Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan Ibu Hamil, Bayi dan Kesehatan Tubuh

Assalamualaikum – Teman teman agustinnesia

Buah Bit merupakan buah yang tergolong cukup mahal harganya. Buah bit memiliki banyak sekali manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Buah bit memiliki warna merah pada kulitnya, sekilas banyak orang yang mengira bahwa buat bit yang ada di supermarket adalah ubi jalar. Memang ubi jalar sangat mirip bentuknya dengan buah bit, namun daging dan manfaatnya sangatlah berbeda. Jika kita belah, buah bit ini memiliki daging buah yang berwarna merah darah. Untuk masalah rasa, buah bit memiliki rasa buah yang khas, untuk mendapatkan khasiat dari buah bit ini, Anda bisa membuat jus buah bit tanpa gula atau mengkonsumsinya secara langsung. Untuk membuat jus caranya sangatlah mudah sekali, pakai sarung tangan Anda dari warna merah buah ini, lalu kupas kulitnya dan kemudian cucilah bersih sehabis itu dipotong-potong dan dimasukan ke dalam blender. Dalam ulasan ini kita akan membahas beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan.

Buah Bit – image from : Hello sehat

Manfaat Nutrisi Buah Bit Per 100gram Untuk Kesehatan Tubuh

Prinsip Nilai Gizi Persentasi RDA

  • Energi 43 kal 2%
  • Karbohidrat 9,56 g 7%
  • Protein 1,61 g 1%
  • Total Lemak 0,17 g 0,5 %
  • Kolesterol 0mg 0%
  • Serat Makanan 2,80 g 7%

Vitamin

  • Folat  109 g 27%
  • Niacin 0,333 mg 2%
  • Asam pantotenat 0,155 mg 3%
  • Pyridoxine 0,067 mg 4%
  • Riboflavin 0,057 mg 2,5%
  • Thiamin 0,031 mg 2,5%
  • Vitamin A 33 IU 1%
  • Vitamin C 4,9 mg%
  • Vitamin E 0,04 mg 8%
  • Vitamin K 0,2 g 0%

Elektrolit

  • Sodium 78 mg 5%
  • Kalsium 325 mg 7%
  • Mineral
  • Kalsium 16 mg 1,5%
  • Tembaga 0,075 mg 8%
  • Besi 0,80 mg 10%
  • Mangnesium 23 mg 6%
  • Mangan 0,329 mg 14%
  • Seng 0,35 mg 3 %

Phyto-nutrisi

  • Carotene
  • Betaine

Manfaat Buah Bit

  • Buah bit sangat rendah kalori (hanya menyediakan 45kkl /100 g), dan mengandung kolesterol nol dan sejumlah kecil lemak. Manfaat nutrisi utamanya berasal dari serat, vitamin dan mineral, dan tumbuhan unik yang berasal dari antioksidan.
  • Akarnya adalah sumber senyawa fitokimia yang kaya, glycine, betaine. Betaine memiliki sifat menurunkan kadar homosistein dalam darah. Homocysteine, salah satu metabolisme yang sangat beracun, meningkatkan bekuan trombosit serta pembentukan plak aterosklerotik, yang jika tidak dapat berbahaya bagi pembuluh darah. Tingginya tingkat homocysteine dalam darah mengakibatkan perkembangan penyakit jantung coroner (PJK), stroke dan penyakit pembuluh darah perifer.
  • Buah Bit mentah adalah sumber folat yang sangat baik. Bit memiliki sekitar 109 g / 100gram vitamin (Menyediakan RDA). Namun, memasak secara bertahap bisa menghabiskan banyak makanan. Folat diperlukan untuk sintetis DNA di dalam sel. Bila diberikan selama periode per-konsepsi folat dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi.
  • Buah Bit segara mengandung sejumlah kecil vitamin C: sayuran adalah salah satu sumber vitamin yang sangat bagus. 100gram sayuran bit memberikan 30mg atau 50% RDA. Vitamin C adalah salah satu antioksidan alami yang luar biasa, yang dapat membantu tubuh manusia menghilangkan radikal bebas berbahaya salah satunya adalah perkembangan kanker.
  • Selain itu, sayuran adalah sumber karotenoid yang sangat baik, antioksidan flavonoid, dan vitamin A mengandung senyawa ini beberapa kali lebih banyak daripada akar. Vitamin A dibutuhkan untuk menjaga sekaput lendir sehat dan kulit juga sangat penting untuk pengelihatan. Konsumsilah sayuran alami yang kaya akan kandungan flavonoid akan dapat membantu melindungi tubuh dari kanker rongga paru dan mulut.
  • Akar bit juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang kaya seperti niasin (B-3), asam pantotenat (B-5), piridoksin (B-6) dan mineral seperti besi, mangan, tembaga dan magnesium.
  • Selanjutnya, akar membentuk kadar potassium tingkat sedang. 100gram akar bit segar tahan 325 mg atau 7% kebutuhan sehari-hari. Kalium menurunkan denyut jantung dan mengatur metabolisme di dalam sel dengan melawan efek menguraikan natrium.




Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Buah bit sangat berkhasiat dalam pencegahan dan pengobatan suatu penyakit, hal ini dikarenakan di dalam buah bit mengandung banyak nutrisi dan kaya vitamin. Nutrisi yang terdapat di dalam buah bit sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh tubuh. Buah bit mengandung banyak vitamin C, magnesium, kalsium, serat, asam folat, caumarin, fosfor, berasianin, kalium, triptopan, zat besi dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya yang terdapat di dalam buah bit ini. Manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut ini:

1. Menyehatkan Jantung

Penyakit jantung saat ini dijadikan sebagai salah satu penyakit nomor satu dunia. Oleh sebab itu cara efektif untuk menghindari penyakit jantung adalah dengan cara menciptakan dan menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium yang terdapat di dalam buah bit juga dipercaya mampu menurunkan hipertensi, hipertensi merupakan zat berbahaya bagi kesehatan jantung, karena dengan adanya homosistein pembuluh darah perifer menjadi rusak dengan begitu kemungkinan penderita terkena stroke semakin besar.

2. Stamina Tubuh Terjaga

Mengkonsumsi buah bit dengan cara menjadikannya jus dan diminum secara rutin setiap pagi hari dipercaya dapat membuat stamina tubuh terjaga. Dengan jus buah bit, tubuh kita akan terhindar dari kelelahan, keletihan dan lesu. Jus buah bit memiliki kandungan nitrat yang berguna untuk mengurangi dari pengeluaran oksiden saat Anda beraktivitas.

3. Terhindar Dari Anemia

Penyakit kekurangan darah atau anemia memang dapat menjangkit siapa saja. Untuk penderita yang mengalami anemia bisa mengkonsumbi buah bit. Hal ini disebabkan karena buah bit memiliki zat besi yang cukup banyak. Zat besi bisa memperbaiki hemoglobin atau sel darah merah dan bisa digunakan untuk menyumplai oksigen yang bisa bermanfaat bagi hemoglobin di dalam tubuh.

4. Melancarkan Pencernaan

Pola makan yang tidak sehat seperti mengkonsumsi juk food bisa menyebabkan pencernaan menjadi terganggu. Gangguan itu seperti diare, mual dan disentri. Masalah pencernaan itu bisa diatasi dengan meminum secara rutin buah jus bit ini karena buah bit mengandung banyak serat yang bermanfaat dalam melarutkan makanan di dalam usus dan racun di dalam usus.

5. Menyehatkan Ginjal dan Menyehatkan Kantung Empedu

Dengan meminum jus buah bit atau mengkonsumsinya secara langsung sangat berkhasiat untuk kesehatan ginjal dan kantung empedu. Hal ini dikarenakan jus buah bit mampu digunakan sebagai pembersih ginjal dan kantung empedu dari racun-racun yang mengkumpul dan mengendap dalam kedua organ tersebut. Setelah racun-racun dikeluarkan tentu ginjal dan kantung empedu akan bersih dan menjadi lebih sehat.

6. Manfaat Buah Bit Untuk Ibu Hamil

Buah bit tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, namun juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan bayi. Manfaat buah bit untuk ibu hamil adalah berikut ini:

7. Menjaga imunitas di dalam tubuh

Ibu hamil rentan sekali terkena penyakit, oleh sebab itu ibu hamil penting sekali untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Dengan selalu menjaga sistem imun di dalam tubuh, penyakit akan tidak mudah hadir di dalam tubuh. Jus buah bit mampu menjaga sistem imun di dalam tubuh, hal ini dikarenakan buah bit mengandung banyak antioksidan dan vitamin C.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol

Saat hamil, berat badan ibu hamil tidak akan terkontrol. Saat hamil biasanya berat badan akan melonjak tajam, dengan peningkatan berat badan tersebut kadar kolesterol yang ada di dalam darah pun ikut tidak terkontrol. Oleh sebab itulah, buah bit juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Jus buah ini akan terasa khasiatnya bila mana dikonsumsi secara rutin setiap hari.

9. Pencegah Kanker

Buah bit juga sangat berkhasiat dalam pencegaahan kanker, mengapa begitu?. Karena buah bit kaya akan vitamin C dan dapat berperan sebagai antioksidan untuk tubuh. Zat antioksidan juga sangat bermanfaat dalam mencegah kanker.

Manfaat Buah Bit Untuk Bayi

Manfaat buah bit tidak hanya untuk kesehatan tubuh dan ibu hamil saja, namun buah bit juga sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari jus buah bit untuk bayi :

10. Untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium dan fosfor di dalam buah bit sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi, bayi pun akan mudah untuk merangkak kemudian berjalan.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Buni Untuk Kesehatan Tubuh

11. Darah Menjadi Stabil

Buah bit juga mampu memperbaiki dan menciptakan hemoglobin di dalam darah, sehingga sel darah merah yang ada di dalam tubuh hbayi akan semakin stabil dan bayi juga akan terhindar dari anemia.

12. Mencegah Radang Pada bayi

Kandungan mineral yang banyak terkandung dalam buah bit dipercaya sangat bermanfaat untuk menahan dan mencegah peradangan yang biasanya dialami oleh bayi. Peradangan berasal dari virus dan bakteri, bayi memang sangat rentan untuk terkena virus dan bakteri.

13. Menyehatkan Mata Bayi

Buah bit juga akan akan berakatoren, kandungan betakaroten ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Mata yang jernih pada bayi akan tetap terjaga dengan cara mengkonsumsi buah bit ini.

14. Kecerdasan Otak

Bagi yang menginginkan bayi yang cerdas, rutinlah untuk memberikan jus buah bit kepada buah Hati Anda, karena asupan buah bit ini secara rutin akan bermanfaat untuk fungsi dari otaknya.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan dan Kecantikan




Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Erbis Untuk Kesehatan

Nah itulah kandungan buah bit yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk teman-teman agustinnesia, tunggu artikel berikutnya di agustinnesia.com. kamu juga bisa membagikan artikel ini ke keluarga dan teman dekatmu, siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *