Kain Satin, Kelebihan Kain Satin Karakteristik Kain Satin, dan Harga Kain Satin

Assalamualaikum – Sahabat Agustinnesia

Pakaian sudah menjadi kebutuhan di masyarakat indonesia. Dan pakaian juga dibuat dari berbagai macam jenis kain yang berbeda juga agustinnesia.com akan membahas mengenai kain satin baik dari kelebihan, karakteristik sampai dengan harganya yuk sist simak ulasannya dibawah ini:

Jika kamu punya artikel ingin dipublikasikan bisa menghubungi kami untuk dipublikasikan dan dapatkan hadiah merchandise dari Agustinnesia.

Kain satin adalah jenis kain yang ditenun dengan menggunakan teknik filament atau wave sehingga memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan licin. Bagian dalam atau belakang permukaan saat licin atau mengkilap, sebaliknya disisi satunya tidak licin dan tidak mengkilap. Banyak yang mengira satin adalah nama bahan kain, padahal sebenarnya satin adalah teknik tenun kain. Satin mulai dikenal di Eropa pada awal abad ke-20an, setelah lebih dulu mengenal kain sutera yang berasal dari Tiongkok. Walaupun satin dan sutera memiliki beberapa ciri khas yang hampir mirip, namun keduanya menggunakan bahan dengan serat yang berbeda.

Baca Artikel Lainnya :   19 Jenis Bahan Kain Untuk Jilbab

Karakteristik Kain Satin


Kain satin memiliki permukaan yang mengkilap dan licin di satu permukaan, ini yang membedakan antara kain satin dengan kain sutera, Jika kaun sutera kedua sisinya licin kalau kain satin hanya pada depan satu sisi yang licin atau mengkilap.

Kelebihan Kain Satin

Dilihat dari tampilan, kain satin terlihat mewah, elegan serta terlihat mahal karena permukaan bahannya yang berkilau serta mengkilap, sehingga bahan satin ini banyak digunakan sebagai bahan Hijab Premium dan Pakaian-Pakain untuk acara weeding, pesta dan acara resmi lainnya.
Kain satin juga tidak mudah lusut jika digunakan, saat anda membuat atau membeli baju mungkin kain satin juga dapat anda pertimbangkan sebagai pilihan kamu sista.

Macam-Macam Kain Satin

1. Kain Satin Velvet

Kain satin velvet merupakan jenis kain satin yang terbuat dari bahan polyster yang memiliki permukaan lembut dan cenderung jatuh. Tekstur satin velvet pada dasarnya terbilang cukup halus dan sedikit tebal, jika dibandingkan dengan bahan satin biasa. Karena lebih tebal, kainnya jadi lebih setabil dan tidak mudah berubah bentuk ketika dikenakan.Satin velvet ini tidak panas ketika dipakai. Dibandingkan dengan jenis satin lainnya, satin velvet lebih terkesan doff. Kain ini memiliki tampilan yang mewah dan elegan . Inilah salah satu jenis kain satin yang cocok digunakan untuk Jilbab.

2. Kain Satin Silk ( Satin Sutera )

Kain Satin sangat baik digunakan sebagai bahan pashmina dan kerudung segiempat. Bahan ini adem ( dingin ) dan lembut saat dipegang. Pilihan warnanya pun banyak, tidak mengkilap tetapi dove, sehingga sangat menambah kecantikan pemakainya. Karakteristik kain satin silk lembut tipis dan adem, cocok untuk kerudung atau jilbab, gamis, busana kebaya modern.

3. Kain Satih Kahatex

Kain satin khatex agak kaku dan tebal, beberapa kegunaannya adalah untuk dekorasi furniture atau untuk hiasan, dan untuk pelengkap rauangan. Jenis satin ini warnanya terang mengkilap, licin, tebal dan kaku, tidak cocok jika digunakan untuk bahan pakaian atau busana tetapi bisa digunakan untuk varian dan kerajinan pernak pernik.

4. Kain Satin Roberto Cavalli

Kain satin Roberto Cavalli adalah kain satin yang dimanfaatkan untuk membuat baju tidur wanita, gamis, dan gaun pesta. Kain satin yang satu ini memiliki harga jual yang lebih mahal dibandingkan dengan kain satin velvet maupun satin silk. Tetapi serat satin Roberto cavalla juga dikenal lebih menyerap keringat sehingga akan terasa sangat nyaman saat digunakan dinegara tropis seperti di Indonesia.

5. Kain Satin Clarisa ( Horden )

Kain satin clarisa mempunyai karakter sedikit lemas, meskipun kebanyakan dipakai horden atau kelambu pesta atau bahan kelambu untuk dekorasi pesta banyak juga rok bawahan dan variasi kebaya modern. Kain satin yang satu ini banyak disukai pengusaha konveksi karena murah sebagai bahan produksi.

6. Kain Satin Duchessa atau Satin Bridal

Kain satin jenis duchesse bagus digunakan untuk gaun. Kata Duchesse merupakan bahasa perancis yang berarti bangsawan, beberapa juga ada yang menyebut dengan istilah satin bridal, karena karakteristiknya sedikit berat, kaku dan mengkilap.
Sedangkan untuk harga jenis kain satin ini relatif lebih mahal jika dibadingkan satin biasa. Namun setiap toko kain memiliki kualitas kain satin Duchessa yang berbeda beda.

7. Kain Satin Faconne atau Jacquard

Ciri Khusus dari Kain satin Faconne atau jacquard satin adalah memiliki motif, ada yang bermotif garis-garis, paisley, atau desain lainnya. Jenis ini memiliki berat dan kualitas yang beragam, lebih lembut dan tidak sekaku jenis duchesse. Serta memiliki pemanfaatan yang beragam baik untuk baju dan yang lainnya.

8. Kain Satin Slipper

Kain Satin Slipper memang cukup unik, umumnya digunakan sebagai bahan baku membuat sepatu. Bila Anda pernah mengenakan atau melihat sepatu balet, kebanyakan terbuat dari jenis ini. Sedangkan kelebihannya untuk jenis ini dapat dicelup.

9. Kain Satin Delustered

Jenis ini memiliki nama perancis yaitu “ peau de soie “ atau dalam bahasa indonesia dapat diartikan dengan kulit sutera. Bila dibandingkan dengan jenis lainnya mungkin ini yang paling berbeda, selain ringat ternyata jenis ini tidak terlalu berkilau seperti jenis satin pada umumnya. Memiliki tekstur bahan yang ringan, dan umumnya mengkilap pada kedua sisi bahan.

10. Kain Satin Cloth

Jenis satin ini memiliki nama lain “ satin de laine “ atau bila diartikan ke dalam bahasa indonesia berarti satin wol. Jenis kain ini di proses dengan wol perancis dan ditenun dengan teknik satin. Sangat popular untuk bahan gaun dan blus. Kain satin cloth pada sisi luar kain terasa lebih halus, terkenal karena bahannya kuat dan awet, serta bahan tampak mengkilap dan bercahaya.

Jenis Sateen

Jika kali ini menggunakan bahan rayon atau katun, Uniknya masyarakat indonesia menganggap kain ini adalah satin, sebenarnya memiliki perbedaan dari kedua jenis tersebut.

Satin & Sateen

Persamaannya Sama-sama dibuat dengan teknik weave sehingga sama berkilaunya dan glossey. Sedangkan untuk perbedaan paling mendasar adalah pada penggunaan bahan serat, bila satin menggunakan filament semisal sutera, nilon, ataupun polyester. Sedangkan sateen menggunakan serat catton ( katun ) ataupun rayon.

Baca Juga Artikel Lainnya : 19 Jenis Bahan Kain Untuk Jilbab yang Wajib diketahui dan Wajib ada di Lemari Kamu

 

Harga Kain Satin – Di Pasaran Kain

Sedangkan untuk harga kain yang Agustinnesia dapatkan dari berbagai sumber, harga kain satin untuk jenis velvet sekitar Rp26.000 per meter. Catatan : Harga Kain satin bisa berubah sewaktu-waktu. Dan tergantung pada jenis satinnya.

Nah itu tadi beberapa ulasan mengenai kain satin dan beberapa jenis kain satin, sista boleh memilih produk agustinnesia baik hijab ataupun pakaian yang kami buat ada yang terbuat dari bahan satin yang berkualitas. Namun kami menjual dengan harga terjangkau.

Semoga artikel diatas dapat memberikan ilmu dan wawasan mengenai jenis kain satin, jiak artikel ini bermanfaat boleh Anda bagikan kepada teman atau keluarga terdekat untuk berbagi wawasan mengenai kain satin.

Waalaikumsalam sista

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *