan berintik hitam, namun ketika tua tetap berwarna hijau. Kasturi jenis ini memiliki serat yang jauh lebih banyak dan warna daging buahnya hijau orange kekuningan.

Manfaat Buah Kasturi

Meskipun buah kasturi berukuran kecil, namun memiliki aroma yang harum dan rasa yang enak sehingga banyak di sukai oleh masyarakat.

Berikut manfaat buah kasturi:

  1. Sebagai nutrisi yang baik

Nutrisi buah kasturi antara lain:

  • Vitamin C sebanyak 81.40%
  • Vitamin A sebanyak 6069.29 IU
  • Vitamin E dan mineral
  • Kadar air yang tinggi sebanyak 81.40%
  • Protein sebanyak 1.20%
  • Lemak yang rendah sebanyak 0.44%
  1. Kaya Vitamin

Di dalam buah kasturi terdapat vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, C dan E.vitamin C membantu mempertahankan kesehatan tubuh sehingga tidak mudah terkena pernyakit. Vitamin A baik untuk kesehatan mata. Vitamin E berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Pencagah kangker

Buah kasturi merupakan salah satu jenis mangga, buah kasturi mengandung banyak komponen penting yang mampu mencegah kanker. Selain anti oksidan, senyawa penting lainya yang membantu fungsi pencegah kanker adalah asam galat, astragalin, filsetin, kuersentin, dan metilgallat.

  1. Meningkatkan Selera Makan

Kombinasi rasa manis dan asam pada buah kasturi di hasilkan dari beberapa asam yang terkandung khususnya asam sirat, jumlah asam pada kasturi sekitar 0.31% sampai 0.71%. kombinasi rasa inilah yang merangsang selera makan semakin meningkat.

  1. Sumber Energi

Buah kasturi mengandung karbohidrat dalam bentuk selulosa, Pati, dan gula sederhana berupa glukosa dan fruktosa. gula yang terdapat pada buah selain berfungsi memberi rasa manis, juga berguna sebagai sumber energy yang dapat langsung di manfaatkan oleh tubuh.

  1. Melindungi Saluran Pencernaan

Buah kasturi kaya dengan serat alami, menjadikan buah ini layak untuk melindungi saluran pencernaan kita.

Baca Artikel Lainnya : Bahan Kain Twiscone, Karakteristik Kain Twiscone dan Kelebihannya Bahan Kain Twiscone

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Musim pancaroba, yang menjadi musim sakit dapat dilalui dengan aman jika rutin mengkonsumsi kasturi, karena kasturi mengandung nutritional, karotenoid, dan kaya vitamin (A,C,dan E)

  1. Mengoptimalkan Kesehatan Mata

Buah kasturi memiliki karorten yang tinggi kerena buah dagingnya yang berwarna Orange. Karoten dan vitamin A memberikan dampak positif untuk kesehatan mata.

  1. Menurunkan Kolestrol Jahat

Kasturi cocok di jadikan sebagai daftar menu wajib konsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat. Kolesterol jahat pada tubuh dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan, seperti gangguan jantung dan hati.

Baca Artikel lainnya : 40 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Sekarang udah tahu kan manfaat yang terkandung dalam buah yang sekilas mirip buah mangga ini, kamu mungkin bisa mencoba mengkonsumsi buah kasturi ini secara rutin agar menjaga tubuh kamu mendapatkan asupan gizi yang bermanfaat dalam buah kasturi.

Semoga ulasan mengenai buah kasturi bisa bermanfaat untuk teman-teman agustinnesia, tunggu ulasan mengenai buah-buahan lainnya di agustinnesia.com. Kamu juga boleh membagikan ulasan diatas dengan klik tombol share, kirim ke keluarga atau teman terdekatmu siapa tahu dapat bermanfaat untuk orang lain, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *