Inilah Beberapa  Jenis Jenis Kain Sifon yang Cocok Untuk Bahan Jilbab

 

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnnesia

Kamu pernah pergi ke toko kain atau pasar kain sist? Pasti sudah pernah semua kan. Saat berada ditoko kain atau pasar yang menjual kain tentu disana kita menemukan berbagai macam jenis kain. Teman-teman pernah mendengar kain Sifon? Itu loh kain yang cocok digunakan untuk membuat gaun pesta, gaun pengantin, gamis, kerudung dan jenis lainnya. Nah pada ulasan berikut ini kita akan mengulas dan membagikan kepada teman teman tentang apa? Sesuai judul diatas Jenis – Jenis Kain Sifon? Yukk simak dibawah ini bagi yang belum tahu jenis-jenis kain sifon, enggak disimak entar nyesel heheh… semoga menambah pengetahuan mu mengenai jenis jenis kain sifon.

Kain sifon atau chiffon adalah kain yang dibuat dengan mesin tenun menggunakan teknik tenun balanced plain weave, dengan pola criss cross sehingga kain akan memiliki pola kotak kotak. Teknik tenun balanced plain weave bisa diartikan struktur benang pembentuk kain memiliki dan jumlah yang sama setiap inchnya. Jadi kesimpulannya kain sifon adalah teknik pembuatan kain. Untuk bahan atau benang yang digunakan bermacam-macam misalnya benang katun, benang rayon, polyester dan seterusnya, yang memiliki karakteristik berbeda-beda.

Jenis-Jenis Kain Sifon

1.  Kain Sifon Sutera atau Silk Chiffon

Kain Sifon Sutera image from : instagram

Kain sifon sutera atau silk chiffon merupakan kain sifon yang terbuat dari bahan dasar benang sutera, banyak digunakan untuk gaun pesta, gaun pengantin, gamis, kerudung, maupun scraft. Kain sifon berbahan sutera ini banyak disukai karena memiliki kesan elegant, bahannya ringan, lembut serta berkarakter jatuh sehingga mudah mengikuti gerakan tubuh. Hanya saja jenis kain ini kadang mudah sobek sehingga teman-teman perlu hati-hati saat memakainya, dan karena terbuat dari kain sutera maka kain sifon yang satu ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis kain sifon lainnya.

2.  Kain Sifon Katun atau Catton Chiffon

Kain Sifon Katun Image from : yahoo.com

Kain sifon katun atau caton chiffon terbuat dari benang katun. Kain ini bany ak digunakan untuk busana muslimah, tetapi karena kain ini menerawang maka perlu kamu tambahkan furing didalamnya agar tidak menerawang.

Baca Artikel Lainnya :  Bahan Kain Jersey dan Jenis – Jenis Kain Jersey

3.  Kain Sifon Polyester atau Polyester Chiffon

Kain Sifon Polyester : Image from : medium.com/agustinnesia

Kain Sifon polyester atau polyester merupakan kain sifon yang terbuat dari serat polyester (termasuk dalam serat sintetis). Memiliki karakter yang hampir sama dengan sifon sutera namun lebih kuat sifon polyester, selain itu harganya juga lebih murah. Kekurangan dari jenis kain ini adalah susah untuk diberi warna sehingga pilihan warna kain sifon polyester tidaklah banyak.

4.  Kain Sifon Nilon atau Nylon Chiffon

Kain Sifon Nilon – Image from : instagram.com/agustinnesia

Kain sifon nilon atau nylon chiffon, seperti namanya terbuat dari benang nilon, memiliki karakter yang sama dengan sifon polyester hanya berbeda bahan saja, namun dari segi warna lebih banyak pilihan warnanya.

5.  Kain Sifon Rayon atau Rayon Chiffon

Kain sifon rayon image from : instagram.com/agustinnesia

Kain sifon rayon atau rayon chiffon adalah jenis kain sifon yang terbuat dari benang rayon, harganya biasanya dibawah sifon katun, namanya lebih populer diatasnya sifon polyester.

6.  Kain Blend Chiffon

Kain Blend Chiffon : Image from Agustinnesia

Blend Chiffon merupakan kain sifon yang terbuat dari campuran dua bahan, yaitu dari benang sutera dan benang polyester sehingga memiliki karakter mengkilap dan kuat, meskipun tidak se-mengkilap kain sifon sutera.

Baca Artikel Lainnya :  Mengenal Bahan Kain Kasmir, Kashmir atau Cashmere

Nah itu tadi beberapa jenis – jenis kain sifon yang ada di pasaran, di toko kain diseluruh indonesia pasti ada, tergantung dari kelengkapan toko tersebut, semoga artikel diatas mengenai jenis-jenis kain sifon bermanfaat untuk Anda. Kamu boleh membagikan ke temen-temen kamu atau keluarga melalui tombol share siapa tahu artikel ini dapat bermanfaat untuk orang disekitarmu.

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

 

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *