Manfaat Buah Duwet Atau Jamblang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Ada yang pernah makan buah Duwet atau Jamblang? Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan buah yang satu ini, jika ada yang belum tahu coba tanyakan pada keluarga atau teman dekat-mu siapa tahu ada yang lebih mengetahuinya, Agustinnesia akan membagikan ulasan mengenai apa saja manfaat dari buah Jamblang atau Duwet ini, biar enggak penasaran yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini…..

Buah Duwet merupakan buah yang termasuk dalam buah musim. Karena buah ini tumbuh di musim tertentu saja, buah duwet atau jamblang merupakan buah yang memiliki warna keunggu-ungguan dan memiliki bentuk seperti buah anggur. Buah ini sering disebut dengan Jamblang atau Duwet.

Buah Duwet – image from : kumparan.com

Buah jamblang atau duwet memiliki nama latin (Syzgium cumini) atau disebut jambu keliling. Buah duwet atau jamblang memiliki rasa yang manis, asam dan sepat. Rata rata pohon jamblang (duwet) dapat tumbuh hingga memiliki tinggi 15 sampai dengan 20 meter, penyebaran tanaman jamblang adalah daerah dengan iklim tropis.

Buah Duwet ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Kandungan buah ini pun sangat baik untuk menjaga kesehatan. Pada dasarnya setiap buah memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Tidak kecuali buah jamblang atau duwet in, Namun untuk saat ini buah duwet atau jamblang sudah sangat jarang ditemukan. Karena saat ini sangat jarang orang menanam buah duwet ini. Tetapi di desa-desa tertentu masih banyak ditemukan buah duwet atau jamblang ini.

Buah duwet atau jamblang dapat juga dimanfaatkan untuk dibuat selai atau kreasi makanan lainnya. Buah Duwet (Jamblang) ini selain teksturnya yang akan kasap warna seperti anggur juga enak dimakan. Buah Duwet ini tidak hanya dimanfaatkan untuk dijadikan selai saja tetapi banyak olahan lainnya berbahan dasar buah Duwet (Jamblang) ini.

Tidak hanya itu manfaat dari buah jamblang dari segi kesehatan sangatlah banyak dan beragam. Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari buah Duwet (Jamblang) ini adalah sebagai berikut :




1. Mengurangi Diabetes

Untuk mengatasi penyakit diabetes perlu memperbaiki pola makan, yaitu jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang instan dan yang manis-manis. Karena dapat menyebabkan gula darah naik dan diabetes semakin naik levelnya. Buah duwet dapat menjadi solusi sebagai pengontrol gula darah dengan kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah duwet atau jamblang ini.

2. Mengatasi Asma

Mengatasi asma bukan hal yang dapat dikatakan mudah. Biasanya asma terjadi karena adanya virus atau bakteri yang ada di dalam tubuh. Tetapi ternyata asma ini dapat disembuhkan secara perlahan dengan membasmi dan membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan asma tersebut. Salah satunya dengan menggunakan buah Duwet (Jamblang) ini.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang baik akan membantu untuk menjaga tubuh. Maka dari itu kesehatan tubuh perlu dijaga agar kondisi tubuh tidak mudah melemah dan tidak mudah terserang penyakit.

4. Mengatasi Sariawan

Karena buah Duwet ini mengandung banyak vitamin C maka dari itu buah Duwet (Jamblang) ini baik jika digunakan untuk mengatasi sariawan. Pada dasarnya sariawan sering terjadi karena kekurangan vitamin C pada mulut sehingga menyebabkan mulut kekeringan dan mengalami bibir pencah-pecah, dan sariawan.

5. Mengatasi Diare

Penyebab diare sangatlah banyak. Bisa karena salah mengkonsumsi makanan atau lain sebagainya. Namun apapun penyebabnya dengan mengkonsumsi buah Duwet atau Jamblang dapat mengatasi diare tersebut.

6. Mengobati Sakit Perut

Biasanya ketika seseorang mengalami sakit perut harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab dari sakit perut tersebut. Jika penyebab karena tidak dapat BAB maka dapat dirangsang dengan menggunakan buah Duwet agar buang air besar menjadi lebih lancar.

7. Menyehatkan Gigi

Gigi yang indah adalah gigi yang sehat, putih dan kuat. Dengan demikian untuk menguatkan gigi agar tidak mudah berlubang dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium, dan fosfor. Karena keduanya dapat membantu untuk memperbaiki email gigi.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan perlu dijaga dengan baik, karena dengan mengkonsumsi makanan berarti sama dengan memasukan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memberikan kekuatan dan energi pada tubuh.

9. Mengatasi Nyeri Pada Lambung

Manfaat dari buah Duwet atau Jamblang juga baik untuk lambung, untuk itu agar lambung sehat perlu beberapa obat agar tidak mengalami nyeri. Manfaat dari buah Duwet juga dapat mengatasi Nyeri pada lambung meski tidak secara keseluruhan atau bertahan lama paling tidak dapat meredakan nyeri pada lambung.

10. Membuat Tulang Lebih Sehat

Kesehatan dan kekuatan tulang sangat membantu untuk bertahan agar tidak mengalami patah tulang. Kesehatan tulang juga ditentukan dengan beberapa banyak kalsium yang ada di dalam tulang. Pada dasarnya kalsium sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, salah satu dari kandungan nutrisi buah Duwet adalah kalsium hal ini dapat membantu menyehatkan tulang tubuh kita secara alami.

11. Agar Tidak Ngompol

Terkadang seseorang yang sudah besar pun masih sering ngompol. Untuk mengatasi hal ini dapat dengan cara mengkonsumsi buah duwet atau jamblang ini.

Itulah beberapa manfaat buah duwet atau jamblang dan masih banyak lagi manfaat dari buah duwet ini adapun beberapa manfaat lainhnya sebagai berikut :

  • Mengatasi Epilepsi

  • Mengatasi Infeksi Darah

  • Sebagai Anti Kanker

  • Menjaga Kesehatan Jantung

  • Sebagai anti bakteri

  • Mengobati batuk kronis

  • Menangkal radikal bebas

  • Sebagai Pewarna makanan alami

  • Mencegah batuk rejang

Sekarang udah pada tahu kan manfaat yang terkandung dalam buah jamblang atau duwet ini, jadi jika saat musim buah duwet jangan ragu untuk mencoba mengkonsumsi buah ini untuk menjadi salah satu solusi sehat alami dengan menggunakan efek baik dari buah duwet (jamblang).

Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan teman-teman Agustinnesia, kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu juga bisa bermanfaat untuk orang lain terdekatmu, tunggu artikel bermanfaat berikutnya di Agustinnesia.com terimakasih teman-teman Agustinnesia.

Waalaikumsalam – Teman teman Agustinnesia




Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya :




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *