Cara Membuat Jilbab Menjadi Rompi

Assalamu’alaikum – Teman teman Agustinnesia Hijab

Saat ini kreasi jilbab sedang tren karena tidak hanya artis-artis top yang bisa menciptakan tutorial jilbab terbaru karya sendiri atau kreasi lainnya. Suatu model hijab baru atau modifikasi apa saja yang unik bisa menjadi tren baru. Kreasi jilbab menjadi rompi mungkin belum banyak yang tahu. Jenis jilbab yang bisa dijadikan rompi umumnya adalah pashmina karena kainnya panjang seperti bahan pakaian yang belum jadi. Banyak jilbabers yang senang memakai pashmina sebagai hijab (hadist wanita berhijab), tetapi ternyata belum banyak yang tahu kalau pashmina bisa dijadikan rompi.




Tutorial tentang hijab seperti tutorial hijab dengan aksesoris kepala dan tutorial hijab kekinian instagram yang banyak diminati oleh para jilbabers terutama para jilbabers pemula. Saat ini cara membuat jilbab menjadi rompi pasti ditunggu-tunggu karena banyak jilbabers yang gemar berkreasi. Macam macam hijab yang terus maju pada setiap musim menjadikan jilbab mulai diketahui oleh banyak orang.

Jilbab modern yang polos atau bermotif seperti pashmina tidak hanya dapat dijadikan penutup kepala, yaitu jilbab, tetapi juga bisa dipakai sebegai pelengkap penampilan untuk acara formal maupun casual. Rompi atau vest memang sedang digemari oleh para perempuan khususnya remaja. Pashmina yang bentuknya lebar dan panjang membuat para jilbabers bisa mengkreasikan bentuk jilbab sesuai dengan bentuk wajah dan menjadi aksesoris pakaian dengan disampirkan di bahu sebagai outer atau luaran pakaian saat memakai atasan bermotif polos. Pashmina terbuat dari bermacam-macam bahan antara lain katun, serat nanas, chiffon, dan ceruti. Rompi dari pashmina tanpa jahit atau gunting sehingga mudah untuk dibuat. Namun, pashmina yang bisa digunakan sebagai rompi harus berbahan dasar chiffon atau ceruti agar rompi nyaman dipakai.

Simak jenis jenis rompi yang bisa dibuat dari pashmina dan cara membuatnya sebagai berikut.

1. One Tie Vest

Mungkin kalian pernah melihat jenis rompi ini, tetapi tidak tahu namanya. Benar tidak? Cara membuat one tie vest cukup mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Rentangkan pashmina sesuai dengan panjang atau lebarnya.
  2. Lalu ikat ujung salah satu bagian pashmina dengan ujung yang lain.
  3. Letakkan tangan di dalam lingkaran yang telah dibuat dari ikatan pashmina yang tadi.
  4. Jadilah rompinya dan siap untuk dipakai.

2. Racer Vest

Cara membuat jilbab menjadi rompi jenis ini sebagai berikut.

  1. Bentangkan pashmina hingga terlihat panjang atau lebar.
  2. Lalu lipat sisi panjang pashmina hingga terlihat lebih pendek.
  3. Peganglah kedua ujung pashmina yang sudah dilipat, kemudian pertemukan dan ikatlah.
  4. Bentangkan lagi pashmina hingga terlihat dua buah lubang sebagai lengan kanan dan kiri.
  5. Rompi sudah jadi dan siap dipakai.

3. Back Tie Vest

Cara membuat jilbab menjadi rompi jenis ini sebagai berikut.

  1. Aturlah pashmina pada leher seperti memakai syal atau scarf.
  2. Ambil bagian atas syal (scarf), lalu letakkan ke belakang.
  3.  Ikatlah bagian yang diletakkan di belakang tadi.
  4. Back tie vest is ready! Selamat bergaya!




4. Belt Vest

Cara membuat jilbab menjadi rompi jenis ini sebagai berikut.

  1. Letakkan pashmina pada leher seperti memakai syal (scarf)
  2. Ikatlah pashmina dengan sabuk atau belt kecil yang sedang hits.
  3. Rompi sudah jadi dan siap untuk dipakai.
  1. Infinity Scarf

Berdasarkan perintah islam tentang berhijab harus menutup hingga ke dada sebagai ciri ciri hijab syar’i. Namun, bagi anak-anak muda mungkin kurang sesuai atau tidak suka memakai jilbab yang terlalu panjang hingga menutup seluruh tubuh bagian atas. Tenang, saat ini ada solusinya kok karena pashmina tidak hanya untuk rompi, tetapi juga bisa dijadikan sebagai infinity scarf untuk mempercantik penampilan dan menutupi dada para jilbabers. Tertutup, tetapi tetap trendy dan enak untuk dipandang! Siapa yang tidak mau? Tentu saja banyak yang mau! Bagaimana caranya? Sangat mudah. Sebenarnya hampir sama seperti one tie vest. Ikat saja satu ujung pashmina dengan ujung pashmina lainnya. Lalu kalungkan pada leher dan putar menjadi dua lilitan. Voila, rompi keren sudah jadi!

Pasmina yang menjadi salah satu model hijab paling digemari oleh para jilbabers karena bisa dikreasikan menjadi bentuk apapun daripada kerudung model lainnya. Banyak muslimah yang cenderung suka dengan gaya jilbab yang tidak memerlukan banyak peniti sehingga pasmina menjadi pilihan yang paling tepat.

Hanya memakai jilbab yang sederhana, tetapi bisa menghasilkan gaya berbusana yang modis, cantik, menawan, stylish, dan pastinya tetap syar’i (tutorial hijab syar’i segiempat) sesuai dengan perintah berhijab dalam Alquran dan hadist tentang berhijab yang benar. Tidak perlu lagi tampil ketinggalan zaman karena sebenarnya Islam suka keindahan. Saat memakai pakaian polos maka manfaatkan pashmina bermotif untuk meramaikan penampilan. Kelebihan memakai pashmina adalah tidak norak, walaupun terlihat variatif.

Sudah siapkah untuk menjadi panutan alias contoh gaya dari teman-teman atau saudara-saudara? Jadilah orang yang selalu memerhatikan penampilan agar memancarkan arti hijab yang sesungguhnya. Jika tidak demikian berarti sama saja para muslimah berbuat zolim kepada orang lain karena penampilannya merusak pemandangan mata. Apa yang terjadi? Tentu akan menjadi bahan ghibah atau pergunjingan sesama perempuan. Tidak mau seperti itu kan? Jadi mulai sekarang bersiaplah untuk tampil modis dan selalu harum aroma tubuhnya sehingga tidak menimbulkan negative image bagi hijab dan islam.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan teman-teman Agustinnsia Hijab, tunggu artikel menarik lainnya di Agustinnesia.com terimakasih.

Wa’alaikumusalam – Teman teman Agustinnesia Hijab

Artikel Hijab & Kain Lainnnya :

Artikel Kesehatan & Kecantikan Lainnya :




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *