Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Sering makan sayur bening? Udah pernah coba masak bayam merah belum? Jika kamu belum pernah mencoba enggak ada salahnya coba memasak jenis sayuran bayam yang satu ini, karena bayam merah memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan serta kecantikan loo… biar enggak penasaran sebelum mengonsumsinya ada baiknya simak ulasan dibawah ini yukk:




Bayam merah merupakan tanaman bayam yang seperti namanya memiliki batang dan daun berwarna merah. Bayam merah memang masih menjadi satu keluarga bayam hijau pada umumnya, hanya saja warnanya yang berbeda.

Tanaman sayuran bayam merah mulai cukup populer sejak adanya istilah sayuran organik atau sayuran yang ditanam secara alami tanpa menggunakan pestisida dan bahan kimia lainnya. Saat ini Anda bisa mendapatkan bayam merah dengan mudah baik dipasar tradisonal maupun di swalayan besar.

Budidaya sayur bayam merah mulai banyak dikembangkan karena permintaan masyarakat yang cukup tinggi. Hal ini tidak hanya karena sedang trend saja namun juga karena faktor kandungan gizi dalam bayam merah yang lebih besar dibandingkan dengan yang ada di dalam bayam hijau.

Manfaat Bayam Merah

Semenjak bayam merah menjadi cukup populer, banyak para ahli kemudian meneliti kandungan gizi di dalam bayam merah untuk membuktikan apakah benar bayam merah sangat baik untuk kesehatan atau biasa saja, nah berikut ini beberapa manfaat dari bayam merah pada kesehatan dan kecantikan yang wajib diketahui.

1. Meningkatkan Kinerja Tubuh Saat Berolahraga

Manfaat dari bayam merah pertama yang berhasil dilakukan oleh para ahli adalah kemampuannya dalam memperbaiki dan meningkatkan kinerja pada tubuh terutama saat berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat lainnya. Di dalam bayam merah terdapat kandungan nitrat yang sangat baik sebagai penyedia energi bagi tubuh terutama saat tubuh sedang beraktivitas seperti saat berolahraga. Asam nitrat ini juga berfungsi untuk membantu sel menggunakan oksigen lebih sedikit sehingga tubuh tidak akan cepat merasa lelah.

Tentunya ini sangat baik untuk Anda yang memiliki aktivitas padant sepanjang hari dimana rasa lelah akan datang lebih lama jika Anda mengonsumsi bayam merah ini.

2. Mencegah Kanker

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi bayam merah secara rutin ternyata mampu menjadi zat anti kanker seperti kanker hati dan kanker payudara. Bayam merah juga efektif dalam mencegah timbulnya penyakit kanker usus besar. Ini juga telah diuji coba pada tikus dimana tikus yang diberikan ekstrak bayam merah sebesar 5%, 7,5% dan 10% ternyata terbukti terjadi penghambatan pertumbuhan sel kanker dan tumor. Tikus yang mengonsumsi ekstrak bayam merah sebanyak 10% lebih baik dalam proses penghambatannya.

3. Meningkatkan Respon glikemik

Manfaat selanjutnya dari sayuran bayam merah adalah mampu meningkatkan respon glikemik dalam tubuh. Ini sudah dilakukan penelitian dengan menggunakan tikus sebagai sampelnya. Tikus ini masing-masing diberikan asupan roti yang berbahan dasar bayam merah sebanyak 10 persen, 20 persen dan tidak mendapatkan asupan bayam merah sama sekali. Hasilnya cukup mencengangkan ternyata pada tikus yang mengonsumsi bayam merah sebanyak 10% dan 20% memiliki respons glikemik lebih baik dibandingkan dengan tikus yang tidak mengonsumsi bayam merah sama sekali.

4. Mengandung Zat Besi

Di dalam bayam merah juga kaya akan zat besi. Di dalam 1 ons bayam merah setidaknya mengandung zat besi hingga 2,2 mg. Jumlah ini cukup baik dan besar bagi tubuh dan sangat baik untuk mengatasi anemia. Selain itu zat besi ini juga berfungsi sebagai penstabil HB dalam darah sehingga tubuh tidak sering merasakan pusing pada hal tekanan darah juga akan menjadi stabil tidak rendah dan tidak juga tinggi.

5. Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah pencernaan karena sulit BAB dan sebagainya maka mengonsumsi bayam merah adalah salah satu solusi yang dapat Anda terapkan. Hal ini dikarenakan bayam merah mengandung serat cukup tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan lebih maksimal. Anda bisa memasak bayam merah menjadi olahan makanan sesuai dengan selera Anda masing-masing jika masakan bayam merah sudah lebih dari 8 jam sangat disarankan untuk tidak mengonsumsinya karena berpotensi terdapat racun di dalamnya.

6. Menyehatkan Ginal

Ginjal merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang sangat penting karena kerjanya yang sangat baik yaitu menyaring darah dari racun dan zat berbahaya lainnya dan dibuang menjadi urin. Di dalam 1 ons bayam merah terdapat 82 gram air yang berguna sebagai penyaring darah secara alami. Padukan dengan gaya hidup sehat dan minum cukup air putih untuk mendapatkan hasil maksimal pada ginjal Anda.

7. Menyuburkan Rambut

Masalah pada rambut menjadi salah satu masalah yang saat ini banyak dialami orang baik dewasa maupun remaja. Terutama di era moderen ini dimana rambut menjadi prioritas kesekian untuk dirawat karena kesibugan. Kandungan vitamin B yang ada di dalam bayam merah sangat baik untuk membantu pertumbuhan rambut sehingga menghindarkan Anda dari masalah betakaroten dan rambut rontok.

8. Sebagai Sumber Vitamin A

Vitamin A lebih banyak ditemukan pada sayuran dan buah berwarna merah demikian pula dengan sayuran bayam merah. Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata supaya tetap bening dan tidak terkena berbagai gangguan pada mata seperti mata minus, miopi, rabun dekat, atau jauh, katarak dan lainhya. Apalagi untuk orang moderen seperti saat ini yang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer atau smartphone yang cukup berbahaya bagi kesehatan mata.

9. Menyembuhkan Luka

Bila terjadi luka di kulit baik itu luka bakar atau luka lainnya pastinya akan cukup membuat kesal. Petama karena menimbulkan rasa sakit dan yang kedua juga berpotensi meninggalkan bekar di kulit belum lagi jika luka tidak cepat kering. Nah, sebagai salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi bayam merah karena di dalam bayam merah mengandung vitamin C yang sangat oprimal dalam proses regenerasi kulit sehingga luka akan lebih cepat kering dan sembuh.

10. Menangkal Radikal Bebas

Banyaknya polusi dan penerapan gaya hidup tidak sehat menyebabkan potensi radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan mengendap dalam kurun waktu lama. Jika ini terjadi maka radikal bebas ini dapat menyerang sel-sel tubuh sehingga menjadi mudah sakit. Untuk itu Anda disarankan untuk mengonsumsi bayam merah secara rutin untuk mengeluarkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mencegahnya sebelum masuk ke tubuh. Kandungan logam berat seperti merkuri dapat dikeluarkan dengan menggunakan bayam merah ini.

11. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda, ada yang kuat ada yang sangat rentan. Jika Anda mudah sakit karena alasan sepele makaitu berarti Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga sangat rentan mengalami sakit. Oleh karena itu sangatlah penting bagi Anda untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Di dalam manfaat bayam merah mengandung vitamin B1, B2, B3 dan B6 yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Rutinlah mengonsumsi bayam merah untuk mendapatkan hasil optimal pada tubuh Anda.

12. Menambah Nafsu Makan

Nafsu makan sangatlah penting bagi tubuh karena jika nafsu makan terganggu akan mengurangi asupan nutrisi dalam tubuh. Oleh karena itu nafsu makan herus tetap dijaga. Namun terkadang nafsu makan pergi entah kemana dan tidak selera makan walaupun pada makanan lezat sekalipun. Bayam merah dapat mentralisir gas dan asam yang ada di dalam lambung sehingga nafsu makan meningkat dan makan pun menjadi lebih enak.

14. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi bayam merah adalah untuk membantu menyehatkan tulang dan gigi. Hal ini disebabkan kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam bayam merah. Di dalam 1 ons bayam merah terkandung 368 mg kalsium yang sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi. Oleh karena itu bagi anak-anak sangat disarankan mengonsumsi bayam merah untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Sedangkan untuk orang tua juga sangat baik untuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi supaya terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis dan nyeri tulang.

Itulah beberapa manfaat dari bayam merah. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengonsumsi bayam merah setiap hari karena aman dan sehat. Manfaat lainnya dari bayam merah adalah sebagai berikut :

  • Sebagai sumber lamak nabati
  • Mengatasi gatal gigitan serangga
  • Sumber kalsium
  • Sumber protein nabati
  • Anti inflamasi
  • Sumber energi
  • Menguatkan otot
  • Sumber fosfor
  • Kaya karbohidrat
  • Mencegah Kanker payudara
  • Memperkuat pertumbuhan tulang
  • Memberikan rasa kenyang lebih lama
  • Menurunkan kadar gula darah

Nah itulah beberapa manfaat dari bayam merah, banyak sekali kan manfaat dari sayuran bayam merah ini, jadi sekarang jangan ragu lagi untuk selalu mengonsumsi berbagai olahan bayam merah, kamu bisa jadikan bayam merah oseng-oseng, tumis, sayur bening dan lainnya.

Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan teman-teman Agustinnesia. Kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain juga disekitarmu, tunggu artikel bermanfaat lainnya di Agustinnesia.com.

Wa’alaikumsalam – Teman teman Agustinnesia.




Artikel buah dan sayur lainnya :
Artikel kain lainnya :




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *