Kain Sutera

Assalamualaikum Sahabat Agustinnesia

Kali ini Agustinnesia akan mengulas mengenai kain sutera, dari sejarah awal kain sutera, sampai dengan pemanfaatanya yuk simak sista.

Kain sutera atau sutera adalah satu jenis dari kain, kain sutera merupakan kain yang terbuat dari serat protein alami, kain sutera memiliki tekstur halus, lembut namun tidak licin, yang paling umum adalah berasal dari serat kepompong ulat sutera ( kokon ). Kepompong dihasilkan dari metamorfosis ulat sutera menjadi ngengat ( sejenis kupu-kupu tapi sayapnya kecil ), empat dari ngengat sutera yang paling banyak dibudidayakan adalah bombyx mori, hifopora cecropia, antheraea pernyi, dan samia cyntia.

Ulat Sutera

 

Cocon Ulat Sutera

 

Kupu- Kupu Ulat Sutera

Mengenal Kain Sutera

Sejarah kain sutera liar pertama kali di temukan di Mawangdui di Changsa, provinsi Huan, China, dari Dinasti Han Barat, abad ke 2 sebelum masehi. Sutera komersial berasal dari kepompong ulat sutera yang dipelihara, yang dikembangbiakan untuk menghasilkan benang sutera berwarna putih tanpa mineral dipermukaan. Beberapa Negara atau wilayah yang memiliki sejarah panjang kain sutera Cina, India, Thailand, Bangladesh, Eropa, Mesir, Amerika Utara. Yang kemudian sekarang kain sutera sudah dikenal luas di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia, dan di Indonesia sendiri ulat sutera sudah dibudidayakan meskipun produksinya belum bisa memenuhi permintaan dalam negeri, supplier benang sutera dari dalam negeri hanya memenuhi sekitar 5% kebutuhan.

Baca Juga Artikel Lainnya :  Kain Satin, Kelebihan Kain Satin Karakteristik Kain Satin, dan Harga Kain Satin

  • Pemanfaatan Kain Sutera

Kain Sutera Untuk Pakaian

Pakaian yang terbuat dari sutera nyaman dipakai, konduktivitas yang rendah membuat udara hangat tetap dekat dengan kulit saat cuaca dinggin, sehingga kain sutera digunakan hampir semua jenis pakaian wanita, dan jilbab.

  • Kain Sutera Untuk Industri Mebel

Kilauan dan kesan elegan yang dimiliki kain sutera membuatnya cocok untuk banyak aplikasi prabotan. Ini digunakan untuk pelapis, penutup dinding, perawatan jendela ( jika dicampur dengan serat lain ), permadani, tempat tidur dan hiasan dinding.

  • Kain Sutera Untuk Industri

Sutera memiliki banyak keperluan industri dan komersial, seperti parasut, ban sepeda, sarung selimut dan tas meisu artileri, Selain itu benang sutera juga dimanfaatkan dalam industri kesehatan misalnya untuk jahitan medis.

Baca Juga Artikel Lainnya : 19 Jenis Bahan Kain Untuk Jilbab

  • Warna Kain Sutera

Warna dasar kain sutera umumnya putih apabila berasal dari ulatnya bombyx mori, agar kain sutera bisa bermacam-macam warna maka perlu dilakukan pewarnaan, untuk pewarnaannya sendiri ada dua cara yaitu menggunakan bahan alami dan ada yang menggunakan teknik pencelupan zat asam.

  • Harga Kain Sutera

Menurut sumber yang Agustinnesia dapatkan, saat ini benang sutera dari Cina dihargai sekitar 870.000 per /kg, sedangkan benang sutera lokal dijual di kisaran harga Rp.650.000 per kg. Untuk kain sutera asli 100% harga per meter berkisar Rp 150.000 hingga Rp 200.000. Nah itu informasi mengenai kain sutera dari Agustinnesia.

Jika kamu punya artikel ingin dipublikasikan bisa menghubungi kami untuk dipublikasikan dan dapatkan hadiah merchandise dari Agustinnesia.

Waalaikumsalam Sahabat Agustinnesia

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *