Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan dan Diet

Assalamualaikum – Teman Teman Agustinnesia

Manfaat buah apel sudah cukup populer buah yang apel juga membantu menjaga kesehatan dan untuk mencegah penyakit, juga bermanfaat untuk diet sehat. Banyak orang yang menyukai buah apel, apa sajakah manfaat dari buah apel pada ulasan kali ini agustinnesia akan membagikan manfaat yang terkandung dalam buah apel yuk simak ulasan selengkapnya :

Manfaat Apel Untuk Diet Sehat

Buah Apel – image from : pixabay.com

Manfaat buah apel untuk diet merupakan salah satu pilihan yang cukup baik, termasuk di Indonesia. Buah apel dapat membantu diet harian Anda. Buah apel hampir sama seperti beras merah yaitu mengandung serat yang cukup tinggi. Buah ini membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung kita.

Hal tersebut akan sangat membantu kita agar asupan makanan/nafsu makan berkalori tinggi dapat dinetralisir. Ketika lambung telah terdapat glukosa lambung akan merasa lapar dan memerintahkan orak untuk mencari makanan. Setelah makan rasa lapar otomatis akan hilang, dan disinilah peran serat pada buah apel untuk tahan lebih lama pada lambung, sehingga Anda tidak merasa kelaparan. Apel tidak memiliki kandungan lemak dan dan kaya akan serat jadi aman untuk diet dan usus.

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak diragukan lagi, manfaat buah apel untuk kesehatan tentu sangat ampuh, Buah apel memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, dibawah ini adalah beberapa manfaat dari buah apel untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Membantu Kerja Usus Halus

Pencernaan tidak pernah lepas dari kerja usus halus sebagai pemeroses makanan dan mengambil nutrisinya. Mengkonsumsi buah apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan untuk tubuh manusia.

2. Mengurangi Resiko Gangguan Pernapasan

Sebuh studi baru-baru ini menunjukan bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernapasan. Selain itu wanita hamil yang dengan rutin mengkonsumsi jus apel juga efektif untuk menekan gangguan pada pernafasan anak dalam kandungan ibu.

3. Menyehatkan Rongga Mulut dan Gigi

Buah apel juga memiliki fungsi untuk kesehatan mulut dan gigi, mengkonsumsi buah apel secara langsung dengan mengunyah akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terkandung pada buah apel, membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

4. Memberikan Perlindungan Pada Tulang

Kandungan flavonoid (phlordzin) merupakan manfaat apel yang mengurangi masalah osteoporosis pada wanita pasca menopause. Kandungan Boron pada buah apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Ini sangat baik untuk pencegahan timbulnya gejala rematik.

5. Mengontrol Gula Darah

Galactutonic acid disuplai buah apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormone insulin. Maka dari itu, buah apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar dapat bertambah dan menjadi lebih serius.

6. Mencegah dan Mengobati Kanker

Buah apel juga memiliki senyawa triterpenoids pada kulit apel, yang diidentifikasikan pada sebuah penelitian Cornel University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang minimbulkan gejala kanker payudara, liver, dan gejala kanker usus besar.

7. Kesehatan Otak

Buah apel telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegah stres oksidatif  yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi resiko gangguan neurodegenerative, seperti Alzheimer.

8. Mencegah Parkinson

Penelitian menunjukan bahwa orang yang memakan buah-buahan dan makan berserat tinggi lainnya mendapat manfaat dalam perlindungan terhadap penyakit Parkinson. Penyakit ini ditandai dengan gangguan memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.

9. Menurunkan Kolesterol

Buah apel juga bermanfaat untuk Anda yang memiliki badan gemuk atau telah LDL yang tinggi sebaiknya beralih pada buah apel. Serat larut ditemukan dalam buah apel mengikat lemak dalam usus, dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.

10. Baik Untuk Pencernaan

Buah Apel juga merupakan buah yang banyak mengandung serat dan berbagai vitamin yang mudah dicera oleh tubuh, untuk itu buah apel adalah salah satu jenis buah yang sangat cocok dan sehat untuk pencernaan.

11. Menyehatkan Jantung

Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit buah apel juga dapat mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding ateri. Ketika plak terbentuk di dalam ateri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung coroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang terdapat pada buah apel.

12. Mencegah Batu Empedu

Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu, sehingga dapat mengera. Efek jangka pendeknya adalah sangat memungkinkan Anda akan obesitas. Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet total dengan serat untuk membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Buah apel sebagai salah satu buah super yang memiliki kandungan serat yang tinggi dan sangat baik untuk kesehatan.

13. Mengatasi Diare dan Sembelit

Jika Anda sering mengalami sembelit, Buah apel mungkin menjadi pilihan untuk mengatasi sembelit Anda, serat baik dpat menarik air keluar dari usus untuk menjaga dari sembelit. Serat pada buah apel juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu Anda dalam proses diare.

14. Detoksifikasi Hati

Detoksifikasi adalah salah satu fungsi untuk mengeluarkan racun dari hati. Setiap hari di zaman semkin berkembang kita tidak akan pernah terlepas dari konsumsi bahan yang mengandung racun, apakah itu dari minuman ataupun dari makanan. Fungsi hati bertanggung jawab untuk membersihkan racun dari dalam tubuh. Kandungan antioksidan dapat membantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat racun dalam tubuh.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan dan Kecantikan

15. Mencegah Katarak

Manfaat buah apel lainnya, juga dapat mencegah terjadinya katarak

16. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Buah Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, teutama ketika pikiran sedang srtes.

17. Mencegah Wasir

Wasir merupakan terjadinya urat bengkak di area anus walaupun tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah bisa sangat menyakitkan. Wasir umumnya disebabkan oleh terlalu banyak tekanan di darah pinggul dan dubur. Serat dapat mengurangi mengejan terlalu “ekstrim” saat pergi ke kamar mandi, dan hal ini dapat membantu meringankan wasir.

Baca Artikel Lainnya : 15 Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sekarang udah pada tahukan kenapa harus mengkonsumsi buah apal, tentu dengan segudang manfaat yang terkandung didalamnya baik untuk mendapatkan manfaat dari buah apel yang membantu kita untuk mencegah berbagai macam penyakit yang sering terjadi menyerang tubuh, mengkonsumsi buah apel adalah salah satu pilihan baik untuk diet yang alami dan menyehatkan tubuh kita.

Semoga ulasan mengenai buah apel diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman agustinnesia, kamu juga bisa membagikan artikel diatas dengan klik tombol share dibawah, siapa tahu bisa berguna untuk orang lain disekitar kamu juga, nantikan artikel bermanfaat lainnya di agustinnesia.com, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *