Manfaat Buah Bintaro dan Biji Untuk Obat Luka, Industri dan Obat Hama Pertanian

Assalamualaikum – Teman teman agustinnesia

Ada yang pernah mendengar Buah Bintaro? Mungkin sebagian dari teman-teman ada yang belum pernah mendengar atau melihat buah bintaro?. Memang buah bintaro sangat jarang kita temukan dalam kehidupan sehari hari karena buah bintaro tidak termasuk dalam buah konsumsi, dan hanya dapat digunakan untuk beberapa hal saja, seperti obat luka, dan mengusir hama pada tumbuhan terutama pada padi, dan sebagai penganti minyak tanah. Nah pada ulasan kali ini agustinnesia akan membagikan ulasan mengenai manfaat apa saja yang terkandung dalam buah bintaro dan dapat digunakan untuk apa saja, jangan salah pakai ya, takutnya menimbulkan efek yang dapat membahayakan tubuh kita sendiri. Penasaran kan apa saja manfaatnya, yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Buah bintari bersal dari pohon bintaro yang dalam jenis tanaman, termasuk dalam kategori tanaman peneduh sebagai manfaat penghijauan lingkungan. Pohon bintaro ini memiliki sifat tahan terhadap segala cuaca dan cepat tumbuh dan mampu beradaptasi cukup baik sehingga digunakan sebagai pohon peneduh jalan. Biasanya, pohon ini memiliki tinggi hingga mencapai 12 sampai 15 meteran dan memiliki bentuk daun lonjong hampir mirip denggan daun mangga. Untuk buahnya sendiri, bintaro memiliki buah yang mirip seperti telur dengan ukuran 5 – 10 cm yang berwarna merah tua jika sudah matang.

Buah Bintaro – image from : inspiratorfreak.com

Kandungan di Dalam Buah Bintaro

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Faperta Institut Pertanian Bogor (IPB), buah bintaro terdiri dari 92% dading buah dan 8% biji. Bagian biji buah bintaro mengandung minyak antara 35-50% (bandingkan biji buah jarak yang memiliki 14% dan kelapa sawit 20%. Semakin kering biji buah Bintaro juga semakin banyak kandungan minyakna. Minyak ini termasuk jenis minyak nonpangan, diantaranya asam palmitat 22,1%, asam stearat 6,9%, asam oleat 54,3 %, dan asam linoleat 16,7%.

Meskipun hanya mengandung sejumlah minyak, manfaat buah bintaro juga sangat banyak dan digunakan sebagai bahan untuk produk tertentu :

1. Pengusir Tikus

Manfaat buah bintaro ini dapat dijadikan sebagai racun tikus karena buah ini mengandung racun Cerberin yang dapat merusak syaraf pusat otak tikus. Dengan penciuman yang tajam, maka tikus akan segera menjauh. Cara menjadikan buah bintaro menjadi racun tikus pun cukup mudah. Dengan cara meletakan buah bintaro tersebut pada area yang bisa dilalui oleh tikus sehingga dengan sendirinya tikus tersebut akan pergi.

2. Bahan Bakar Alternatif

Berdasarkan penelitian Faperta IPB, buah bintaro sesunguhnya dapat dijadikan sebagai bahan bakar alternatif. Bahkan berdasarkan hasil uji toksitas dari getah buahnya menunjukan minyak pada buah bintaro cukup baik digunakan sebagai bahan bakar, dengan bau, asap dan resibu lainnya yang tergolong aman.

3. Minyak Tanah

Jika disebandingkan dengan buah biji jarak, buah bintaro juga memiliki kadar minyak yang lebih tinggi. Melalui beberapa tahapan pengolahan, 1 kilogram minyak dihasilkan dari 1,8 kg bijibintaro yang sudah kering. Minyak yang dihasilkan dari biji buah bintaro dapat digunakan sebagai bahan penganti minyak tanah untuk kompor. Proses pengolahan buah bintaro menjadi minyak juga terbilang mudah dan cepat, dengan cara :

  • Mengeringkan biji buah bintaro dibawah terik sinar matahari
  • Kemudian digiling atau ditumbuk biji buah bintaro
  • Lakukan pengepresan hingga minyak dalam biji tersebut keluar
  • Jika bercampur dengan kotoran/sisa ampas dari biji, Dapat disaring terlebih dahulu minyak tersebut agar lebih jernih.
  • Jika perlu, diamkan minyak selama satu sampai dua malam agar kotoran dapat mengendap
  • Dan minyak sudah siap digunakan untuk berbagai macam hal keperluan.




4. Racun Ulat Grayak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Balai Penelitian pertanian Lahan Rawa (Balittra), Banjar Baru Kalimantan Selatan ini melakukan penelitian terhadap buah dan biji bintaro terhadap hama ulat grayak pada yang sering menyerang tumbuhan seperti sayur-sayuran dan padi.

Hasil riset yang dilakukan pada tahun 2008 tersebut, menunjukan 24 jam setelah mengkonsumsi makanan yang dicelupkan dalam larutan bintaro, sebanyak 30% populasi ulat grayak pun akan mati, tingkat kematian pada hama ulat grayak naik menjadi 90 sampai 95% setelah 60-70 jam percobaan.

5. Biopestisida

Cara pembuatan biopestisida dari manfaat buah bintaro ini cukup mudah, yakni dengan cara ekstraksi (etanol dan air) dengan cara:

  • Yang pertama adalah dengan menyiapkan 1kg daun pohon bintaro yang masih segar
  • Kemudian rendam 2 hari dalam larutan etanol atau aseton
  • Lalu saring ekstrak untuk memisahkan cairan dengan daun
  • Setelah itu uapkan cairan ekstrak hingga menjadi pekat

Untuk pengaplikasian : dosis 1 gram adalh 1 liter air. Caranya dengan melarutkan 1gram pasta dalam 5-10 cc miyak tween, lalu ditambah air sedikit demi sedikit. Terakhir, semprotkan 500 liter untuk 1 hektar lahan perkebunan atau pertanian.

6. Bahan Industri Papan Partikel

Serat buah Bintaro juga merupakan salah satu bahan baku berlignoselulosa bukan kayu, yang memiliki kandungan :

  • Holoselulosa ( 65,47%)
  • Selulosa (56,76%)
  • Lignin (28,30%)
  • Ekstraktif (7,55%)

Adanya kandungan lignoselulosa pada serat buah bintaro, dapat berpotensi jika dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan papan partikel.

7. Bahan Baku Pembuatan Lilin

Lilin merupakan salah satu sumber penerangan yang biasanya digunakan oleh sebagian masyarakat, diketahui bahwa biji dari buah Bintaro juga mengandung minyak yang cukup banyak. Dan karena mampu menghasilkan minyak yang banyak inilah, maka manfaat dari buah bintaro juga dapat digunakan untuk membuat lilin.

8. Bahan Deodoran ( Obat Ketiak )

Seperti yang kita ketahui, deodoran berfungsi untuk menghambat saluran keringat agar jumlah keringat yang keluar dari ketiak sedikit. Selain itu, deodorant juga memiliki nilai tambah karena keharumannya mampu membuat ketiak tercium lebih wangi. Buah Bintaro adalah salah satu jenis buah yang berfungsi sebagai bahan deodorant tersebut. Bahkan beberapa penelitian telah membuktikan hal tersebut.




9. Obat Luka

Buah Bintaro juga bermanfaat serta memiliki fungsi sebagai obat luka, Bahkan. Masyarakat Suku Muna berasal dari Kecamatan Wakarumba Sulawesi Utara, biasanya memanfaatkan cerbera odollam yang terkandung dalam buah bintaro sebagai obat luka yang mampu menyembuhkan luka.

Buan Bintaro pada umumnya (Tidak dapat ) dimakan, sebab pada buah bintaro memiliki kandungan racun cerberin. Racun ini diperkirakan dapat menjadi penghambat saluran ion kalsium dan otot jantung manusia sehingga dapat mengakibatkan gangguan pada detak jantung dan bahkan dapat berujung kepada kematian. Selain itu, Kayu dari pohon bintaro juga menyebabkan keracunan jika dibakar, dikarenakan pada batang pohon bintaro juga mengandung getah yang sangat berbahaya jika dibakar dan tidak sengaja terhidup oleh manusia.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *