Manfaat Buah dan Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teaman teaman Agustinnesia

Anda sering mengkonsumsi buah sirsak? Tentu sebagian dari teman-teman pernah mengkonsumsi buah sirsak, jika belum pernah mengkonsumsi buah sirsak teman-teman harus mulai mencoba mengkonsumsi buah sirsak, mengapa? Karena berbagai hal manfaat yang terkandung didalam buah sirsak cukup baik bagi kesehatan tubuh kita, mungkin ada dari kita sering malas mengkonsumsi buah sirsak secara langsung karena harus membuka kulit buahnya dan memisahkan daging buah dari bijinya, jangan khawatir buah sirsak juga mudah kita dapatkan di berbagai outlet jus buah, mintalah jus sirsak, nah pada ulasan kali ini agustinnesia akan membagikan ulasan mengenai kandungan serta manfaat buah sirsak, pasti penasaran kan apa saja khasiatnya, yuk simak selengkapnya dibawah ini jangan lewatkan:

Manfaat buah Sirsak untuk tubuh sangat banyak sekali, buah sirsak memiliki banyak manfaat seperti mengatasi sembelit sampai dengan mencegah penyakit kanker ganas sekalipun. Sekilas tentang buah sirsak yaitu buah yang terdiri dari 67,5 % daging buah, 20% kulit buah, 0,5% biji buah, dan 4% inti pada buah sirsak adalah karbohidrat.

Buah Sirsak – image from : Hello Sehat

Perlu teman-teman ketahui buah sirsak merupakan buah yang sering disebut dengan nama yang berbeda di setiap daerah di Indonesia. Buah sirsak di Jawa dikenal sebagai nangka landa dan nangka walanda, di Sunda dikenal dengan sebutan sirsak, sedangkan di Madura disebut nangka buris. Nama sebutan buah sirsak di Bali adalah sirkaya jawa sedangkan di Aceh disebut boh lona, Panggilan buah sirak dari Nias yaitu durio ulondro, Sedangkan di Minangkabau disebut durian betawi, serta jambu landa di Lampung. Dengan adanya banyak nama disetiap daerah menambah ragam nama dari buah sirsak ini, namun banyak masyarkat Indonesia menyebutkan dengan nama sirsak lebih populernya.

Manfaat Buah Sirsak

Manfaat buah Sirsak untuk kesehatan tubuh sangat banyak, buah sirsak telah dipercaya puluhan tahun untuk mengobati berbagai penyakit dan mencegah terjadinya penyakit berbahaya yang dapat menyerang organ tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh Manusia.

1. Mencegah dan Mengobati Kanker

Seperti halnya buah manggis yang cukup populer dan ampuh sebagai anti-kanker, buah Sirsak juga dapat mencegah dan mengobati kanker atau tumor. Buah Sirsak dipercaya memiliki antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kanker, sedangkan daunya juga dipercaya dapat mengobati kanker yang menyerang tubuh. Selain buah, daun pohon sirsak juga dipercaya lebih ampun untuk masalah pengobatan herbal untuk penyakit kanker.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Menunda Proses Penuaan

Buah sirsak memiliki vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan menunda proses penuaan.

3. Mengatasi Sembelit

Kandungan serat yang banyak terdapat pada buah sirsak juga dapat menunjang dan memperlancar Pencernaan pada tubuh.

4. Mengobati Ambien

Buah Sirsak dapat mengobati ambien, minum jus buah sirsak yang sudah masak dan memiliki kadar air yang terdapat pada buah sirsak dapat mencegah dan mengobati ambien.

5. Mengobati Penyakit Liver

Buah Sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit liver. Penggunaannya adalah dengan meminum jus sirsak sebagai penganti makanan. Mengkonsumsi buah sirsak secara rutin akan menambah daya tahan tubuh dan kesehatan kita, konsumsilah buah sirsak untuk mendapatkan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Buah Sirsak Lainnya

Penelitian yang telah dilakukan terhadap buah sirsak sangat mendukung potensi manfaat sirsak sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Dalam studi yang diterbitkan dalam “Journal of Ethnopharmacology”, ekstrak buah sirsak dapat menghambat pertumbuhan virus Herpes. Selain itu, Pusat Kanker juga merangkum temuan yang menunjukan ekstrak buah sirsak bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker atau membuat mereka lebih rentan terhadap obat anti-kanker.

Misalnya, dalam satu penelitian yang diterbitkan pada tahun 1997 dalam “ Journal of Medicinal Chemistry”, senyawa dari buah sirsak diuji pada sel kanker payudara dan ditemukan hingga 250 kali lebih efektif dalam membunuh sel-sel dari beberapa obat kemoterapi. Studi-studi laboratorium terhadap buah sirsak sangat mendukung berbagai potensi ini, namun penelitian dengan subyek manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi potensi manfaat buah sirsak ini.




6. Kandungan Gizi Buah Sirsak

Bukan hanya gizi dan vitamin saja, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen lain yang non gizi. Salah satu diantaranya adalah mengandung banyak serat dierary fiber (serat pangan), yaitu mencapai 3,3 g/ 100g daging buah sirsak.

Buah sirsak juga sangat kaya akan senyawa fitokimia, dengan kandungan senyawa ini sudah dapat dipastikan buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jika kita mengkonsumsi 100gram daging buah sirsak maka sudah memenuhi 13 % kebutuhan serat pangan dalam sehari, nah teman-teman jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah sirsak secara rutin karena manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh kita sangat banyak.

Rekomendasi Mengkonsumsi Buah Sirsak

Sebagai buah yang kaya manfaat, aturan mengkonsumsi buah sirsak memang belum banyak dipublikasikan. Namun, perlu teman-teman agustinnesia ketahui bahwa satu buah sirsak dengan ukuran sedang mengandaung sekitar 15 miligram annonacin, komponen yang paling banyak dipelajari. Hindari untuk mengkonsumsi buah Sirsak secara berlebihan karena jumlah senyawa alkaloid yang dapat menyebabkan gejala neurologis mirip dengan penyakit Parkinson. Konsumsilah secara bijak, Anda dapat mengkonsumsi buah Sirsak dalam bentuk jus setiap harinya untuk mendapatkan manfaat yang terkandung dalam buah sirsak.

Cara Mengkonsumsi Daun Sirsak

  • Ambilah 7 daun sirsak
  • Lalu rebus air secukupnya
  • Bila Anda ingin menambahkan rasa manis Anda dapat menambahkan gula sedikit agar tidak terlalu pahit
  • Tuangkan pada gelas yang sudah Anda siapkan, minumlah sedikit demi sedikit dan lakukan setiap hari secara rutin. Agar efek baik dari kandungan daun sirsak dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.




Semoga ulasan mengenai manfaat buah sirsak diatas dapat bermanfaat untuk teman-teman agustinnesia, tunggu artikel bermanfaat berikutnya di agustinnesia.com, kamu juga bisa membagikan ulasan diatas ke keluarga atau teman dekatmu, siapa tahu dapat bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *