Manfaat Air Bengkoang Atau Besusu Untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit Wajah, Mengobati Jerawat

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Siapa yang ingin sehat dan memiliki wajah tampak bersih dan cerah? Setiap wanita tentu pesti ingin memiliki wajah yang bersih dan cerah kan? Gimana caranya? Ada baiknya Anda menyimak ulasan ini sampai akir biar tahu lebih lanjut manfaat dari Air Buah besusu (bengkoang) yang baik untuk Kesehatan serta Kecantikan looo…. yuk daripada nanti penasaran simak selengkapnya dibawah ini sampai selesai hehehe.

Manfaat Buah Bengkoang – image from : barisan.info

Bengkoang merupakan salah satu jenis umbi yang sangat terkenal di Indonesia. Dengan kandungan air yang sangat besar yakni berada dalam kisaran 80% ke atas membuat buah bengkoang sangat sering dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuh manusia. Tanaman dengan nama ilmiah Pachyrhizus erosus ini tidaklah hanya mengandung air, namun juga bermacam kandungan senyawa zat seperti berkikut:

  1. Serat, untuk melancarkan sistem pencernaan menjadi lebih optimal.
  2. Protein, berfungsi dalam proses metabolisme dan regenerasi sel.
  3. Lemak, sebagai cadangan energi.
  4. Karbohidrat, sebgai sumber energi utama.
  5. Vitamin C, untuk sumber antioksidan, mencegah sariawan dan juga menjaga kesehatan kulit.
  6. Zat besi, untuk membantu pengangkutan oksigen di dalam darah.
  7. Kalsium, untuk menguatkan tulang dan gigi serta mencegah penyakit yang terkait.
  8. Fosfor, untuk mendukung kesehatan tulang, gigi, otak, dan metabolisme sel.
  9. Flavonoid, yang mengandung antioksidan.
  10. Saponin, berperan sebagai anti-mikroba.

Dengan kadungan yang sangat luar biasa tersebut, sangat banyak khasiat yang dapat diperoleh apabila Anda mengkonsumsi air bengkoang. Nah, mari kita simak apa saja manfaat air bengkoang (besusu) berikut ulasannya :




1. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air yang sangat melimpah pada air besusu (bengkoang) sangatlah membantu Anda untuk mencegah dehidrasi. Untuk itu, bengkoang (besusu) dapat menjadi salah satu pilihan untuk menjaga agar cairan tubuh khususnya ketika Anda sedang menjalani puasa. Dengan besusu (Bengkoang), Anda bisa tetap beraktivitas dan tidak akan mudah kehausan.

2. Baik Untuk Menu Diet

Karena bengkoang (besusu) memiliki berbagai kandungan zat yang sangat luar biasa, bengkoang baik dikonsumsi sebagai salah satu menu diet Anda. Bengkoang tetap mengandung karbohidrat sebagai sumber energi utama, dan memang juga mengandung lemak namun kadarnya dapat dikatakan sangat rendah. Untuk itu, hal ini baik karena vitamin dan mineral yang terkandung dapat menompang kesehatan dan kekutan Anda pada saat menjalani diet.

3. Membantu Mengobati Maag

Maag dikenal sebagai penyakit yang sangat umum diderita oleh banyak orang. Yang membedakannya hanyalah levelnya saja, ada yang ringan, sedang dan berat. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan menunda-nunda waktu makan, maka terlalu banyak, makan terburu-buru, makanan makanan berminyak terlalu banyak, mengkonsumsi minuman beralkohol terlalu sering, atau makanan yang terlalu asam atau pedas. Untuk mengatasi penyakit ini Anda bisa memanfaatkan bengkoang (besusu). Caranya dengan minum air perasan bengkoang yang telah diberi sedikit garam dua kali sehati yaitu pagi dan sore hari secara rutin. Bisa juga dengan mengonsumsi jug bengkoang yang ditambah madu dan air.

4. Melancarkan Pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi mengkonsumsi bengkoang dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga apa yang kita makan dapat diolah, diserap, dan sisanya dibuang dengan sempurna. Untuk memaksimalkan manfaat bengkoang (besusu) untuk lambung, sebaiknya konsumsi besusu secara langsung. Kalaupun dirujak sebaiknya bumbu yang digunakan terlalu tajam karena justru dapat menganggu pencernaan.

5. Membantu Pertumbuhan Enzim di Dalam Tubuh

Kandungan zat besi yang ada pada buang bengkoang (besusu) tidak hanya digunakan untuk pengangkatan oksigen, namun juga untuk mengaktifkan beberama jenis enzim yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini dapat membantu proses metabolisme yang jauh lebih baik karena enzim bersifat sebagai katalisator atau disebut juga mempercepat proses.

6. Membantu Mengoobati dan Mencegah Sariawan

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah bengkoang akan sangat membantu Anda dalam mencegah maupun mengobati sariawan. Vitamin C memang sangat bagus dalam menangkal penyakit tersebut dan akan membantu Anda terhindar dari sariawan.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Adanya kalsium yang terdapat pada buah bengkoang (besusu) dan fosfor pada buah ini tentu sangatlah luar biasa bagi kesehatan tulang dan gigi. Manfaatnya dapat membantu Anda untuk menguatkan tulang gigi agar tidak mudah berlubang, selain itu juga dapat mencegah osteoporosis maupun kelainan tulang lainnya yang biasanya mulai dirasakan oleh para lansia sehingga disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

8. Membantu Kulit Tampak Sehat

Kandungan vitamin C rupanya tidak hanya berguna untuk mencegah sariawan, namun juga untuk membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan sehat. Vitamin C yang mengandung antioksidan juga dapat membantu kulit untuk tahan terhadap radikal bebas maupun zat berbahaya lain dari luar yang dapat merusak kulit. Dengan buah besusu, kulit dapat terjaga kelembabanya sehingga respirasi dan regenerasi sel kulit mati dapat berlangsung cepat. Hal ini tidak terlepas juga dari kandungan air yang sangat melimpah, oleh karena itu bengkoang (besusu) baik untuk mencegah penuaan dini.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Karena buah besusu memiliki zat besi yang membantu pengangkutan oksigen, hal ini juga dapat berpengaruh pada kinerja jantung secara keseluruhan. Darah akan menjadi lebih bersih dan terhindar dari penumpukan lemak atau kolesterol yang dapat membuat jantung bekerja lebih keras. Dengan bantuan dari nutrisi buah bengkoang, jantung dapat menjadi lebih sehat.

10. Aman Untuk Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes Mellitus

Buah bengkoang memiliki kadar karbohidrat yang tidak begitu tinggi sehingga untuk diet, bengkoang juga relatif aman untuk penderita diabetes mellitus karena tidak begitu banyak mengandung glukosa.

11. Mencegah Terjadinya Batu Ginjal

Dengan adanya serat dan fosfor, bengkoang akan membantu untuk mencegah terjadinya endapan garam di daerah sistem ekskresi. Keduanya dapat melancarkan sistem pembuangan urin guna mencegah terjadinya kristalisasi garam agar tidak mudah membentuk batu ginjal.

Nah itulah manfaat dari kandungan air dalam buah bengkoang (besusu) yang sangat bermanfaat bagi kesehatan serta kecantikan, jadi jangan ragu lagi yaaa.. untuk mengkonsumsi buah bengkoang secara rutin, semoga ulasan ini dapat menambah wawasan teman-teman. Kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke teman dekatmu siapa tahu bisa berguna untuk orang lain juga, nantikan artikel bermanfaat berikutnya di Agustinnesia.com terimakasih teman-teman Agustinnesia.

Waalaikumsalam – Teman teman Agustinnesia




Artikel buah lainnya : 

Artikel kain lainnya :




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *