Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehaan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Bawang merah tentu sudah tidak asing lagi dengan kehidupan sehari hari oleh semua masyarakat Indonesia. Bawang merah menjadi salah satu bumbu rempah-rempah berbagai macam olahan masakan Indonesia.

Selain rasanya yang khas bawang merah juga menjadikan masakan menjadi lebih lezat dan nikmat, namun apakah teman-teman tahu kalau bawang merah memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan looo… biar enggak pensaran yuk simak ulasan selengkapnya:

Bawang merah memiliki nama latin Allium cepa L. Tanaman ini di duga berasal dari Asia Tengah, terutama di sekitar Palestina dan India. Namun sebagian literatur juga memperkirakan tanaman bawang merah berasal dari Asia Tenggara dan Mediterranean.

Bawang merah biasanya di gunakan sebagai bumbu masakan dengan cara di haluskan terlebih dahulu, bawang merah juga dapat di jadikan sebagai penyedap dengan cara di iris-iris lalu di goreng sebagai taburan di atas makanan yang telah siap santap, seperti pada soto, nasi goreng dan nasi kuning.

Kandungan Bawang Merah

Bawang merah memiliki kandungan senyawa seperti minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptide, vitamin, fitohormon dan zat pati.

Manfaat Bawang Merah

1. Melancarkan peredaran darah

Senyawa minyak astri pada bawang merah dapat melancarkan peredaran darah.

2. Mengencerkan dahak

Kandungan saponin dalam bawang merah dapat menjadi salah satu zat yang berfungsi untuk mengencerkan dahak ketika batuk.

3. Mengobati pendarahan hidung (mimisan)

Bawang merah menjadi salah satu obat mujarap untuk mengobati pendarahan di hidung dengan cara menghirup irisan bawang merah saat terjadi pendarahan di hidung

4. Menurunkan kolestrol jahat dan meningkatkan kolestrol baik

Dengan kandungan sulfida methylallyl dan asam amino sulfur pada bawang merah, maka dengan mengkonsumsinya mampu memberikan efek penurunan kadar kolestrol jahat dalam darah dan meningkatkan kadar kolestrol baik.

5. Meningkatkan produksi insulin

Mengkonsumsi bawang merah pada saat mentah di percaya mampu meningkatkan produksi insulin.

6. Memelihara kesehatan mulut dan gigi

Jika ingin mulut dan gigi tetap sehat maka tidak ada salahnya mencoba arternatif menggunakan bawang merah. Caranya cukup mudah hanya dengan mengunyah bawang merah minimal 2 menit sekali.

7. Mengatasi jerawat

Bagi yang berjerawat, cobalah menggunakan bawang merah untuk mengatasinya.

8. Melawan bintik-bintik gelap bekas jerawat

Kandungan asam dalam bawang memiliki sifat pemutih kulit alami, yang dapat di gunakan untuk membantu melawan bintik-bintik bekas jerawat yang gelap dan membandel.

9. Mengatasi ketombe

Sulfur yang terkandung pada bawang merah dapat di gunakan untuk mengatasi ketombe, karena sulfur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menguatkan rambut.

10. Mencegah kanker

Mengkonsumsi bawang merah mampu menangkal kanker pada usus dan lambung. Mengkonsumsi bawang merah dengan dosis yang telah di kaitkan akan merendahkan resiko kanker usus dan kanker kolorektal.

Nah itulah beberapa manfaat dari bawang merah yang baik bagi kesehatan dan kecantikan, jadi teman-teman jangan ragu untuk mengkonsumsi bawang merah yang telah menjadi berbagai macam olahan, semoga ulasan ini dapat menambah wawasan teman-teman Agustinnesia.

Kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman dekamu, siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, terimakasih teman-teman.

Wa’alaikumsalam Teman-teman Agustinnesia.




Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya :




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *