Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Pada kesempatan kali ini agustinnesia akan berbagi ulasan mengenai manfaat yang terkandung dalam buah Gandaria, yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

Buah gandaria biasanya dibuat sebagai rujak oleh dan olahan sambal gandaria. Buahnya berasa kecut-manis dan dapat dimakan secara langsung. Buah Gandaria berbentuk kecil mirip kelereng. Biji buah gandaria berwarna ungu. Selain bisa digunakan untuk makanan rujak, buah gandaria terasa segar jika dibuat jus. Kandungan air yang kaya pada buah ini membuat jug gandaria menyegarkan dahaga.

Buah Gandaria Matang – image from : bridbody.blogspot.com

Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan Tubuh Kita

1. Kesehatan Kulit

Kandungan manfaat vitamin C dalam buah gandaria cukup banyak, bahkan buah ini termauk memiliki kadungan vitamin C yang paling banyak. Hal tersebut cukup baik membantu pembentukan jaringan kolagen yang menyehatkan kulit. Selain itu, kandungan betakaroten yang terdapat dalam buah ini memberikan vitamin yang baik untuk kulit. Serta kandungan air yang cukup banyak, akan selalu membantu melembabkan kulit, sehingga kesehatan kulit kita dapat tetap terjaga.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain pembentukan kolagen, manfaat dari buah gandaria ini turut membantu metabolisme protein. Kandungan yang kaya akan manfaat vitamin C dan protein membantu stimulus regenerasi sel-sel dalam tubuh. Sehingga itu akan cepat membantu proses penyembuhan luka di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan air yang terdapat pada buah gandaria juga membantu proses penyerapan zat besi lebih efektif dilakukan, yang ditunjang dengan kandungan zat besi yang terdapat pada buah ini, akan menigkatkan ketahanan tubuh kita terhadap infeksi ataupun virus yang dapat  menyarang tubuh.

4. Mencegah Kanker

Kandungan air mencapai 86,6 gram tergolong cukup tinggi dan sangat baik untuk sistem pencernaan kita. Selain itu, ditambah lagi kandungan serat yang banyak membuat waktu yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan proses penyerapan makanan lebih cepat dan lancer. Hal itu baik untuk mencegah terjadinya endapan yang menyebabkan kanker di dalam saluran pencernaan.

5. Mengatasi Sariawan

Sariawan terjadi salah satunya dari akibat kekurangan vitamin C. mengkonsumsi vitamin C yang ditubuhkan tubuh akan membantu proses penyembuhan sariawan. Manfaat buah-buahan yang mengandung vitamin C, juga turun membantu menyembuhkan gusi berdarah. Kebutuhan vitamin C untuk tubuh dalam sehati adalah 60 mili gram. Buah gandaria memiliki kandungan vitamin C lebih dari 60 mg, yang cukup baik untuk membantu kita menyembuhkan sariawan.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Perlu kita ketahui bahwa tubuh kita ini 80%-nya terdiri dari air. Tubuh kita sangat membutuhkan air dengan jumlah banyak. Darah dalam tubuh kita saja 80%-nya terdiri dari air. Darah kita membutuhkan air untuk menjaga kekentalan dalam sistem peredaran darah. Buah gandaria memiliki kandungan air yang banyak. Mengkonsumsi dengan cara meminum jus buah gandaria akan memberikan asupan air yang cukup baik bagi peredaran darah kita menjadi lebih lancer.

7. Menjaga Fungsi Otak

Selain darah yang membutuhkan air, otak juga membutuhkan air untuk menjaga fungsinya dengan baik. Perlu diketahui bahwa 70% otak kita terdiri dari air. Dengan memberikan asupan air yang cukup akan menjaga fungsi otak, berjalan dengan baik.

8. Menjaga Fungsi Paru-paru

Organ tubuh lainnya yang sangat membutuhkan asupan air yang cukup adalah paru-paru. Fungsinya memang untuk sistem pernafasan, namun 90% dari komposisi paru-paru adalah air. Manfaat buah gandaria ini memiliki nutrisi yang cukup baik untuk menjaga fungsi paru-paru.

9. Menetralisir Racun

Terpenuhinya kebutuhan akan air dalam tubuh sangat penting untuk menjaga fungsi organ kita. Fungsi air lainnya cukup penting adalah membantu mengatur suhu tubuh kita dengan proses keluarnya keringat, Hal itu cukup baik untuk membersihkan kotoran dan racun tubuh. Selain itu air yang masuk ke dalam tubuh akan membantu proses reabsorpsi lebih cepat. Sehingga cairan urin dapat mengeluarkan limbah dlam tubuh dengan baik.

10. Mengatasi Susah BAB

Kandungan air dan serat yang tinggi pada buah gandaria dapat membantu mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Air dan serat tersebut membantu proses penyerapan menjadi lebih lancer dan cepat.

11. Membantu Program Diet

Perlu kita ketahui bahwa serat yang terdapat pada buah gandaria juga mampu membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat pada buah gandaria lebih banyak daripada lemak buahnya. Sehingga efek yang dihasilkan akan lebih banyak dipengaruhi oleh kandungan seratnya. Selain itu, kecukupan serat dalam tubuh turut membantu membuat kenyang lebih lama.

Baca Artikel Lainnya : 17 Manfaat Jeruk Bali Untuk Kesehatan dan Kecantikan

12. Mengurngi Resiko Stroke

Dari berbagai hasil studi yang dilakukan, ditemukan bahwa serat dapat mengikat kolesterol dan membuangnya bersama fases. Kandungan serat hingga 150 mg dalam buah gandaria akan membatu mengikat kolesterol lebih efektif. Sehingga minimnya kadar kolesterol yang telah diikat, juga baik untuk kesehatan mengurangi resiko stroke.

13. Kesehatan Jantung

Hasil penelitian dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition September 1999 menemukan bahwa serat yang merupakan penangkal yang baik untuk melawan penyakit jantung.

14. Mencegah Resiko Diabetes

Studi lain yang dilakukan oleh American Medical Association 12 februari tahun 1997 menyatakan bahwa fungsi serat lainnya adalah mencegah resiko diabetes. Jenis serat yang dikonsumsi yakni serat larut dalam air seperti buah gandaria dapat juga memperbaiki kondisi dari penderita biabetes, serta mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.

15. Kesehatan Mata

Kandungan lainnya terdapat dalam buah gandaria yang memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi kesehatan kita adalah beta karoten. Dimana nutrisi tersebut berguna untuk menjaga kesehatan mata kita. Karena betakaroten merupakan nutrisi yang cepat berubah menjadi vitamin A yang diserap oleh tubuh. Kita tahu bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata.

Konsumsilah buah gandaria untuk mendapatkan manfaat yang terkandung dalam buah ini untuk menjaga agar tubuh kita tidak mudah terkena penyakit yang tidak kita inginkan, nutrisi pada buah-buahan tentu lebih baik daripada kita mengkonsumsi obat atau suplemen yang mengandung kimia.

Baca Artikel Lainnya : 12 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Rambut

Jangan berlebihaan saat mengkonsumsi buah gandaria ini, untuk mendapatkan kandungan nutrisi dalam buahnya. Semoga ulasan lengkap manfaat buah gandaria dapat berguna untuk teman-teman, kamu juga bisa membagikan ulasan diatas melalui tombol share, share ke teman atau keluarga terdekat siapa tahu juga bisa bermanfaat untuk orang lain, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *