Manfaat Buah Buni Untuk Kesehatan Tubuh

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Buah Buni – image from : yorkshirefloweressences.com

Buah Buni hanya sebagai bahan campuran rujak uleg. Rasanya yang manis, asam segar, dan cenderung sepat, membuat buah berwarna merah-ungu ini cocok sebagai pelengkap bagi rujak. Buah buni adalah buah bacca, atau berry, dengan nama latin Antidema thwaitesianum. Sekilas buah ini mirip dengan buah Anggur, bentuk bulat, kecil dan bergerombol. Buah Buni matang bisa langsung dimakan atau dibuat selai. Bagi Anda yang suka lalapan, daun dari buah Buni muda akan membuat lalapan terasa nikmat.

  • Kandungan Buah Buni

Kandungan buah Buni, memiliki gizi dan fitonutrien-nya yang tinggi. Buah Buni mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, Provitamin A (Karotenoid), Vitami B1, Vitamin B2, Vitamin E, Mineral besi, dan Fosfor, Kalium dan serat-serat, Alkaloid dan Friendelin.

Warna ungu kehitaman pada buah buni matang menunjukan kadar antosianin yang tinggi dalam buah ini. Keberadaan senyawa aktif antosianin berperan penting untuk kesehatan pembuluh darah.

Antosianin bekerja dengan cara mengoksidasi kadar LDL (Lemak jahat) dalam tubuh. Para herbalis, menyebut buah Buni sebagai obat penyakit-penyakit yang berkaitan dengan darah, seperti kekurangan darah, darah kotor, hipertensi, jantung, batuk dan gangguan pencernaan, dan lainnya.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh.

Vitamin C dosis tinggi pada buah Buni dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini juga kaya serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta mencegah terjadinya kanker usus (colon). Buah bisa dimakan langsung atau dimasukan kedalam olahan makanan.

2. Menjaga Kekebalan Tubuh.

Buah Buni baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan dapat sebgai antioksidan tubuh. Konsumsi buah Buni setelah kerja berat akan membantu menyegarkan tubuh.

3. Kesehatan Mata.

Kandungan provitamin A dalam buah buni sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan mampu mencegah terjadinya mata rabun dini. Buah Buni dimakan langsung atau menjadi olahan.

4. Mengobati Penyakit Sipilis

Meski belum diketahui pasti riset-riset tentang buah Buni, namun fungsi buah buni ini sudah dikenal sejak lama untuk mengobati penyakit sipilis.

5. Melancarkan Saluran Pencernaan

Buah Buni kaya akan serat. Mengkonsumsi buah Buni secara teratur akan mengisi kekurangan serat dalam tubuh. Sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang mengalami maslah pencernaan. Buah Buni mampu untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan Tubuh

6. Mencegah Kanker

Buah buni bisa juga berfungsi sebagai buah yang memiliki fungsi antioksidan dan pencegah kanker serta mencegah penuaan dini. Ada zat antioksidan mempunyai kemampuan menangkal efek radikal bebas, mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel-sel kanker.

7. Peremajaan Kulit

Kandungan Vitamin C dan Vitamin E akan bermanfaat menjaga kesehatan kulit karena akan meningkatkan proses degenerasi, menutrisi kulit, meremajakan kulit, serta dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Kulit akan tampak lebih halus, putih, kencang, dan bersinar.

8. Mencegah Hipertensi

Buah buni juga dapat bermanfaat untuk Antihipertensi dan kesehatan jantung. Pemakaian secara rutin akan menghindari resiko darah tinggi, kerja jantung yang abnormal, serta aterosklerosis. Buah buni juga bisa dimanfaatkan untuk penderita kurang darah (anemia).

Mencegah Kolesterol. Buah buni bisa bermanfaat untuk mencegah kolesterol tinggi, Pemakaian secara rutin akan menurunkan resiko kolesterol dan menurunkan lemak.

Baca Artikel Lainnya : 12 Manfaat Buah Nangka dan Bijin Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan dan Diet

9. Mengobati Bisul & Gatal Gatal

Sifat anti-inflamasi dan diuretic alami pada buah Buni dapat mengatasi berbagai penyakit kulit. Seperti misalnya gatal karena alergi, gatal karena gigitan nyamuk, bisul, jerawat, dan lain sebagainya. Buah Bunni juga bisa sebagai obat luar untuk luka dan gatal-gatal. Oleskan daun / buah yang sudah dihaluskan/ditumbuk ke luka.

10. Bahan Olahan

Buah Buni bayak dipakai sebagai bahan olahan yang dibuat seperti selai, sirup, manisan, campuran rujak, salad, lalapan, atau jamu.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *