Inilah Beberapa Jenis Jenis Kain Katun, Karakteristik Kain Katun, dan Cara Merawat Pakaian dari Bahan Katun

 

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

 

Kemeja atau Pakaian lainya dibuat dari berbagai macam jenis kain yang bermacam macam dan berbagai warna, saat membuat pakaian kita juga harus memilih jenis kain yang cocok dan kita sukai, tentu dengan bahan yang nyaman dikenakan, untuk fungsional yang beragam seperti aktifitas sehari hari, atau untuk acara-acara tertentu, saat memilih bahan kain sebagian dari kita mungkin kebingungan akan menggunakan bahan apa? Tidak jarang teman teman capek dalam menentukan bahan kain yang mau dipilih. Bahan Katun mungkin menjadi salah satu pilihan rekomendasi kepada kamu teman-teman agustinnesia. Karena jenis kain katun yang beragam dan bermacam macam sangat cocok untuk kita pertimbangkan. Yuk simak ulasannya tentang kain katun dan jenis jenisnya dibawah ini:

Kain katun atau kain kaos merupakan kain yang terbuat dari katun atau catton dalam bahasa inggris artinya kapas. Pada ulasan kali ini Agustinnesia akan membagikan ulasan mengenai karakteristik kain katun, macam-macam jenis kain katun dan ciri-cirinya.

Tanaman Kapas – image from : akurat.co

Kain Catton atau dalam bahasa Indonesia berarti  “Kapas” berasal dari sejenis tanaman. Kapas memiliki serbuk sari berwarna merah muda yang akan dipanen setelah berubah menjadi bola-bola kapas. Bola kapas ini yang dipanen dan dioleh menjadi benang setelah itu ditenun menjadi kain dan pakaian. Serat-serat ini tersusun sedemikian rupa sehingga memberikan kapas kekuatan kain ini memiliki daya tahan dan daya serap yang baik.

Karena memiliki banyak keistimewaan membuat kain katun selalu menjadi pilihan tidak terkecuali untuk baju anak, dan untuk berbagai kebutuhan lainnya, katun juga bersifat fantastis berasal dari serat alami, tidak mengandung bahan kimia yang memiliki sifat hypo allergenic dan tidak menganggu kulit sensitif penyebab alergi yang sering terjadi pada kulita anak-anak yang masih sensitif. Kelembutan serat kapas sebanding dengan bahan kulit yang dipakai sejak jaman purbakala. Kapas memiliki absurb yang tinggi dan titik jenuh yang tinggi sehingga bisa menyimpan cairan 27 kali dari berat sendiri didalam air (kedap cairan). Serat akapas akan menjadi lebih kuat pada saat basah.

Kelebihan lainnya yaitu serat kapas lebih nyaman di pakai karena seratnya berongga seperti ventilasi sehingga kulit bisa bernafas, dengan sifat kain yang seperti itu sangat sesuai jika di gunakan sebagai bahan kaos anak. Apalagi apapula digunakaan saat cuaca sedang panas, bahan ini akan membantu anak tidak kegerahan di bandingkan baju anak jenis lain, karena kapas merupakan konduktor yang baik, kapas akan mendinginkan pada saat kondisi panas dan akan menghangatkan pada saat kondisi dinigin, dengan sifat kain yang seperti itu maka sangat cocok sekali dibuat baju anak. Kain katun 100% berasal dari serat tumbuhan alami. Dari kapas di hasilkan berbagai jenis kain seperti jersey, canvas,flannel, bludru, couduary, linen, denim dll.

Karakteristik Kain Katun

1 Kain Katun Biasa

Kain Katun Biasa – image from : instagram.com/agustinnesia

Kain katun bisa mempunyai banyak motif, harga juga relatif  lebih murah, tidak ada ciri khusus seperti kode warna, daya serap keringat di level yang cukup baik.

2 Kain Katun Bangkok

Kain Katun Bangkok – image from : instagram.com/agustinnesia

Kain katun Bangkok sesuai dengan namanya yaitu berasal dari Bangkok, Thailand. Kain jenis katun Bangkok ini memilki tekstur sedikit kasar, lebih tipis dari katun biasa, mendekati transparan, banyak digunakan untuk membuat kemeja atau jenis blus wanita.

3. Kain Katun Jepang

Kain Katun Jepang – image from : instagram.com/agustinnesia

Kain katun jepang atau toyobo berasal dari Negara jepang, kain katun yang satu ini sekilas hampir sama dengan jenis katun lainnya, terasa dingin dikulit bahanya juga lembut dan halus saat kita menyentuhnya. Di ujung samping bahan terdapat tulisan “Jepang Design” dan terdapat kode warna, tekstur kain lebih halus dan lembut, untuk harga lebih mahal dari katun biasa, sering digunakan untuk membuat pakaian blus wanita, pakaian baju anak, hijab, gamis, dan jilbab, kain katun jepang juga memiliki daya serap keringat yang sangat baik dan memiliki warna yang kuat dan tidak mudah luntur.

Baca  Artikel Lainnya : Mengenal Kain Hycon, Karakteristik Kain Hycon, Dan Kelebihan Kain Hycon

 

Kain Katun Cina

Kain Katun Cina – image from : instagram.com/agustinnesia

Kain akatun cina ini disebut juga sebagai katun Twill, memiliki kualitas yang hampir sama dengan katun jepang, lebih tipis dan warna kurang kuat, sering digunakan untuk membuat sprei namun dengan kain katun twill kualitas rendah. Kain katun twill digunakan untuk bahan denim, yaitu bahan atau kain yang sering dipakai untuk membuat celana jeans.

Kain Katun Paris Motif

Kain Katun Paris Motif – image from : instagram.com/agustinnesia

Kain katun paris motif ini hampir sama dengan kain katun jepang, ciri-cirinya memiliki kode warna pada kain, daya serap keringat baik, harga relatif lebih mahal, warna dan permukaan kain sama dengan kain katun jepang, kain katun paris motif  lebih tipis daripada kain katun jepang.

Kain Katun Minyak

Kain Katun Minyak – image from : instagram.com/agustinnesia

Pada dasarnnya kain katun minyak sama seperti kain katun biasa namun perbedaannya pada sisi permukaannya terkesan berminyak, memiliki kilap lain dengan katun silk, kilap berkurang setelah beberapa kali pencucian.

Kain Katun Paris Polos

Kain Katun Paris Polos – image from : instagram.com/agustinnesia

Kain katun paris polos ini hampir sama dengan katun bisa, sering digunakan untuk membuat blus wanita dan bahan karudung, namun lebih tipis dari katun biasa, sedangkan harganya sama dengan katun biasa, serta tidak memiliki kode warna.

Kain Katun Silk / Katun Sutera

Kain Katun Silk – image from :instagram.com/agustinnesia

Kain katun sutera berbahan terbuat dari benang sutera yang didapat dari kepompong ulat sutera, sedangkan kain katun silk adalah campuran atau kombinasi kain sutera dengan katun atau kapas. Ciri-ciri kain katun silk sutera yaitu memiliki bahan yang ringan dan tekstur licin khas sutera, nyaman digunakan, meski ringan dan tidak berkilau, katun ini sangat kuat dan tahan lama.

Baca Artikel Lainnya :  Bahan Kain Spandek, Sejarah Kain Spandek, Jenis Jenis Kain Spandek dan Juga Kelebihan Serta Kekurangan  dari Kain Spandek

Cara Merawat Pakaian Yang Terbuat Dari Kain Katun

Mencuci adalah hal yang paling menyenangkan bagi sebagian wanita. Anda bebas bermain air dengan buih busa yang melimpah dan bergelembung halus. Namun, bagi yang tidak ingin repot, menggunakan jasa lundry adalah langkah yang paling jitu. Dan kalau ingin baju kain katun mu  tetap awet, hindari cara mencuci seperti ini. Menggunakan banyak detergen, mesin cuci bukan atas dan menjemur langsung di bawah trik matahari, jika tidak segera ambil hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kain katun.

Nah itu tadi ulasan mengenai kain katun yang memiliki beragam jenisnya, semoga artikel ulasan diatas bisa menambah wawasan kamu teman-teman, mengenai kain katun. Agustinnesia akan mengulas berbagai macam artikel tentang kain lainnya nantikan ya dan keep stay di website agustinnesia.com – jika artikel diatas bermanfaat kamu boleh share ke teman-teman terdekatmu atau keluarga kamu, terimakasih.

Baca Artikel Lainnya : Mengenal Kain Rayon Karakteristik Kain Rayon dan Jenis-Jenis Kain Rayon

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *