Manfaat Buah Erbis Untuk Kesehatan

Assalamualaikum – Teman teman agustinnesia

Buah Erbis adalah salah satu jenis buah yang sangat umum di Indonesia. Buah ini termasuk sebagai salah satu jenis buah markisa dengan bentuk yang lebih besar dan lonjong dibandingkan dengan jenis buah markisa lain. Tanaman ini bisa tumbuh subur di wilayah dengan dataran rendah. Ph tanah dengan angka sekitar 5,5 hingga 5,5 menjadi media yang sangat tepat untuk menanam buah erbis. Tanaman ini tidak mengeluarkan banyak air sehingga lebih senang tumbuh pada lahan yang lebih kering. Penyebaran tanaman Erbis bisa dilakukan dengan menyamai benih kemudian memindahkan ke lahan yang sesuai. Lebih baik jika ditanam pada musim penghujan.

Buah Erbis – image from : tokopedia.com

Kandungan Gizi Buah Erbis

Buah Erbis mengandung berbagai jenis nutrisi yang sangat penting untuk tubuh kita. Meskipun di beberapa daerah tanaman ini hanya dimanfaatkan sebagai tanaman pagar hidup. Setiap 100gram buah erbis mengandung beberapa bahan seperti :

  • Energi (72kkal)
  • Protein (0,5 gr)
  • Karbohidrat (19gr)
  • Kalsium (10 mg)
  • Fosfor (50 mg)
  • Zat besi (1 mg)
  • Vitamin A (10 IU)
  • Vitamin C (a 16 mg)

Buah erbis juga mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan. Mengkonsumsi  buah erbis sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Anda dapat mengolahnya menjadi jus atau sebagai camilan. Rasa alami buah erbis manis, asam dan menyegarkan.  Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah erbis :

1. Menjaga Kesehatan Usus

Dalam setiap 100 gram buah erbis mengandung sekitar 64 gram serat larut yang berarti bahwa jenis serat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Serat larut dalam buah erbis sangat baik untuk meningkatkan proses amylase usus yaitu sebuah proses yang membantu merubah gula kompleks dari makanan menjadi gula sederhaa yang bisa langsung masuk ke sistem pencernaan. Serat juga menurunkan kadar Ph dan amoniak pada usus sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus.

2. Mencegah Asma

Menurut sebuah penelitian yang dikembangkan di iran diketahui bahwa jeli kulit erbis mengandung senyawa dan asam khusu yang bisa mencegah serangan asma bagi penderita asma dalam berbagai skala.

Buah erbis juga mengandung antioksidan tinggi yang bisa mengatasi kanker dan penyakit jantung. Kandungan senyawa flavonoid buah erbis juga bisa menjadi anthihistamin alami yang mencegah rasa sakit dan sesak pada penderita asma. Bahkan buah erbis juga bisa mengatasi alergi dan demam pada penderita asma.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan polifenol dalam biji buah erbis mengandung manfaat yang sangat besar untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan senyawa ini bisa mengatasi masalah pada pembuluh darah dan menjaga agar pembuluh darah tetap rileks sehingga mengatasi stress pada pembuluh darah. Senyawa dan nutrisi pada buah erbis ini juga bisa menjaga kesehatan jantung karena mampu mendukung pekerjaan pembuluh darah dan mengatasi kerusakan sistem pembuluh darah.

4. Mencegah Kanker

Manfaat buah erbis mengandung senyawa alkaloid dan antioksidan yang tinggi dan bisa bertindak sebagai agen kesehatan yang mengatasi zat radikal bebas. Selain itu, buah erbis juga mengandung fitokimia seperti karotenoid dan polifenol yang bisa mencegah munculnya sel kanker. Jenis asam yang ditemukan pada buah erbis seperti asam linoleat, oleat, palminat dan streart yang bisa mencegah resiko kanker payudara.

Buah erbis juga penting untuk mengatasi berbagai jenis pertumbuhan jamur dalam tubuh, untuk mengatasi berbagai jenis kemungkinan penyakit yang disebabkan oleh zat radikal bebas.

5. Mengatasi Gangguan Tidur

Gangguan kesulitan untuk tidur seperti insomnia bisa menyebabkan beberapa jenis penyakit seperti serangan jantung dan juga kanker. Hal ini bisa mengatasi gangguan tidur karena bisa menyebabkan efek yang menenangkan untuk pikiran dan perasaan. Konsumsi buah erbis disarankan untuk semua orang yang memiliki masalah gangguan tidur.

6. Mengatasi Rasa Cemas

Rasa cemas menjadi salah satu perasaan yang bisa meningkankan stress dan bisa mempengaruhi kerja organ tubuh secara umum. Banyak orang yang kemudian menderita penyakit serius hanya karena sering merasa cemas sepanjang waktu. Gangguan cemas yang berlangsung dalam waktu lama juga bisa menyebabkan masalah pada tekanan darah seperti menjadi hipertensi.

7. Mencegah Anemia

Anemia adalah salah satu gangguan yang disebabkan karena kurangnya kandungan hemoglobin dalam darah. Anemia banyak menerang wanita dan remaja yang sudah mengalami masa siklus menstruasi. Jika anemia tidak diobati maka bisa menyebabkan penderita kehilangan masa-masa produktif karena anemia akan menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah.

Buah erbis mengandung zat besi dan fosfor yang sangat baik untuk meningkatkan kandungan hemoglobin dalam darah. Konsumsi secara teratur bisa mengurangi resiko anemia dan mencegah anemia agar tidak kembali lagi.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Ibu Hamil dan Kecantikan

8. Sumber Antioksidan

Buah erbis juga mengandung sumber antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan bahan antioksidan tinggi bisa mengatasi pertumbuhan berbagai jenis kanker. Selain itu, antioksidan juga sangat baik untuk mencegah masalah penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut.

9. Membantu Program diet

Diet bisa dilakukan oleh semua orang yang memiliki berat badan berlebihan. Buah erbis tidak mengandung lemak dan kalori yang sangat tinggi sehingga bisa dikonsumsi sebagai buah rutin untuk diet. Selain itu, buah erbis bisa menjadi salah satu sumber kalori yang baik tanpa menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Kandungan serat larut dalam buah erbis sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan dan mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Kersen atau Talok Untuk Kesehatan

Baca Artikel Lainnya : 80 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan dan Ibu Yang Sedang Hamil

Manfaat buah erbis sangat baik untuk membuat pikiran menjadi lebih santai. Konsumsi jus buah erbis memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Disisi lain tanaman erbis bisa menjadi pagar hidup membuat lingkungan tempat tinggal menjadi lebih teduh.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *