Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Rambut

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Ada yang udah pernah makan buah alpukat? Tentu sebagian besar kaum muda menyukai buah alpukat biasanya dibuat sup buah, jus dan berbagai macam olahan alpukat lainnya, buah alpukat memang tumbuh subur di Negara kita, diberbagai Negara tropis juga dikonsumsi sebagai asupan nutrisi harian, namun tahukan jika buah alpukat ini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh kita dan dapat juga bermanfaat untuk kecantikan, penasaran kan? Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Banyak manfaat alpukat yang tidak kita sadari dapat membantu kita mencegah penyakit berbahaya dan meningkatkan metabolisme tubuh. Khasiat buah alpukat ini tergolong sangat bervariasi mulai dari penyakit sederhana hingga penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker.

Manfaat Buah Alpukat – image from : Hello Sehat

Sebelum kita membahas lebih detail sebaiknya mengenal kandungan gizi yang terdapat di dalam alpukat.

Lemak sehat

Jangan salah, lemak yang ada di dalam alpukat adalah lemak baik, porsinya mencapai sekitar tiga perempat dari jumlah kalori dalam buah alpukat. Artinya lemak memiliki kandungan yang cukup tinggi dalam buah alpukat ini. Kandungan lemaknya adalah lemah tak jenuh tunggal, dalam bentuk asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal yang yang di anggap sebagai lemak baik yang dapat mengurangi kadar kolestrol jahat dalam darah, menurunkan  resiko strok dan serangan disease.

Protein

Setiap alpukat terdiri dari sekitar 4 gram protein, kandungan ini jauh lebih banyak di bandingkan dengan buah lain.

Gula

Gula dalam buah ini nilainya cukup kecil, sebelah buah avocado terdiri dari 0.2 gram gula, jadi tidak terlalu berbahaya untuk anda yang khawatir untuk gula darah.

Vitamin dan mineral

Seperti buah lainya, tentu alpukat juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Ia memiliki kandungan kaliun (kandungannya lebih besar dari pada pisang). Selain itu, alpukat kaya akan vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5, vitamn C dan vitamin E.

Serat

Buah yang berukuran sedang mengandung 11 gram serat, hampir setengan dari serat harian yang di butuhkan oleh tubuh. Selanjutnya mari kita bahas satu persatu manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Alpukat:

1. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi omega-6 merupaka faktor penting dalam penyakit kardiovaskular. Mereka menyarankan menurunkan asupan lemak tak jenuh ganda dan meningkatkan jumlah asam lemak tak jenuh tunggal dalam makanan yang kita konsumsi.

Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang telah teruji dalam sejumlah penelitian dapat mengurangi LDL (kelestrol jahat) dan meningkatkan HDL (kolestrol baik) dalam darah.

2. Menurunkan Berat Badan

Masih banyak masyarakat Indonesia yang terkejut bahwa makanan tinggi lemak dan kalori ini di anggap baik untuk menurunkan berat badan. Namun penelitian terlah membuktikan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal sangat baik di gunakan untuk pembakaran energy dan tidak di simpan sebagai lemak dalam tubuh

Energy pembakaran yang lambat dan tentunya adalah perasaan kenyang yang akan Anda rasakan berhari-hari sangat cocok untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan bagi Anda yang sedang diet.

3. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya, terutama karena perkembangan makanan sehat yang sudah semakin sulit kita dapatkan. Jika Anda merasa sering lapar, harus, sering kencing, berat badan turun drastic, anda patut memeriksakannya ke dokter.

Lalu apa peran alpukat untuk masalah ini? Alpukat dapat mengurangi LDL (kolestrol jahat) dan meningkatkan HDL (kolestrol baik dalam darah). Menjaga asupan kelestrol ini akan sangat membantu mengurangi resiko terjadinya diabetes.

4. Kesehatan dan kecantikan kulit

Manfaat alpukat juga dapat menghaluskan kulit dan membantu mencerahkan kulit agar sehat alami. Alpukat juga bermanfaat untuk  melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda lain dari penuaan dini dengan kandungan karotenoid antioksidan, vitamin E yang membantu menjaga kulit dari paparan sinar matahari serta vitamin C terlibat dalam penciptaan elastin dan kolagen untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap kencang.

Cara penggunaannya

Ke-1

Lumatkan buah alpukat, balurkan pada wajah dan tangan dengan air hangat kurang lebih 30 menit, efektif untuk mencegah keriput dan menghaluskan kulit.

Ke-2

Haluskan buah alpukat matang, lalu campurkan dengan sebutir kuning telur dan setengah cangkir susu. Setelah itu gunakan sebagai toner untuk pembersih yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah / lainnya.

5. Penyakit Radang Sendi dan Encok

Penyakit ini lebih sering menyerang anda yang sudah mulai berumur, osteoarthritis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan sendi dan rasa nyeri yang hebat. Alpukat memiliki zat yang anti-inflamasi yang merupakan salah satu dari beberapa makanan yang dapat mengurangi rasa sakit pada rematik.

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, pitosterol dan antioksidan seperti vitamin E, vitamin C dan sebagai zat karotenoid yang dapat membantu dengan mengurangi peradangan yang mengarah ke penyakit arthritis.

6. Mencegah kanker

Alpukat kaya akan fitokimia yang telah di lakukan penelitian dapat mencegah perkembangan kanker tertentu. Ilmuan yang meneliti karakteristik kemoproventif alpukat menyimpulkan bahwa phytochelmical dari buah alpukat adalah strategi diet yang sangat baik dalam pencegahan kanker.

7. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Alpukat merupakan salah satu buah yang menjadi sumber kalium cukup besar, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

8. Membuang Radikal Bebas

Fungsi antioksidan dalam tubuh kita adalah menangkal radikal bebas yang mungkin dapat menyebabkan penyakit tertentu seperti kanker. Buah ini merupakan sember dari antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dalam mengeluarkan racun melalui keringat atau air seni kita.

9. Membantu Kesehatan Mata

Alpukat adalah sumber lutein karotenoid, yang di kenal untuk membantu melindungi kesehatan mata yang di sebabkan oleh bertambahnya usia seperti degenerasi makula dan katarak.

10. Mencegah Cacat Lahir

Alpukat kaya akan folat, vitamin B merupakan salah satu vitamin yang di kenal sebagai asam folat. Satu buah alpukat dapat memenuhi sekitar 23% dari nilai harian yang di rekomendasikan. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam mencegah cacat lahir, seperti cacat tabung saraf dan spina bifida.

11. Mengurangi Resiko Stroke

Kandungan asam folat dalam alpukat dapat melindungi dan mencegah penyakit strok. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang telah mengkonsumsi asupan kaya folat memiliki resiko yang lebih rendah terserang stroke.

12. Anti-inflamasi

Kemampuan alpukat untuk membantu mencegah peradangan yang tidak di inginkan benar-benar tidak di ragukan lagi dalam dunia medis, karena telah di tunjang dengan berbagai penelitian. Istilah “anti-inflamasi” adalah istilah yang benar-benar berlaku untuk buah lezat ini. Nutrisi anti-inflamasi alpukat ada 5 kategori dasar.

  • Pitosterol, termasuk beta-sitosterol, stigmasterol dan campesterol
  • Antioksidan karotenoid, termasuk lutein, neoxanthin, neochrome, chrysanthemaxanthin, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin, violaxanthin, beta-karotein dan alpha-karoten.
  • Antioksidan lainnya (non-karotenoid), termasuk flavonoid epicatechin dan epigallocatechin-gallate 3-0, vitamin C dan E, dan mineral mangan, selenium dan seng.
  • Asam lemak omega-3, dalam bentuk asam alpha-linolenic (sekitar 160 miligram percangkir irisan alpukat)
  • Alkohol lemak polyhydroxylated (PSA)
  • Sangat cocok untuk di manfaatkan sebagai anti inflamasi.

Baca Artikel Lainnya : 80 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan dan Ibu Yang Sedang Hamil

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Kersen atau Talok Untuk Kesehatan

Manfaat Alpukat Untuk Rambut

Buah Alpukat – image from : sajadah.co

Manfaat alpukat ini penting untuk kita ketahui menambah wawasan dan mengubah paradigma kita yang salah mengenai manfaat buah alpukat ini. Campurkan alpukat dan madu akan menambah daya tahan tubuh dan menjadi target awal kita dalam menjaga kesehatan dan mendapatkan tubuh yang segar bugar setiap hari.

Hal terpenting adalah kita dapat memanfaatkan alpukat untuk kesehatan tubuh.

Alpukat Untuk Diet

Masih banyak khasiat alpukat untuk diet yang dapat kita gunakan agar tidak salah persepsi, umumnya orang bilang alpukat dapat menambah berat badan secara drastis? Apakah hal tersebut benar? Belum tentu. Alpukat sangat cepat mengenyangkan yang berarti membuat tubuh Anda lebih kenyang hingga dalam konsumsi makanan utama lebih sedikit.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan, Ibu Hamil dan Kecantikan

Lalu bagaimana tips nya untuk diet?

  • Konsumsi alpukat sebelum makan.
  • Lakukan secara rutin, pagi, siang, malam dan sebelum makan.
  • Jangan campurkan gula berlebihan.
  • Jangan campurkan dengan susu.
  • Makan langsung tanpa jus akan sangat membantu.

Itulah manfaat dari buah alpukat, agustinnesia merekomendarikan untuk kamu agar selalu rutin mengkonsumsi buah alpukat untuk mendapatkan manfaat buah alpukat lebih maksimal, semoga ulasan buah alpukat dapat bermanfaat untuk teman-teman agustinnesia, kamu juga boleh membagikan ulasan diatas ke teman atau keluargamu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain, caranya dengan klik tombol share dibawah, tunggu artikel bermanfaat lainnya di agustinnesia.com terimakasih teman-teman.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *