Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Pernah makan buah ciplukan? Pasti ada yang belum pernah kan. Buah ciplukan memang jarang dijual dipasar karena buah ciplukan tidak seperti buah yang lain pada umumnya seperti buah pisang atau mangga, namun taukah kamu jika buah ciplukan saat ini banyak diburu oleh orang-orang karena buah ciplukan mengandung banyak sekali nutrisi yang berguna serta berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita, buah ciplukan dapat kita temukan di area persawahan biasanya, buah ciplukan dulu sering dipandang oleh orang sebelah mata, namun kini karena khasiat dan manfaatnya mulai banyak orang yang membudidayakan menggunakan beberapa media tanam dirumahnya, daripada penasaran yuk simak ulasannya mengapa buah ciplukan sekarang banyak diburu oleh sebagian orang:

Buah ciplukan memiliki nama latin physalis angulata dalam bahasa inggris bisa di sebut morel berry atau physalis. Buah ciplukan memiliki bentuk buah yang unik karena buahnya diselubungi oleh kelopak yang mengembang. Buahnya akan berwarna hijau dan rasanya getir  ketika baru tumbuh dan berubah menjadi kuning  dan manis ketika masak.

Buah Ciplukan – image from : doktersehat.com

Ciplukan adalah tanaman liar yang biasa kita temukan di kebun atau area persawahan yang mengering, cipluka tumbuh hampir di seluruh wilayah Indonesia dan memiliki sebutan yang berbeda-beda seperti cecendet (bahasa Sunda), kepok-kepokan, angket, keceplokan (bahasa Bali), yor-yoran (bahasa Madura), dan leletokan ( bahasa Minahasa) dedes (bahasa Sasak). Buah ciplukan tidak hanya bisa di temui di Indonesia di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Slandia Baru, dan Australia namun dengan ukuran yang lebih besar.

Nutrisi yang terkandung dalam buah ciplukan yaitu:




  • Saponin, flavonoid,polifenol (dalam bentuk tanin), alkaloid, kriptaxantin, vitamin C, asam stearat, asam sitrat, asam palmitat, asam malat, dan fisalin ( fisalin B, fisalin C fisalin F) . Semua bagian tanaman ciplukan dapat di manfaatkan mulai dari akar, batang, daun hingga buahnya.
  • Ciplukan telah di teliti oleh beberapa ahli dari beberapa negara. Peneliti tersebut fokus pada aktivitas yang dimiliki oleh ciplukan.dari penelitian yang telah di lakukan baik secara in vitro maupun in vivo, di dapatkan informasi bahwa ciplukan memiliki aktivitas sebagai antihiperglikemi, anti bakteri, anti virus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator) antiinflamasi, antioksidan, dan sitotoksik.

Di balik rasanya yang manis-asam dan mengandung banyak nutrisi mari kita ulas apa saja manfaat dari buah ciplukan.

Manfaat buah ciplukan:

1. Mengatasi gejala penyakit parkinson

Parkinson adalah penyakit karena adanya gangguan pada sistem saraf yang memberikan pengaruh pada gerak tubuh. Gejala awal penyakit parkinson adalah tremor pada salah satu tangan. Mengkonsumsi jus ciplukan secara rutin dapat membantu menurunkan gejala tremor tersebut.

2. Mengobati penyakit kuning

Penyakit kuning adalah ketika warna kulit tubuh manusia berubah menjadi kuning karena tingginya zat bilirubin dalam darah. Biasanya yang terkena penyakit kuning adalah bayi. Kandungan senyawa antioksidan seperti fisalin, saponin, flavonoid, dan polifenol yang ada didalam ciplukan dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit kuning. caranya, jemur ciplukan hingga kering, kemudian campurkan pada air untuk mandi.

3. Menurunkan kolestrol

Kolestrol merupakan masalah yang sering di temui di masyarakat. Agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut, anda bisa mengkonsumsi ciplukan untuk membantu menetralkan kolestrol dalam tubuh. Caranya mengkonsumsi daun ciplukan dua helai tiga kali sehari.

4. Mengatasi epilepsi

Penyakit epilepsi di sebabkan oleh tertanggungya aktivitas sel saraf di otak sehingga menyebabkan penderita mengalami kejang. Hal ini bisa akibat faktor genetik atau cedera akibat trauma. Anda bisa mengkonsumsi buah ciplukan sebanyak 8-10 buah per hari untuk menurunkan gejalanya.

5. Menjaga saluran kemih

Ciplukan dapat di jadikan salah satu obat diuretik yang dapat memperlancar buang air kecil, mencegah infeksi saluran kemih, dan juga mencegah batu kandung kemih. Caranya, minum air rebusan dari akar sampai pucuk buah ciplukan.

6. Menurunkan kadar gula darah

Tingginya kadar gula dalam darah adalah kondisi yang umumnya dialami oleh penderita diabetes. Sebuah penelitian mampu menunjukkan bahwa daun ciplukan memiliki aktivitas anithiperglikemia sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Ciplukan bekerja langsug mempengaruhi kerja insulin. Caranya rebus batang dan akar dari buah ciplukan, kemudian minum tiga kali sehari.

7. Mengatasai infeksi kulit

Infeksi kulit menyebabkan kulit terluka, penyebannya bermacam-macam mulai dari infeksi bakteri hingga kondisi tertentu seperti diabetes.  Menggunakan daun ciplukan dapat menjadi salah satu arternatif karena daun ciplukan memiliki sifat anti inflamasi. Caranya, tumbuk halus daun ciplukan yang sudah di cuci bersih lalu balurkan pada kulit yang terinfeksi, tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

8. Obat nyeri untuk penyakit lupus

Penyakit lupus adalah suatu ganguan sistem kekebalan yang terjadi didalam tubuh. Penyakit ini termasuk kedalam penyakit autoimun yang menyebabkan sel-sel tubuh rusak dan mengalami peradangan. Ciplukan bermanfaat sebagai obat pereda nyeri akibat penyakit ini, karena selain memiliki sifat anti hiperglikemik dan juga anti inflamasi, ciplukan juga memiliki efek analgesik atau anti nyeri.

9. Mengatasi nyeri sendi dan rematik

Nyeri sendi tentu sangat mengganggu aktivitas. Hal ini dapat di obati dengan daun ciplukan. Caranya campurkan daun ciplukan dengan kapur sirih secukupnya tumbuk hingga halus, kemudian temperkan pada persendian yang sakit

10. Menambah darah

Jika anda mengalami gejala seperti lelah, pusing, limbung, sesak nafas, dan detak jantung cepat, kemungkinan Anda terserang Anemis. Daun ciplukan dapat menjadi salah satu arternatif, caranya minum rebusan daun ciplukan dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah merah sehinggan gejala tersebut dapat diatasi.

11. Mencegah penyakit paru-paru basah

Kandungan antibakteri dalam tanaman ciplukan dipercaya dapat mencegah perkembangan bakteri penyebab tuberkulosis atau TBC. Caranya mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin.

Nah sekarang udah pada tahukan mengapa buah ciplukan banyak diburu oleh orang, jangan anggap sepele setiap ciptaan tuhan karena tuhan (Allah SWT) menciptakan sesuatu pasti memiliki manfaat yang baik untuk kita. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan untuk teman-teman kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu terimakasih.

Waalaikumsalam Teman-teman 





Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya : 

  1. Mengenal Kain Polyester, Kelebihan Kain Polyester dan Jenis-Jenis Kain Polyester
  2. Mengenal Kain Rajut, Kelebihan Kain Rajut Dan Jenis-Jenis Kain Rajut
  3. Bahan Kain Twiscone, Karakteristik Kain Twiscone dan Kelebihannya Bahan Kain Twiscone
  4. Bahan Kain Denim, Karakteristik Kain Denim dan Jenis-Jenis Kain Denim
  5. Bahan Kain Crepe, Karakteristik Kain Crepe, dan Jenis-Jenis Kain Crepe
  6. Mengenal Bahan Kain Kasmir, Kashmir atau Cashmere
  7. Kelebihan Kain Wolfis, Karakteristik, dan Harganya
  8. Kain Sutera
  9. Kain Satin, Kelebihan Kain Satin Karakteristik Kain Satin, dan Harga Kain Satin
  10. Yuk Cari Tahu! Kelebihan Dari Bahan Kain Ceruti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *