Manfaat Buah Carica Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Udah pernah makan buah Carica belum teman-teman? Bagi yang belum pernah makan buah carica tenang, buah Carica sekarang sudah mudah kita temukan di supermatket biasanya berupa kemasan “manisan” buah carica dengan harga cukup terjangkau, pada ulasan kali ini kita akan membahas mengenai kandungan yang terdapat di dalam buah Carica dan manfaat nya untuk kesehatan tubuh kita, penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini:

Buah Carica – image from : lifestyle.okezone.com

Bagi masyarakat Indonesia, sebagian dari kita tidak begitu mengenal buah yang satu ini. Buah Carica memang sulit ditemukan karena hanya tumbuh di dataran dataran tinggi. Buah carica hanya dapat tumbuh pada daerah yang memiliki suhu dingin seperti di Peggunungan. Manfaat buah carica untuk kesehatan sangat banyak dan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sekilas Tentang Buah Carica

Buah yang pertama kali ditemukan di Amerika ini di Indonesia sendiri hanya tumbuh di Dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Karena hanya dapat tumbuh di Dataran Tinggi Dieng, buah ini sulit didapatkan dan kita mungkin menemukan buah Carica dalam bentuk kemasan manisan di supermarket, Buah yang memiliki ciri fisik seperti buah Pepya ini memiliki kandungan gizi yang berkhasiat yang terdapat pada buah Carica.

Kandungan Gizi Buah Carica

Tidak banyak yang tahu khasiat dari buah Carica untuk kesehatan dan hanya tahu kalau buah ini memiliki rasa yang asam dan segar. Pada hal buah Carica mengandung banyak serat, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Enzim papain, dan Kalsium yang tentunya bermanfaat bagi tubuh kita. Kandungan – Kandungan tersebutlah yang menjadikan buah Carica memiliki banyak khasiat. Berikut ini adalah 10 khasiat buah Carica yang baik untuk Kesehatan ataupun lainnya :

Manfaat Buah Carica

1. Memberi Lahan Bisnis

Secara tidak langsung, buah yang hanya dapat tumbuh di dataran tinggi ini memberi lahan bisnis khusus bagi warna yang tinggal di daerah tersebut. Buah Carica memiliki fungsi sebagai bahan makanan karena dapat di olah menjadi banyak macam olahan. Seperti selai, Manisan, Sirup, Keripik, Dodol. Warga Wonosobo sendiri banyak yang membuat industri rumahan yang mengolah buah Carica dan menjualnya.

2. Dapat Menjadi Obat Kulit

Buah Carica juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kulit. Menurut warga Wonosobo, buah Carica di Amerika memang dijadikan obat penyakit kulit dalam bentuk obat-obatan. Namun di Wonosobo, belum ada yang mengolahnya menjadikannya sebagai obat kulit.

3. Menjadi Kosmetik dan Skin Care

Tidak hanya untuk obat kulit, Buah Carica dapat membentuk kolagen dalam tubuh. Sehingga buah ini juga dapat menjadi bahan pembuat kosmetik dan skin care. Kolagen yang dihasilkan dapat membuat kulit menjadi mulus dan terhindar dari penuaan dini seperti menghindari kerutan pada wajah maupun tubuh. Mengkonsumsi secara rutin akan berefek luar biasa pada kulit kita.

4. Memberi Kesegaran

Buah Carica yang telah diolah atau juga belum diolah memberi kesegaran pada tubuh karena memiliki rasa yang nikmat. Buah Carica yang belum diolah tidak senikmat yang sudah diolah karena rasanya yang asam.

5. Melancarkan Pencernaan

Seperti buah lainnya, Buah Carica juga mengandung Vitamin C dan serat yang tinggi memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan dalam tubuh. Warga Wonosobo memakan buah ini secara mentah dengan rutin sebagai asupan untuk melancarkan pencernaan mereka.

6. Membersihkan Usus

Karena dapat melancarkan pencernaan, Buah Carica juga dapat membersihkan organ terutama usus kita secara alami. Buah Carica dapat menghilangkan bakteri jahat karena mampu menyeimbangkan keasaman atau PH pada usus tubuh kita.

7. Menyehatkan Mata

Buah Carica juga dapat bermanfaat untuk kesehatan mata karena mengandung Vitamin A. Banyak yang beranggapan jika Vitamin A hanya terdapat pada buah wortel. Bagi Anda yang kurang menyukai sayuran (Wortel) mungkin dapat menganti asupan vitamin A dari buah Carica.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Kasturi Bagi Kesehatan

8. Menghilangkan Rabun Senja

Warna Wonosobo juga percaya bahwa buah Carica juga dapat menghilangkan penyakit rabun Senja. Seperti ulasan diatas, buah Carica mengandung Vitamin A yang dapat membantu para penderita rabun senja sedikit demi sedikit dapat sembuh.

9. Menambah Metabolisme

Buah Carica juga memiliki manfaat pada metabolisme dalam tubuh. Kandungan nutrisi serat dan Vitamin juga kalsium membantu tubuh untuk memiliki fisik yang lebih kuat dan terhindar dari virus juga bakteri. Khusunya karena keberadaan Vitamin B Kompleks.

10. Buah Carica di Indonesia

Buah Carica juga sering disebut dengan sebutan “Pepaya Gunung”. Pohonnya hampir sama dengan pohon Pepaya. Bentuk buahnya memiliki warna kuning yang terang begitupun dengan daging dan inilah yang menjadi perbedaan selain tempat tumbuhnya. Selain itu biji buah Carica lebih kecil daripada biji Pepaya dan mungkin sekilas hampir sama seperti biji buah Markisa, buah Carica juga memiliki lendir, Cairan Getah pada buah Carica cukup tebal dan harus dicuci sebanyak tiga kali terlebih dahulu sebelum dikonsumsi maupun diolah. Masyarakat wonosobo yang mengolahnya memakai sarung tangan agar tidak terkena getah. Sebab getah buah Carica dapat menyebabkan gatal-gatal dan iritasi bila disentuh.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat buah kesemek untuk kesehatan dan Kecantikan

Sekarang udah pada tahu kan manfaat yang terkandung dalam buah Carica yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah Carica untuk mendapatkan manfaatnya, semoga ulasan tentang manfaat buah Carica dapat bermanfaat untuk teman-teman, kamu juga bisa membagikan ulasan ini dengan cara klik tombol share, bagikan ke Keluarga atau kerabat terdekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *