Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Manfaat anggur sudah terkenal sejak dulu. Anggur biasa di santap begitu saja atau sebagai bahan resep masakan atau di jadikan sirup. Di wilayah Eropa sudah di budidayakan anggur sekitar 6000 tahun yang lalu. Tanaman perdu ini, biasa hidup di daerah dengan intensitas yang cukup tinggi dengan intensitas yang tinggi dengan curah hujan yang rendah. Sekitar 60 jenis varietas anggur, di konsumsi oleh seluruh dunia.

Buah Anggur – image from : rotinyaindonesia.com

Nilai Gizi Buah Anggur

Anggur memiliki kandungan zat gizi  yang baik untuk tubuh. Setiap varietas anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70% air dan 20%  zat gula,  yang menjadikan buah anggur sangat baik untuk metabolisme tubuh. 10%  zat lain termasuk di dalamnya:

  • Asam galat
  • Glukosida
  • Asam fosfat
  • Mangan
  • Zat besi
  • Sejumlah vitamin
  • Kalsium

Senyawa lain seperti zat polifenol dan resverotol terkandung dalam anggur yang kita jenal sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan buah anggur menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, untuk mencegah terbentuknya sel penyebab terjadinya kanker.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

  1. Anggur kaya akan senyawa resifatrol fitokimia. Resverantol adalah salah satu anti oksidan yang kuat yang telah ditemukan berperan protektif besar dan prostat, penyakit jantung coroner (PJK), penyakit saraf degeneratif, Penyakit Alzheimer dan infeksi virus / jamur.
  2. Resveratrol merupakan resiko stroke dengan mengubah mekanisme molekuler di dalam pembuluh darah. Hal itu terjadi, pertama dengan mengurangi kerentanan pembuluh darah melalui aktivitas angiotensin yang menurun (hormone sistematik yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang sebaliknya dapat meningkatkan tekanan darah) dan kedua, melalui peningkatan produksi zat vasodilator, oksidan nitrat ( ssenyawa bermanfaat yang menyebabkan relaksasi pembuluh darah).
  3. Anthocyanin adalah kelas antioksidan polifenol yang banyak pada buah anggur merah. Fitokimia ini telah ditemukan memiliki aktivitas anti-alergi, anti-inflamasi, anti-mikroba, serta anti-kanker.
  4. Katekin, sejenis tanin flavonoid tanin anti-oksidan, yang ditemukan dalam varietas putih / hijau juga terbukti memiliki perlindungan kesehatan. Selain itu buah anggur sangat rendah kalori, 100g anggur segar hanya menghasilkan 69 kalori namun kadar kolesterolnya nol.
  5. Anggur adalah sumber mineral mikronutrien yang kaya seperti tambaga, besi, dan mangan merupakan kofaktor penting enzim antioksidan, superoksida dismutase. Besi terutama terkonsentrasi pada kismis. Selain itu. 100gram anggur segar mengandung 191 mg elektrolit yang bermanfaat bagi kesehatan, kalium.
  6. Buah Anggur adalah sumber vitamin C, Vitamin A, vitamin K, Katoren, Vitamin B kompleks yang baik, seperti pyridozin, riboflavin, dan thaiamin.

Manfaat Buah Anggur Dapat Mengatasi Berbagai Penyakit

1. Sumber Gula Darah Yang Baik

Tidak semua buah memiliki regulasi gula darah, seperti yang terdapat dalam buah anggur segar memiliki kadar glikemik yang cukup tinggi sekitar 70-75, yang tidak terlalu cocok untuk dimakan orang yang memiliki masalah keseimbangan gula darah. Pada buah anggur memiliki 43-53 kadar glikemik yang menunjukan kadar glikemik yang rendah. Pada studi yang dikembangkan saat ini, keseimbangan gula darah yang baik ini berkaitan dengan kandungan phytonutrisi di dalam Anggur.

2. Bahan Anti Mikroba

Kandungan antioksidan umum seperti piceatannol dan resverantol, menghasilkan fitonutrein di dalam buah anggur banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Pada penelitian memang belum menemukan bagaimana zat antimikroba ini di dapat dari buah anggur. Zat ini sangat membantu tubuh dalam mencegah masalah yang terkait karena mikroba makanan.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Pada Penelitian buah anggur menunjukan bahwa kandungan zat resverantrol, memiliki manfaat untuk meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang memberikan kesempatan untuk dapat darah mengalir lebih mudah.

Penelitian tersebut juga ditunjukan saat keadaan tubuh yang santai, dengan dinding pembuluh darah yang besar, sehingga dapat menurunkan tekanan darah atau saat darah mengalir melalui dalam darah dengan volume tekanan yang tinggi. Hal tersebut bermanfaat untuk peningkatan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh.

4. Sumber Vitamin

Buah Anggur merah menyediakan sumber vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita, setiap 1 porsi anggur merah, memberikan 16 mg Vitamin C, sekitar 27 % dari kebutuhan setiap hari.

Viatamin membantu fungsi proses tubuh berjalan dengan benar yang mengurangi resiko masalah kesehatan tertentu.

5. Kaya Mineral

Manfaat buah anggur juga sangat banyak akan sejumlah mineral penting, setiap 1 porsi buah anggur merah.

6. Manfaat Kognitif

Buah anggur yang dikonsumsi sebagai asupan jug anggur oleh manusia, memberikan manfaat dalam mengoptimalkan kognitif. Pada sebuah penelitian Concored terhadap konsumsi setiap hari jus buah anggur sebanyak 1-2 minggu sekitar beberapa bulan, menunjukan peningkatan pada penelitian di California Verbal Learning.

7. Perlindungan Tubuh dari Radiasi

Kandungan nutrisi buah anggur yang baik telah berbukti dapat melindungi tubuh kita terhadap terapi radiasi, saat digunakan sebagai pengobatan terhadap radiasi kanker.

Manfaat Buah Anggur Untuk Kulit ( Kecantikan )

Selain anggur sangat baik bagi kesehatan kita, manfaat buah anggur lainnya juga bisa merawat kulit untuk tampil lebih cerah dan cantik berikut ini:

  • Perlindungan Terhadap Sel Kanker Kulit

Pada banyak penelitian, zat resveratrol menunjukan pengaruh posifit terhadap perkembangan sel kanker. Resveratrol memberikan perlindungan pada kulit dari kerusahkan yang timbul dari sinar UVB dari matahari, sehingga memberikan perlawanan terhadap sel kanker kulit.

  • Melembabkan Kulit Wajah

Buah anggur bila di belah menjadi 2 bagian, kemudian kita oleskan pada wajah dan kita diamkan 15 menit. Gunakan secara rutin setuap 2 hari sekali pada pagi dan malam hari sebelum tidur, rasakan manfaat yang ada pada buah anggur memberikan kelembaban secara alami untuk kulit Anda.

Baca Artikel Lainnya : 9 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Mencerahkan Wajah

Wajah yang kusam, sangat menganggu penampilan, anggur dapat membantunya, 1 sampai 2 buah anggur dikupas kulitnya, lalu diremas. Campurkan dengan madu alami kurang lebih 2-3 tetes, kemudian oleskan pada wajah yang bersih. Tunggu sampai 15 menigan, lalu bilas dengan air bersih.

Buah Anggur merupakan salah satu buah dengan kandungan yang cukup untuk kesehatan yang memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh kita, Beberapa tips untuk mengkonsumsi buah Anggur :

  • Pastikan Anda tidak memiliki diabetes, Kandungan gula dalam buah anggur cukup tinggi dan akan menambah parah diabet Anda.
  • Pastikan mencuci bersih, dikawatirkan buah anggur disemprot dengan bahan pepstisida yang tidak baik untuk tubuh.
  • Jangan simpan terlalu lama di kulkas, hal tersebut akan menyebabkan terkontaminasi dengan bakteri lain yang ada di kulkas.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Langsat Untuk Kesehatan

Konsumsilah buah Anggur dengan baik secara rutin namun jangan berlebihan, semoga ulasan dari manfaat buah anggur diatas bisa berguna untuk teman-teman Agustinnesia, tunggu artikel kesehatan dan kecantikan lainnya di Agustinnesia.com , kamu juga bisa membagikan artikel diatas dengan klik tombol share ke keluarga atau teman kamu, semoga bermanfaat untuk orang lain disekitar kita, terimakasih.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *